Sudah Cukupkah Air yang Anda Minum Setiap Hari?

www.go-dok.com

Apakah air bermanfaat untuk tubuh? Jawabannya adalah iya. Kekurangan air atau cairan dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti batu ginjal atau sakit perut.

Dalam sehari, banyak hal yang dapat menyebabkan hilangnya cairan dalam tubuh. Dari hal yang kecil seperti bernapas, berkeringat, buang air kecil dan besar. Cuaca panas juga dapat mengurangi cairan dalam tubuh lebih banyak.

Apabila terlalu banyak cairan yang hilang, tubuh dapat dehidrasi atau kondisi di mana ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan, sehingga keseimbangan gula-garam tubuh terganggu dan tubuh tidak dapat menjalankan fungsi normalnya.

Walaupun tidak mengandung gula dan kalori, namun air putih dapat menggantikan cairan dalam tubuh. Selain itu Anda juga dapat mengonsumsi jenis minuman seperti jus buah, kopi, soda, es teh, dan minuman lainnya.

Lalu seberapa banyak air yang mesti kita konsumsi setiap harinya? Sebaiknya, Anda meminum 6 sampai 8 gelas air perhari. Namun ada beberpa kasus di mana kita membutuhkan air lebih banyak, misalnya saat cuaca panas, tubuh tidak prima atau sakit. Ibu hamil dan menyusui juga harus mengonsumsi air lebih banyak dibandingkan dengan orang normal lainnya.

Lalu, bagaimana cara kita mengetahui apakah air yang kita minum sudah cukup bagi tubuh? Mudah. Lihat saja warna air seni yang dikeluarkan, apabila berwarna jernih atau kuning pucat tandanya Anda sudah meminum air dengan jumlah yang tepat. Apabila  berwarna kuning gelap tandanya anda belum meminum air dengan jumlah yang tepat.

Biasakan juga untuk meminum air putih di pagi hari sebelum mengonsumsi kopi atau teh. Jangan lupa, selalu menyediakan air putih di tempat yang mudah dijangkau dan meminum  seteguk air setiap jam. Ssst.. sesekali Anda juga dapat tambahkan sedikit gula, sepotong lemon atau jeruk limau ke dalam air putih.

Leave a Reply