Sop Ayam dapat Menyembuhkan Flu? Mitos atau Fakta?

www.go-dok.com

Flu adalah penyakit yang paling sering muncul pada musim hujan atau pancaroba ketika cuaca tidak menentu. Gejala flu dapat membuat tubuh menjadi lemas tak bertenaga, sehingga Anda perlu beristirahat dari pekerjaan kantor atau tugas sekolah.

Sebelum memilih meminum obat, sebaiknya pilihlah cara alami untuk mengobatinya. Anda dapat mencoba resep obat flu alami yang tidak hanya ampuh, namun juga enak, yaitu sop ayam. Tetapi, apakah benar sop ayam dapat menyembuhkan flu?

Sop ayam sudah lama terkenal di berbagai macam kebudayaan di seluruh dunia. Pada beberapa budaya, sop ayam dipercaya sebagai pengobatan tradisional yang dapat meyembuhkan gejala pilek pada umumnya. Bahkan, sop ayam diklaim oleh orang-orang Yunani kuno sebagai temuan mereka yang bermanfaat untuk menyembuhkan flu. Pada kebudayaan Cina, orang tua zaman dahulu akan memberikan anaknya sop ayam ketika terlihat gejala awal.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menghirup sop ayam ketika masih hangat dapat membuat saluran udara pada hidung menjadi lancar, sehingga dapat digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat. Dr. Stephen Rennard dari University of Nebraska Medical Center juga menyebutkan sop ayam dapat mengurangi pergerakan neutrofil, yaitu sel darah putih yang melawan infeksi sehingga dapat membantu mengurangi gejala flu pada saluran pernapasan bagian atas.

Akan tetapi, penelitian sop ayam ini tidak dapat menjelaskan apa yang membuat sop ayam ampuh mengobati flu atau komposisi yang tepat untuk mengobati gejalanya. Namun, peneliti beranggapan bahwa yang membuatnya ampuh adalah kombinasi dari berbagai macam sayuran, seperti, wortel, lobak, seledri, bawang putih, bawang merah, dan sayur lainnya serta dengan tambahan daging ayam. Bahan-bahan inilah yang membuat sop ayam mengandung vitamin A dan D, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, jika Anda mengalami gejala flu, tidak ada salahnya untuk mencoba memakan sop ayam agar gejala flu lekas pergi.

Comments are closed.