Solusi Singkat Atasi Stres Hebat

GoDok – Kesehatan mental seperti yang didefinisikan badan kesehatan WHO (World Health Organization) adalah indikator kemampuan seseorang dalam mengatasi tekanan di  kehidupan sehari-hari dan dapat bekerja secara produktif dalam memberikan kontribusi untuk komunitasnya.

Menumpuknya beban pekerjaan serta problematika hidup adalah beberapa hal yang dapat membuat Anda stres dan mengganggu kesehatan mental. Namun, Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar stres dapat menghilang dengan cepat, seperti:

1. Luangkan waktu “me time

Di tengah padatnya aktivitas, ada baiknya Anda meluangkan waktu untuk “me time” dan melakukan hobi seperti berkebun, memasak, melukis, atau bahkan bermain bersama binatang peliharaan.

2. Tidur cukup dan berkualitas

Kurangnya waktu tidur di malam hari dapat menurunkan performa dan produktivitas kerja. Selain itu, kurang tidur akan membuat wajah terlihat tidak segar dan merasa kelelahan di pagi hari.

3. Atasi stresdengan cepat dan tepat

Pada dasarnya stres merupakan gangguan psikologis yang dapat diderita oleh setiap orang. Namun, yang perlu diperhatikan adalah penanganan stres itu sendiri yang harus dilakukan secara cepat dan tepat. Tidak perlu malu untuk mengomunikasikan masalah Anda dengan orang terdekat atau bahkan dengan psikiater.

4. Beri penghargaan ke diri sendiri

Sudahkah Anda berterima kasih kepada diri sendiri? Menghargai diri sendiri adalah hal yang sangat penting untuk membangun kepercayaan dan meningkatkan kepuasan pribadi. Berilah hadiah kecil untuk diri sendiri jika berhasil melakukan suatu perubahan positif, seperti berkumpul dengan kawan, membaca novel hingga larut malam, dan lain-lain.

5. Berkumpul bersama teman dan kerabat

Dikelilingi oleh sahabat-sahabat terdekat tidak hanya membuat bahagia, namun juga dapat menjaga kesehatan mental. Ceritakan dan diskusikanlah masalah yang dihadapi dengan teman atau sahabat, dengan begitu Anda akan mendapatkan solusi.

6. Konsultasikan masalah dengan ahlinya.

Jika stres semakin menumpuk hingga menimbulkan gangguan psikologis seperti depresi, dan mimpi buruk yang berkelanjutan, segera konsultasikan permasalahan Anda dengan psikiater.

(Baca: Kurangi Stres Dengan Berendam dalam Bathtub)

Tinggalkan Balasan