Simak 5 Penyebab Munculnya Benjolan di Vagina!

penyebab munculnya benjolan di vagina

Go Dok- Penyebab munculnya benjolan di vagina- Bagi kaum hawa, vagina sudah sewajarnya menjadi bagian tubuh yang memerlukan perhatian khusus. Ya, salah satu alasannya karena vagina sejatinya merupakan organ yang memainkan banyak peran penting –khususnya peran yang berkaitan dengan proses reproduksi. Lantas, apa jadinya jika tiba-tiba muncul benjolan di vagina?

Cari tahu 5 penyebab munculnya benjolan di vagina lewat paparan di bawah! 

1. Pertumbuhan rambut kelamin yang tidak wajar

Penyebab munculnya benjolan di vagina yang pertama adalah pertumbuhan rambut kelamin yang tidak wajar. Lengkapnya, kebiasaan mencukur atau waxing bulu kelamin mungkin saja memicu pertumbuhan bulu ke dalam. Akibatnya, timbullah benjolan di vagina. Hati-hati! Jika tidak segera mendapatkan penanganan, benjolan ini dapat berubah menjadi radang berisi nanah, lho!

2. Kista vagina

Mendengar kata kista, mungkin pikiran Anda akan langsung mengacu pada fase ‘lebih jinak’ dari kanker. Tenang, kista vagina tidaklah berbahaya, kok! Kondisi ini sendiri terjadi ketika kelenjar kulit atau saluran keringat tersumbat hingga terbentuklah benjolan serupa jerawat. Jika terus membesar, Anda disarankan untuk berkonsultasi ke dokter. Ingat! Jangan pernah mencoba mengempiskan kista vagina seorang diri, karena langkah ini justru dapat memicu infeksi bakteri lain.

3. Molluscum contagiosum

Selanjutnya, penyebab munculnya benjolan di vagina yang wajib Anda ketahui adalah molluscum contagiosum. Singkatnya, kondisi medis ini dipicu oleh infeksi virus yang menular lewat kebiasaan menggunaan barang pribadi secara bersama-sama (handuk, celana rangkapan, dll). Lantas, bagaimana cara pencegahannya? Tidak lain adalah dengan menghentikan kebiasaan tukar-menukar barang-barang pribadi yang disebutkan sebelumnya. Selalu ingat bahwa Anda tidak akan pernah tahu riwayat penyakit orang lain. Karenanya, lebih baik untuk menghindari setiap kemungkinan buruk daripada menyesal di kemudian hari.

4. Kutil kelamin

Seperti yang telah Anda ketahui, kutil kelamin disebabkan oleh infeksi HPV (Human Papiloma Virus). Penularannya sendiri bisa terjadi lewat beragam cara; namun, kebanyak kasus umumnya melibatkan kontak langsung dengan kelamin penderita, atau lewat tangan yang sebelumnya telah menyentuh kelamin yang terinfeksi.
Yang perlu diwaspadai dari kutil kelamin adalah bahwa benjolannya yang biasanya berukuran kecil dan tidak menimbulkan rasa nyeri. Dampaknya, pasien seringkali tidak sadar bahwa ia tengah mengidap kutil kelamin hingga akhirnya benjolan membesar dan terasa gatal/terbakar.

5. Bartholinitis

Penyebab munculnya benjolan di vagina yang terakhir adalah bartholinitis. Jarang yang mengetahui bahwa pada vagina terdapat sepasang kelenjar bartholin yang berfungsi untuk memproduksi cairan pelumas. Nah, jika sampai kelenjar ini tersumbat, maka akan timbullah keluhan medis yang kita kenal dengan istilah ‘bartholinitis’. Segera konsultasikan kesehatan Anda ke dokter atau rumah sakit, sebab kista dapat membesar dan memicu perasaan tidak nyaman.

Itu tadi 5 penyebab munculnya benjolan di vagina yang harus diketahui dan diwaspadai wanita. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.