Sikat Gigi Manual VS Sikat Gigi Elektrik, Pilih Mana?

GoDok – Setiap orang pastinya ingin memiliki gigi yang berkilau dan sehat. Namun, hal ini tentu tidak bisa didapatkan secara instan. Untuk menjaga kebersihan gigi dan rongga mulut, tentu Anda harus melakukan perawatan secara rutin. Salah satunya adalah dengan menyikat gigi setiap hari. Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini banyak ditemukan tren baru dalam menyikat gigi, lho. Salah satunya adalah menyikat gigi menggunakan sikat gigi elektrik. Penasaran tentang sikat gigi jenis ini? Yuk, simak penjelasannya berikut!

Bagaimana cara kerja sikat gigi elektrik?

Sikat gigi elektrik merupakan sebuah produk sikat gigi yang pada bagian tangkainya terdapat mesin untuk memutar dan menggerakkan kepala sikat. Susunannya terdiri dari kepala sikat dengan rumpun bulu sikat yang mengikuti variasi bentuk kepala sikat. Tangkai sikatnya pun memiliki ukuran yang lebih besar daripada tangkai sikat gigi manual. Potongan bulu sikat juga bervariasi, mulai dari potongan datar (rata) hingga potongan berlekuk-lekuk yang dirancang untuk daerah permukaan gigi maupun daerah sela-sela gigi. Tenaga mesin pada sikat gigi ini berasal dari sumber listrik yang dapat diisi ulang misalnya baterai.

Lalu, apa perbedaannya dengan sikat gigi manual?

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mencoba sikat gigi bertenaga mesin ini, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan demi kenyamanan Anda. Salah satunya adalah perbedaan antara sikat gigi elektrik dengan sikat gigi manual yang biasa Anda gunakan. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing sikat gigi tersebut :

1. Sikat gigi manual

Ini adalah sikat gigi yang umumnya digunakan setiap orang dan memiliki beragam ukuran kepala serta bentuk bulu sikat. Dari segi penggunaan, sikat gigi manual lebih fleksibel dalam gerakan penyikatan karena kekuatan dan arah gerakannya dapat Anda atur dengan tangan sendiri. Sikat gigi ini juga berbobot lebih ringan dan dibandrol dengan harga yang lebih murah dibanding sikat gigi elektrik. Selain itu, sikat gigi manual juga lebih praktis digunakan di mana saja dan kapan saja, karena tidak membutuhkan perawatan khusus. Dengan teknik menyikat gigi yang benar (gerakan dari gusi ke permukaan gigi) dan dengan kekuatan menyikat yang tidak terlalu besar, rasanya pemakaian sikat gigi manual dapat memberikan hasil optimal.

2. Sikat gigi elektrik

Sejujurnya, kalangan yang menggunakan sikat gigi elektrik masih sangat terbatas karena sikat gigi manual tergolong lebih praktis dan murah. Sikat gigi elektrik memiliki banyak variasi sikat dan membutuhkan perawatan khusus, sebab tidak bisa ditaruh di sembarang tempat. Penggunaan sikat gigi elektrik ditujukan bagi seseorang yang kurang terampil, kurang disiplin atau kurang motivasi untuk melakukan teknik penyikatan gigi manual secara efektif. Penggunanya terutama adalah anak-anak dan orang dewasa yang memiliki gangguan fisik (terutama pada otot) dan mental. Seseorang yang memakai kawat ortodonti (behel gigi), implan, restorasi yang kompleks seperti gigi tiruan cekat atau veneer dan perawatan prostodonti, mempunyai pewarnaan/stain pada giginya maupun yang mudah terbentuk stain gigi. Seseorang yang menyikat gigi secara agresif, mengalami abrasi, erosi, atau penurunan (resesi) gusi, memiliki penyakit periodontal atau yang sedang menjalani perawatan pemeliharan periodontal biasanya lebih nyaman menggunakan sikat gigi elektrik ketimbang sikat gigi manual.

Pada kasus tertentu seperti pada pengguna kawat orto (behel gigi) pemakaian sikat gigi elektrik lebih efektif membersihkan jika dibandingkan dengan sikat gigi biasa. Meskipun demikian dengan teknik yang benar maka kedua jenis sikat dapat memberikan hasil optimal.

Semoga bermanfaat!

Ingin gigi putih berseri? Baca artikel mengenai  cara alami gigi putih berseri, klik di sini.

Comments are closed.