Sering Memakai Perhiasan?  Ini 5 Hal yang Harus Anda Lakukan  

sering memakai perhiasan

Sering memakai perhiasan? Bagi Anda yang gemar memakai perhiasan agar terhidar dari alergi karena pemakaian perhiasan. Sebaiknya, Anda perhatikan terlebih dahulu 5 tips yang bisa Anda lakukan.

Go Dok- Pernahkah Anda mengalami kulit kemerahan dan terasa gatal setelah memakai perhisaan? Jika iya, keadaan tersebut biasa dikenal dengan jewelery rash atau alergi kulit yang terjadi terhadap jenis metal tertentu.

Bagi kaum wanita penggunaan perhiasan sering digunakan untuk melengkapi penampilan, terlebih jika menginginkan tampilan yang sedikit glamor. Tak heran jika jewelery rash menjadi masalah yang sering dihadapi terlebih jika perhiasan itu baru dan belum dipakai sebelumnya.

Berikut 5 hal yang harus dilakukan bagi Anda yang sering memakai perhiasan:

1. Perhatikan sensitivitas kulit Anda!

Setiap orang memiliki reaksi yang berbeda terhadap metal, seperti alergi atau reaksi kulit lainnya. Jadi, apabila kulit bereaksi terhadap perhiasan yang digunakan, sebaiknya segera cari tahu bahan apa yang terkandung pada perhiasan tersebut agar nantinya Anda dapat menjauhinya. Sebagai contoh, misalkan ternyata Anda alergi dengan bahan metal nikel, hindarilah perhiasan yang berbahan stainless karena biasanya mereka diproduksi bersama dengan nikel.

Salah satu tips yang dianjurkan adalah dengan memiliki cairan penguji coba logam. Cairan tersebut dapat digunakan untuk mengetahui apabila ada campuran bahan yang tidak diinginkan pada suatu perhiasan. Cara pengaplikasian cairan ini sangat mudah yaitu dengan hanya mengoleskannya kepada perhiasan yang ingin diuji dan apabila warnanya berubah, maka adanya kandungan bahan yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

2. Jagalah kulit untuk tetap kering

Pastikan kulit Anda tidak dalam keadaan basah seperti terkena air ataupun keringat di saat sebelum memakai perhiasan. Hal ini dikarenakan, memakai perhiasan pada kulit yang basah dapat menyebabkan gatal-gatal dan kemerahan.

3. Gunakan perhiasan yang berkualitas

Hindarilah menggunakan perhiasan yang murah dan berkualitas rendah karena lapisan atas dari perhiasan tersebut dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit. Contohnya seperti bahan nikel yang selain murah untuk dibuat menjadi perhiasan juga tahan lama dan menghasilkan tampilan yang baik.

Namun, jika Anda memiliki atau ingin memiliki perhiasan yang mengandung bahan seperti nikel, cukup mengunjungi seorang jeweler untuk melapisinya dengan logam lainnya seperti platinum. Bahan logam platinum dapat dengan baik digunakan oleh mereka yang memiliki kulit sensitif karena bersifat hypoallergenic atau tidak menyebabkan alergi.

4. Berhati-hati lah dengan kaitan pada perhiasan Anda

Pada dasarnya penggunaan bahan pengait tidaklah sama dengan yang digunakan pada perhiasan, misanya saja kaitan pada anting atau kalung biasanya terbuat dari kualitas logam yang lebih rendah dari bagian lainnya seperti niobium atau stainless steel. Nyatanya kedua bahan tersebut dapat berakibat iritasi kulit.

5. Lakukan perawatan

Untuk menghindari alergi kulit seperti kemerahan ataupun gatal-gatal, Anda dianjurkan seminggu sekali untuk merendam perhiasan dengan cairan khusus mencuci perhiasan. Mengapa? Karena perhiasan yang Anda gunakan setiap hari, dapat mengumpulkan kotoran dan terkena residu dari cairan seperti sabun ataupun lotion. Selain itu juga jangan lupa untuk mencuci bagian tubuh yang sering terkena perhiasan, dengan cleanser atau pembersih kulit yang ringan.

Kemudian, Anda juga dapat mengaplikasikan kutek kuku pada perhiasan karena bahan kandungannya dapat melindungi kontak langsung kulit Anda dengan bahan logam penyebab gatal dan iritasi. Selain kutek, bedak talcum atau talc, dapat digunakan pada kulit Anda terlebih dahulu sebelum memakai perhiasan untuk mencegah terjadinya alergi.

Nah, apabila Anda tidak merasa nyaman atau mengalami iritasi seperti kemerahan dan gatal-gatal disaat memaki perhiasan, ikuti 5 tips efektif di atas ya!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

YC/PJ/MA

Referensi