Serba-serbi Suntik Putih; Tren Kecantikan Janjikan Hasil Instan

serba-serbi suntik putih
Pada dasarnya, suntik putih merupakan prosedur medis di bidang estetika yang dilakukan untuk meningkatkan tingkat kecerahan kulit

GoDok – Serba-serbi suntik putih – Selayaknya negara Asia lainnya, Indonesia kerapkali memandang kulit putih sebagai salah satu kriteria ‘cantik’. Singkatnya, jika Anda memiliki kulit dengan warna putih langsat, maka Anda sudah satu langkah lebih dekat dengan kriteria cantiknya orang Indonesia. Namun, karena banyak hal –seperti terik matahari dan iklim yang panas-, warna kulit kebanyakan orang Indonesia cenderung kecoklatan. Jika sebagian memilih untuk bersyukur dengan anugerah kulit sawo matang ini, maka sebagian lainnya memilih untuk menempuh berbagai prosedur demi mendapatkan kulit yang lebih cerah.

Nah, dari sekian banyak cara memutihkan kulit yang biasa ditempuh, suntik putih merupakan salah satu opsi yang pamornya tengah naik. Eits, tapi tahukah Anda, apa sebenarnya suntik putih itu? Efektifkah langkah ini untuk mencerahkan kulit?

Berikut Go Dok paparkan penjelasan seputar serba-serbi suntik putih:

Mengenal suntik putih

Serba-serbi suntik putih yang akan dibahas pertama yaitu mengenal terlebih dahulu mengenai suntik putih. Pada dasarnya, suntik putih merupakan prosedur medis di bidang estetika yang dilakukan untuk meningkatkan tingkat kecerahan kulit. Caranya adalah dengan memasukkan cairan khusus ke pembuluh darah. Lalu, sebenarnya apa saja senyawa yang terkandung di dalam cairan suntik putih? Ini dia poin lengkapnya:

  • Vitamin C

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan vitamin C. Ya, jenis vitamin yang banyak terkandung di dalam sayuran dan buah-buahan ini memang sudah dikenal sejak lama sebagai senyawa yang ampuh untuk mencerahkan kulit, menyamarkan bekas luka, mencegah proses penuaan dini pada kulit, hingga melindungi kulit dari akibat buruk radikal bebas.

  • Kolagen

Sebenarnya, kolagen merupakan senyawa yang diproduksi oleh tubuh secara alami. Namun sayangnya, seiring dengan semakin bertambahnya usia, produksi kolagen pada kulit akan semakin menurun. Dampaknya, Anda akan menemukan beberapa tanda penuaan, seperti kerutan dan menurunnya keelastisan kulit.

Nah, pada suntik putih, kolagen dimasukkan ke pembuluh darah untuk meminimalisir timbulnya tanda penuaan pada kulit. Karenanya, tidak heran jika mereka yang pernah mencoba prosedur suntik putih mengungkapkan bahwa pasca prosedur dilakukan kulit terasa lebih kenyal.

  • Glutathione

Sama seperti halnya kolagen, glutathione merupakan senyawa yang secara alami diproduksi oleh tubuh. Namun lagi-lagi, karena bertambahnya usia, jumlah glutathione dalam tubuh akan semakin berkurang. Lantas, apa fungsi senyawa ini? Selain bermanfaat untuk menjaga kulit dari akibat buruk radikal bebas, glutathione juga efektif dalam menghambat proses pembentukan melanin penyebab kulit kusam dan hitam.

(Baca: Daftar Buah yang Kaya akan Vitamin C)

Suntik putih, efektifkah?

Serba-serbi suntik putih yang selanjutnya yaitu mengenai keefektifan dari suntik putih sendiri. Berdasarkan hasil studi yang dipublikasikan di International Journal of Aesthetics and Anti-aging Medicine, 95.4% subjek penelitian yang melakukan prosedur suntik putih sebanyak 6 kali menyatakan adanya perubahan signifikan pada kondisi kulit mereka. Selain terlihat lebah cerah dan segar, subjek juga mengungkapkan bahwa suntik putih membuat kulit terasa kenyal, kencang, dan lembap.

Perlu dicatat bahwa penelitian ini menyimpulkan bahwa suntik putih tidaklah membuat kulit terlihat lebih putih, namun menjadi lebih cerah dan merona. Jadi, bisa disimpulkan bahwa istilah ‘suntik putih’ kurang pas sebab efeknya tidak mampu membuat kulit Anda terlihat lebih putih.

Dampah buruk suntik putih

Dampak buruk suntik putih menjadi salah satu pembahasan dari serba-serbi suntik putih ini. Selayaknya prosedur medis lain yang melibatkan proses memasukkan senyawa ke dalam tubuh, suntik putih kerapkali memicu timbulnya beberapa dampak kesehatan, seperti:

  • Perut yang terasa mual dan kembung
  • Susah tidur
  • Dalam beberapa kasus, terlalu sering melakukan prosedur suntik putih dapat memicu penyakit batu ginjal
  • Rambut rontok
Suntik putih aman, jika…

Satu lagi mengenai serba-serbi suntik putih yaitu mengenai keamanannya. Jika Anda tertarik untuk mencoba suntik putih, maka sangat disarankan untuk memperhatikan poin-poin di bawah ini:

  • Pilih dokter dan instansi yang berlisensi, berkualitas, dan terpercaya
  • Selalu pastikan bahwa produk yang dipakai sudah terdaftar di BPOM
  • Lakukan tes kesehatan secara menyeluruh untuk memastikan apakah tubuh dapat menolerir masuknya senyawa yang terkandung di dalam suntik putih atau tidak.

(Baca: Cara Mencegah Keriput; Dijamin Efektif)

Itu tadi serba-serbi suntik putih sebagai informasi bagi Anda yang berniat untuk melakukan tren kecantikan ini. Semoga bermanfaat!