Serba-serbi Sistitis; Kenali Lewat Penjelasan Lengkap Berikut Ini!

serba-serbi sistitis

Serba-serbi sistitis – Penyakit ini disebabkan oleh meradangnya saluran kemih karena terpapar bakteri yang berasal penggunaan alat kontrasepsi spiral, kebiasaan menyeka anus ke arah depan (anus ke vagina), serta hubungan seksual yang tidak memperhatikan tingkat kebersihan alat vital dan lingkungan sekitar.

GoDok- Seperti yang telah Anda ketahui, salah satu indikator tubuh yang sehat adalah lancar serta tidak terganggunya proses sekresi berbagai zat dan senyawa buangan (bisa terkandung di dalam keringat, feses, ataupun urin). Namun, apa jadinya jika tiba-tiba Anda merasakan kesulitan saat berkemih, apalagi jika sampai ditemukan bercak darah dalam urin? Jangan anggap sepele; karena kondisi tersebut merupakan gejala dari penyakit sistitis!

Sebelum terlambat, yuk, kenali serba-serbi sistitis lewat penjelasan lengkap ala Go dok berikut ini!

Apa itu sistitis? 

Serba-serbi sistitis pertama yang akan di bahas mengenai pengertian dari sistitis itu sendiri. Dari berbagai macam Infeksi Saluran Kemih (ISK), sistitis merupakan jenis yang paling sering ditemui. Umumnya, penyakit ini mengidap kaum hawa -namun, tidak menutup kemungkinan dapat pula menjangkit pria.

Lantas, apa yang menjadi pemicu sistitis? Singkatnya, penyakit ini disebabkan oleh meradangnya saluran kemih karena terpapar bakteri yang berasal penggunaan alat kontrasespsi spiral, kebiasaan menyeka anus ke arah depan (anus ke vagina), serta hubungan seksual yang tidak memperhatikan tingkat kebersihan alat vital dan lingkungan sekitar.

Selain faktor-faktor di atas, sistitis juga dapat dipicu oleh penyebab lain, semisal rutinitas radioterapi & kemoterapi, pembengakkan prostat, diabetes, sedang menjalani masa kehamilan, hingga penggunaan sabun kewanitaan yang banyak mengandung bahan kimia berbahaya.

Apa saja gejala sistitis?

Serba-serbi sistitis yang kedua yaitu mengenai gejala sistitis. Segera konsultasikan kesehatan Anda atau anggota keluarga jika terbukti menunjukkan beberapa atau banyak gejala sistitis berikut ini:

  • Urin berwana keruh dan berbau amis; dalam beberapa kasus, urin bisa saja mengandung bercak darah
  • Sering buang air kecil; penderita juga biasanya mengeluhkan sensasi nyeri dan terbakar setiap kali berkemih
  • Merasa nyeri, tertekan, dan tidak nyaman pada perut bagian bawah
  • Meningkatnya suhu tubuh; demam ringan.
Bagaimana cara saya mencegah timbulnya sistitis?

Serba-serbi sistitis yang terakhir yaitu seputar pencegahan sistitis. Beranjak dari pembahasan mengenai gejala dan dampak buruk sistitis di atas, Anda mungkin bertanya-tanya; “Adakah cara ampuh untuk mencegah timbulnya sistitis?”. Tenang! Berikut Go Dok paparkan cara ampuh dan jitu yang dapat Anda praktikkan:

  1. Ubah kebiasaan menyeka anus dan alat vital Anda. Mulai sekarang, biasakanlah untuk menyeka ke arah belakang, yaitu dari alat vital ke anus. Hal ini ditujukan untuk meminimalisir risiko masuknya bakteri dari anus.
  2. Bagi kaum hawa, pilihlah celana yang berbahan dasar katun; atau materi lainnya yang dapat menyerap keringat. Penggunaan celana berbahan dasar latex atau jeans terlalu lama dapat membuat area di sekitar vagina lembap sehingga berisiko besar jadi tempat berkembangnya bakteri.
  3. Perhatikan jumlah air minum yang dikonsumsi setiap hari. Semakin banyak air mineral yang Anda konsumsi, maka semakin kecil pula risiko terkena sistitis.
  4. Hindari penggunaan sabun kewanitaan yang banyak mengandung parfum atau senyawa kimia lainnya.
  5. Hindari kebiasaan menahan kencing.

Itu tadi penjelasan lengkap megenai serba-serbi sistitis yang harus Anda ketahui. Ingat! Jika tubuh mulai menunjukkan gejala sistitis, maka segeralah berkonsultasi ke dokter atau rumah sakit terdekat. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari Smartphone. Download aplikasinya Go Dok di sini.