Serba-serbi Sinusitis yang Harus Anda Ketahui

serba serbi sinusitis
Infeksi virus, bakteri, serta jamur menyebabkan dinding sinus menebal dan mengalami peradangan. Inilah yang kemudian memicu beberapa gejala sinusitis. Kenali sinusitis dan bagaimana cara mengobatinya berikut ini!

GoDok – Serba serbi sinusitis – Pernahkah Anda mengalami gejala flu, namun cairan yang keluar dari hidung malah berwarna kuning-kehijauan? Jika ya, maka kemungkinan besar Anda sedang menderita sinusitis.

Apa itu sinusitis, dan bagaimana cara mengobatinya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Serba-serbi Sinusitis yang Harus Anda Ketahui
Tentang sinusitis

Sebelum mengenal sinusitis, ada baiknya Anda kenali terlebih dahulu apa itu sinus. Sinus adalah rongga kecil berisi udara yang terletak di beberapa bagian kepala, seperti di kedua sisi batang hidung, belakang dahi, belakang tulang pipi, serta di belakang mata. Jangan salah! Lendir yang dihasilkan sinus sangatlah bermanfaat untuk tubuh sebab berperan untuk menjaga suhu serta kelembapan ideal udara yang masuk ke paru-paru.

Namun, karena adanya infeksi virus, bakteri, serta jamur; dinding sinus dapat menebal dan mengalami peradangan. Inilah yang kemudian memicu beberapa gejala sinusitis, seperti:

  • Suhu tubuh yang meningkat hingga 38o celsius
  • Sakit di area kepala dan tenggorokan
  • Hidung tersumbat; adakalanya keluar lendir berwarna kuning-kehijauan
  • Nyeri di wajah dan dahi
  • Batuk disertai penurunan kemampuan indera penciuman

(Baca: Gejala dan Pencegahan Sariawan di Tenggorokan)

Langkah cepat redakan sinusitis

Ternyata, selain dengan menyambangi dokter, Anda juga bisa mempraktikkan 2 langkah mudah untuk meredakan sinusitis, seperti:

  • Mengompres hidung

Solusi pertama yang dapat dicoba untuk meredakan sinusitis adalah dengan mengompres hidung. Ini ditujukan agar jalur masuknya udara di hidung tidak terlalu sesak dengan lendir; sebab, jika dibiarkan berlanjut, kondisi ini dapat memicu sakit kepala berat.

Caranya, sediakan air hangat dan handuk. Lalu, celupkan handuk sedikit demi sedikit, peras, dan langsung tempelkan ke hidung. Walau terlihat simpel, namun cara ini ampuh untuk kembali melegakan hidung, lho!

  • Melembapkan hidung

Ketika sinusitis menyerang, langkah tanggap pertama yang dapat Anda lakukan adalah melembapkan hidung dengan menggunakan neti pot. Terdengar asing, neti pot merupakan alat berbentuk pot kecil yang digunakan untuk mengalirkan air ke dalam lubang hidung secara bergantian. Agar lebih efektif, Anda dapat membuat campuran air garam yang dijamin ampuh untuk membuang lendir di rongga hidung.

  • Menguapi hidung

Menerapkan prinsip yang sama dengan kegiatan mengompres, menguapi hidung juga ditujukan untuk melegakan saluran pernapasan yang tersumbat karena menumpuknya lendir.

Caranya, sediakan air hangat di baskom. Jika perlu, Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih. Lalu, posisikan kepala sedemikian rupa agar uap yang dihasilkan dapat terhisap oleh hidung. Ingat, jangan paksakan menghirup uap dengan kuat, karena langkah ini justru akan membuat rongga hidung mengalami iritasi.

(Baca: Jangan Tertipu! Ini Cara Pemakaian Masker Hidung yang Tepat)

Obati sinusitis dengan bahan alami ini!

1. Nanas

Jarang yang mengetahui bahwa buah nanas kaya akan senyawa Bromelain yang baik untuk meredakan peradangan sinus. Karenanya, Anda dapat mengonsumsi nanas -baik secara langsung atau yang telah diblender- demi mengobati sinusitis. Ingat! Jangan konsumsi nanas berbarengan, atau terlalu dekat jarak waktunya, dengan konsumsi obat-obatan dari dokter. Jadi, pilih waktunya yang bijak, ya!

2. Jahe

Sudah sejak lama jahe dikenal sebagai bahan alami yang kaya akan senyawa anti-inflamasi. Karenanya, konsumsi campuran air hangat dengan beberapa iris jahe dijamin dapat mempercepat proses penyembuhan sinusitis serta merangsang keluarnya lendir yang ada di rongga hidung.

3. Strawberry

Vitamin C yang tinggi pada buah strawberry dijamin efektif untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta mempercepat pulihnya area sinus yang mengalami peradangan. Banyak cara yang dapat Anda coba untuk mengonsumsi strawberry; mulai dari dimakan langsung, diblender, hingga memasukkan beberapa iris stawberry ke menu sarapan Anda.

4. Minyak oregano

Tahukah Anda, bahwa minyak oregano baik bagi penderita sinusitis karena bersifat antibiotik? Hasilnya, sinusitis akan lebih cepat reda sebab tubuh lebih kuat terhadap gempuran virus dan bakteri.

(Baca: 7 Manfaat Jahe untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui)

Setelah mengenal sinusitis dari serba serbi sinusitis yang harus Anda ketahui ini, apabila merasakan gejala-gejala dari sinusitis sebaiknya segera obati ya!