Serba Serbi Myalgia; Simak Penjelasannya Ini!

serba serbi myalgia

Serba Serbi Myalgia- Myalgia alias nyeri otot, alias pegal-pegal, merupakan suatu kondisi yang dapat terjadi pada bagian tubuh manapun, karena setiap bagian tubuh memiliki jaringan otot sendiri.

Go Dok- Beberapa dari Anda mungkin masih merasa asing jika mendengar istilah myalgia. Tidak heran, sebab myalgia sejatinya merupakan istilah medis, yang berarti nyeri otot, berasal dari kata myo (otot) dan algos (nyeri).  Umumnya, kondisi ini hanya dialami dalam waktu singkat, namun tak banyak pula yang mengalaminya dalam jangka waktu sangat lama.  Nah, nyeri otot adalah kondisi yang umum terjadi pada setiap orang, dan penyebabnya beragam. Untuk mencegahnya terjadi dan memahami penanganan medisnya.

Yuk simak serba serbi myalgia berikut ini!

Apa penyebab myalgia?

Serba serbi myalgia yang harus pertama Anda ketahui yaitu mengenai penyebabnya. Myalgia, alias nyeri otot, alias pegal-pegal, merupakan suatu kondisi yang dapat terjadi pada bagian tubuh manapun, karena setiap bagian tubuh memiliki jaringan otot sendiri. Namun, penyebabnya tentu berbeda-beda, tergantung dengan aktivitas yang dilakukan setiap orang.

  • Trauma dan cedera, di mana saat Anda melakukan suatu aktivitas fisik dengan gerakan dan posisi yang salah atau tak sempurna, nyeri otot bisa saja menyerang. Nyeri otot yang timbul akibat trauma atau cidera ini biasanya hanya bersifat lokal, alias terpusat pada satu area saja.
  • Stres, sejatinya kondisi psikis yang kurang baik juga dapat menyebabkan badan dan otot terasa nyeri dan pegal-pegal tanpa sebab.
  • Kondisi medis tertentu, gejala ini juga dapat terjadi saat seseorang menderita penyakit atau kondisi medis tertentu. Contohnya adalah saat tubuh kita mengalami pembengkakan, atau infeksi virus serta bakteri, Saat menderita sakit karena infeksi, seperti flu, campak, atau cacar, tentu secara langsung tubuh akan terasa nyeri dan pegal-pegal.
  • Diam dalam satu posisi terlalu lama, kondisi ini seringkali terjadi pada pekerja di kota besar. Contohnya, karyawan kantor yang duduk terlalu lama akan sering merasakan nyeri otot dibagian pinggang. Begitu pula seseorang yang terlalu lama dan sering mengangkat beban berat, layaknya pekerja bangunan, tentu akan sering merasakan nyeri otot di bagian bahu.
Lalu, apa saja gejalanya?

Serba serbi myalgia selanjutnya yang akan dibahas adalah gejala yang muncul karena kondisi ini, seperti :

  • Otot tubuh terasa nyeri.
  • Pegal-pegal.
  • Demam (jika terjadi karena sakit atau infeksi).
  • Muncul bengkak di lokasi nyeri otot.
  • Lemas dan kelelahan.
Kapan saya harus periksa ke dokter?

Meskipun sebagian besar penderita myalgia tidak diharuskan periksa ke dokter, namun ada beberapa kondisi tertentu yang membuat Anda harus melakukannya, yaitu :

  • Terdapat tanda-tanda infeksi lanjutan, seperti timbulnya bengkak di area nyeri otot
  • Apabila nyeri otot masih berlanjut, atau bahkan bertambah parah meskipun Anda sudah beristirahat dan mengonsumsi obat pereda nyeri.
Bagaimana cara penanganannya?

Serba serbi myalgia terakhir yang akan dibahas adalah mengenai penanganan yang tepat. Seringkali, kondisi ini dapat  sembuh sendiri hanya dengan mengistirahatkan bagian yang nyeri dari segala aktivitas dalam beberapa waktu. Cara lainnya adalah dengan menerima pijatan di area yang mengalami nyeri otot, guna meredakan nyeri dan secara rutin meregangkan otot sebelum beraktivitas dan berolahraga. Selain itu, Anda dapat pula mengompres area myalgia dengan es batu guna meringakan nyeri. Yang terakhir adalah mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri, yang bisa didapatkan melalui resep dokter ataupun apotik terdekat. Pastikan pula Anda mendapat asupan cairan yang cukup setiap harinya.

Nah, itu dia serba-serbi myalgia yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Nikmati ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari Smartphone. Download aplikasi Go Dok di sini.