Serba-Serbi Morning Sickness yang Harus Diketahui Ibu Hamil

GoDokMorning Sickness bisa jadi masalah ‘langganan’ bagi sebagian besar ibu hamil, terutama sepanjang trimester pertama kehamilan. Mual, muntah, pusing, bahkan lemas pun membuat para bumil tak bersemangat melakukan apapun. Walaupun namanya morning sickness, ibu hamil juga dapat mengalami morning sickness pada siang, malam, bahkan sepanjang hari. Meski rasanya sangat tidak enak, dalam beberapa hal morning sickness ternyata bisa disyukuri, lho!

Apa penyebab munculnya morning sickness pada ibu hamil? 

Sejatinya, penyebab dari morning sickness belum diketahui secara pasti. Namun, para ahli menduga bahwa kondisi ini terjadi akibat perubahan yang dialami ibu hamil secara fisik, psikologis, dan hormonal. Menurut dr. Irfan Mulyana Mustofa SpOG, rasa mual yang dirasakan oleh ibu hamil merupakan suatu reaksi atas peningkatan hormon beta-HCG yang berfungsi memelihara korpus luteum pada rahim. Selain itu, saat hamil indra pengecap dan penciuman seorang wanita juga akan menjadi lebih sensitif. Hasilnya, Anda akan lebih mudah merasa mual dan muntah-muntah. Puncak dari kondisi ini akan terjadi saat usia kehamilan mencapai 3 bulan. Setelah itu, rasa mual akan berkurang secara bertahap saat usia kehamilan mulai memasuki 18 minggu.

(Baca: Sebenarnya, Apa Sih Penyebab Mual pada Ibu Hamil?)

Apa pengaruhnya pada janin?

Menurut Gideon Koren, seorang peneliti dari Motherisk Program di Toronto, jika seorang calon ibu mengalami morning sickness selama masa kehamilannya, maka bayi yang nantinya lahir berisiko lebih kecil dalam mengalami kelainan organ tubuh. Dilansir dari Women’s Health Mag, kelainan yang dimaksud termasuk kelainan pada tempurung kepala dan sistem kardiovaskular (jantung). Lebih lanjut, penelitian lain juga menemukan bahwa risiko seorang ibu hamil mengalami keguguran pada mereka yang menderita morning sickness adalah 55 – 80% lebih rendah dibanding mereka yang tidak mengalaminya.

Bagaimana cara mengatasinya?

Jika morning sickness yang Anda alami masih tergolong normal, Anda dapat menanganinya sendiri di rumah. Dikutip dari Boldsky, ini dia cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi morning sickness yang Anda rasakan:

1. Pintarlah memilih makanan

Saat sedang hamil, hindarilah makanan dan minuman yang mengandung kafein, makanan pedas, dan berlemak. Sebaliknya, pilihlah panganan yang tinggi kandungan protein dan karbohidrat serta mudah dicerna, seperi kue kering, susu, keju, yoghurt, kacang dan biji-bijian utuh, serta apel. Anda  juga bisa mengonsumsi suplemen kehamilan dengan pengawasan dari dokter kandungan. Selain itu, hindari juga beberapa makanan yang aromanya tidak Anda suka. Jangan biarkan perut Anda kosong selama berjam-jam karena kondisi ini dapat membuat asam lambung meningkat dan membuat mual makin parah.

(Baca: Ini Dia Pola Makan yang Baik Saat Mengandung Si Kembar!)

2. Teruslah bergerak

Bunda, jangan jadikan kehamilan Anda sebagai alasan untuk malas bergerak dan keluar rumah, ya. Justru, seorang wanita hamil dianjurkan untuk berjalan-jalan di luar rumah pada pagi atau sore hari untuk mendapat udara segar. Hal ini dapat menjadi salah satu cara mengurangi rasa mual di perut Anda. Jangan lupa untuk membuka jendela agar sirkulasi udara di dalam rumah baik, ya.

3. Perbanyak mengonsumsi air putih dan air jahe

Harus Anda ketahui bahwa jahe merupakan penenang perut utama yang bisa meringankan mual. Untuk merasakan khasiatnya, Anda dapat meminum air jahe atau sekadar mencium aromanya saja. Selain itu, pastikan pula tubuh Anda tetap terhidrasi dengan meminum sebanyak mungkin air putih hangat. Kedua hal ini dapat meringankan gejala mual yang timbul pada trimester pertama Anda, lho.

4. Perbanyak waktu istirahat

Jangan terlalu memikirkan morning sickness meskipun Anda sedang mengalaminya. Alihkanlah perhatian Anda pada aktivitas ringan yang menyenangkan. Jangan lupa untuk juga menghilangkan rasa stres agar pola tidur Anda tidak terganggu. Selain itu, menjauhlah juga asap rokok agar tidak masuk ke dalam tubuh Anda dan malah memengaruhi janin.

(Baca: Bahaya Rokok bagi Ibu Hamil dan Janin)

5. Bangunlah secara perlahan

Agar tidak cepat merasa mual, jangan biasakan bangun dari tempat tidur secara spontan selama hamil. Berikan tubuh cukup waktu untuk bangun dan bergerak hingga energi terkumpul dan Anda pun memiliki tenaga untuk bangun. Pastikan pula tidak ada sentakan yang dirasakan oleh janin di dalam perut Anda.

6. Makanlah dengan porsi kecil dan sering

Saat sedang hamil, sebaiknya Anda makan dengan porsi sedikit tetapi sering daripada makan dengan porsi besar sekaligus. Untuk mengatasi rasa lapar, Anda dapat mengonsumsi kudapan tiap 1-2 jam. Ketika bangun tidur di pagi hari, bahkan sebelum beranjak dari tempat tidur, Anda dapat langsung memakan sedikit roti kering. Lakukan juga hal ini ketika Anda terbangun pada malam hari.

Nah, jika cara-cara di atas tidak juga meringankan gejala morning sickness, Anda dapat mempertimbangkan untuk berkonsultasi lebih jauh dengan dokter kandungan. Sekarang, konsultasi dengan dokter bisa langsung dari smartphone Anda. 

Semoga bermanfaat!

 

Comments are closed.