Serba-serbi Kutil yang Harus Anda Ketahui

GoDok – Sebagai orang Indonesia, Anda pasti familiar dengan istilah ‘kutil’. Ya, nama penyakit yang satu ini seringkali disangkut pautkan dengan benjolan mirip bentol yang tumbuh di permukaan kulit. Namun, apa sih sebenarnya kutil itu? Daripada berlarut-larut pada informasi yang kurang terpercaya, ada baiknya Anda menyimak penjelasan lengkap berikut ini:

Kutil adalah…

Kutil merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi virus Human Papilloma Virus (HPV). Usut punya usut, virus ini jugalah yang menjadi dalang penyakit mematikan kanker serviks. Tapi, tenang! Sebab kutil bersifat non-kanker sehingga tidak membahayakan hidup Anda.

Ketika kulit Anda terinfeksi virus HPV, maka produksi keratin dan protein pada permukaan protein akan meningkat melebihi jumlah normal. Dampaknya, kelebihan dua senyawa tadi akan menumpuk di bagian atas kulit hingga akhirnya membentuk tekstur baru yang disebut kutil.

Lebih lanjut, kutil yang seringnya menyerang area tangan dan kaki ini merupakan penyakit menular. Karenanya, berhati-hatilah jika Anda melakukan kontak langsung dengan penderita kutil; sebab, virus HPV akan dengan mudah berpindah dan menginfeksi tubuh, apalagi jika sistem imunitas sedang menurun. Selain melalui kontak antara kulit dengan kulit, Anda juga dapat terpapar virus HPV melalui penggunaan bersama handuk, pakaian, kaus kaki, sepatu, gunting kuku, dan pisau cukur.

Umumnya, kutil ditandai oleh…

Umumnya, kutil ditandai dengan munculnya bintil-bintil kecil pada tubuh yang keras dan berakar. Jika dibiarkan terus berlanjut, maka bintil ini akan semakin membesar. Agar lebih jelas, yuk, kenali gejala kutil sesuai dengan jenis-jenisnya melalui penjelasan lengkap di bawah ini!

  • Kutil biasa; berbentuk bulat, menonjol, dan bertekstur kasar. Kutil jenis ini biasanya muncul dijari tangan atau kaki.
  • Kutil plantar; berbentuk rata dengan bagian tengah yang berlubang atau berbintik hitam. Kutil jenis inibiasanya di temukan pada telapak kaki sehingga menimbulkan rasa sakit setiap kali berjalan.
  • Kutil filiform; berbentuk seperti bintil daging dan berwarna layaknya kutil biasa. Kutil jenis ini biasanya tumbuh di sekitar hidung, mulut, bawah dagu, atau leher.
  • Kutil datar; berbentuk seperti cakaran yang berwarnacoklat agak kekuningan atau merah muda. Jenis kutil yang seringnya tumbuh di sekitar wajah, lengan, atau paha ini berukuran sanagt kecil sehingga jarang terlihat.  
  • Kutil periungual; berbentuk seperti kembang kol. Jika dibiarkan, kutil jenis ini akan menebal di sekitar lempeng kuku jari tangan atau kaki.
Tangani kutil dengan cara…

Jangan anggap sepele kutil! Meskipun kutil tidak berbahaya, namun pilihan untuk membiarkan penyakit ini terus berlarut-larut dapat menimbulkan rasa sakit serta tidak nyaman bagi penderitanya. Lalu, apa saja yang harus dilakukan sebagai langkah penanganan awal kutil? Berikut penjelasan lengkapnya:

  • Menggunakan perekat kulit atau plester yang berfungsi untuk mencabut kutil. Senyawa anti bakteri pada plester terbukti dapat membuat permukaan kutil mejadi lunak sehingga mudah dicabut.
  • Menggunakan kapur sirih sebagai olesan tradisional. Dengan mengaplikasikan kapur sirih yang sudah dicampur dengn air hingga berbentuk pasta, Anda dapat membuat akar kutil terlepas sehingga mudah diangkat.

Jika kutil tidak kunjung hilang, padahal telah beragam cara yang Anda lakukan; maka, segera konsultasikan kondisi kulit ini pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga bermnafaat!

Comments are closed.