Serba-serbi Kesehatan pada Ibu Hamil

Kehamilan merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan suami-istri, apalagi bagi mereka yang memang sedang mendambakan hadirnya buah hati di tengah keluarga. Dalam proses kehamilan, ibu merupakan sosok yang berinteraksi langsung dengan si jabang bayi karena selama kurang lebih sembilan bulan, ibu mengandung buah hati dan merasakan perkembangan janin serta perubahan yang terjadi pada tubuhnya. Karena itulah, kesehatan ibu hamil sudah selayaknya diperhatikan dan dijaga secara seksama, terutama kesehatan gigi dan kulit.

Pada masa-masa kehamilan, ibu akan merasakan bahwa kulitnya menjadi semakin cerah dan halus. Namun, perlu diperhatikan bahwa pada beberapa kasus, kondisi dapat bervariasi. Dalam beberapa kasus, meningkatnya hormon pada masa kehamilan terbukti dapat menyebabkan kulit mengendur serta memicu timbulnya jerawat. Bahkan beberapa ibu hamil mengalami gejala kloasma, yaitu meningkatnya pigmen kulit karena perubahan hormon yang menyebabkan kulit menghitam. Tetapi, jangan khawatir, karena kondisi kulit akan kembali normal setelah masa kandungan selesai.

Stoppard dalam bukunya Conception, Pregnancy & Birth: The Childbirth Bible for Today’s Parents menjelaskan bahwa untuk mencegah kondisi kulit yang tidak diinginkan, ibu hamil dapat mengganti pemakaian sabun dengan baby lotion. Ini dikarenakan pemakaian sabun yang berlebihan dapat mengurangi jumlah minyak alami pada kulit, sehingga kulit terlihat lebih kusam. Tapi, jika Anda ingin tetap menggunakan sabun dalam rutinitas mandi, sebaiknya gunakan sabun yang mengandung gliserin. Untuk kulit yang menghitam dan berjerawat, Anda dapat menyamarkannya dengan produk kecantikan sambil terus menjaga kebersihan badan dan wajah.

Selain kulit, gigi juga merupakan bagian tubuh yang mengalami perubahan selama masa kehamilan. Jumlah hormon estrogen yang meningkat dapat memicu timbulnya plak gigi serta pembengkakan gusi. Waspadai kondisi gusi yang melunak karena dapat menyebabkan pendarahan. Karena itu, berhati-hatilah ketika menggosok gigi dan menggunakan dental floss. Sebagai upaya pencegahan, perbanyak asupan makanan yang kaya akan kalsium serta konsultasikan kesehatan mulut Anda secara rutin dengan dokter gigi selama masa kehamilan.

Leave a Reply