Serba-serbi Kebiasaan Mengigau yang Harus Anda Ketahui

serba-serbi kebiasaan mengigau
Meskipun penyebab pastinya belum diketahui, tetapi banyak ahli percaya bahwa mengigau disebabkan oleh beberapa faktor. Apa saja ? Yuk, simak serba-serbi mengigau

GoDok – serba-serbi kebiasaan mengigau –  Pernahkah Anda melihat orang yang mengigau saat tidur? Memang, jika menyaksikan langsung, kebiasaan mengigau orang lain sudah pasti akan membuat kita tertawa terpingkal-pingkal. Namun, tahukah Anda, bahwa mengigau ternyata dapat dikelompokkan sebagai gangguan tidur? Karenanya, yuk, kenali kebiasaan mengigau lebih dekat dengan menyimak penjelasan di bawah ini!

Serba-serbi kebiasaan mengigau mulai dari penyebab dan cara menghindarinya yang harus Anda ketahui

Ternyata, mengigau adalah…

Seperti yang telah Anda ketahui, tidur dibagi ke dalam 2 fase, yaitu Rapid Eye Movement (REM) -fase di mana tubuh sudah berhenti bekerja namun otak masih aktif-, dan Non Rapid Eye Movement (NREM); fase di mana tubuh dan otak sedang beristirahat total.

Ternyata, mengigau -yang termasuk ke dalam gangguan tidur jenis parasomnia- terjadi ketika kita memasuki fase REM. Jadi, meskipun mata sudah terpejam, namun otak masih aktif dalam mengolah informasi. Inilah yang kemudian dimanifestasikan ke dalam aktivitas fisik, mimpi yang terkesan ‘hidup’, serta emosi dan persepsi alam bawah sadar yang terasa nyata.

Jika dilihat dari jenisnya, maka mengigau dapat dibagi ke dalam 3 kelompok, yaitu:

  1. Sumniloquy. Gejala yang ditunjukkan oleh jenis ini adalah kebiasaan berbicara saat tidur, namun tuturan biasanya tidak jelas sehingga susah untuk dimengerti.
  2. Somnambulism. Jenis ini ditandai oleh kebiasaan berjalan saat tidur. Tidak hanya sampai disitu, kegiatan fisik juga dapat berlanjut ke jenis aktivitas yang melibatkan persepsi, seperti menyalakan lampu dan membuka jendela.
  3. Night terror. Ini dia jenis mengigau yang diangggap paling menyiksa, sebab orang yang menderita gangguan ini akan sering terbangun di tengah malam. Lebih lanjut, penderita juga cenderung merasa takut serta histeris terhadap sesuatu yang tidak nyata.

Meskipun mengigau cenderung dialami oleh anak berusia 3 – 10 tahun, namun tidak  menutup kemungkinan jika Anda yang sudah dewasa juga dapat mengalami kondisi ini. Jadi, selalu waspada, ya!

Apa sih penyebab mengigau?

Meskipun penyebab pastinya belum diketahui, tetapi banyak ahli percaya bahwa mengigau disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

  1. Suhu tubuh yang terlampau tinggi; biasanya dipicu oleh demam
  2. Kurang tidur
  3. Faktor keturunan
  4. Mimpi buruk
  5. Penyakit mental
  6. Penggunaan zat-zat berbahaya
  7. Kejang nokturnal
  8. Depresi
  9. Stres
  10. Rutin mengonsumsi obat tidur
  11. Kecanduan alkohol

(Baca: Mari Mengenal Efek Samping Obat Tidur)

Adakah cara jitu menghindari kebiasaan mengigau?

Jangan anggap sepele kebiasaan mengigau! Sebab, bisa saja Anda melakukan sesuatu yang berbahaya saat terlelap, seperti menyalakan kompor, menggunakan benda tajam, hingga berjalan ke arah jalan raya. Mengerikan!

Sebelum terlambat, ada baiknya Anda meminimalisir kemungkinan munculnya kebiasaan mengigau dengan tips jitu ala Go Dok berikut ini:

– Hindari stres

Ternyata, stres merupakan salah satu pemicu timbulnya kebiasaan mengigau. Bagaimana tidak! Jika Anda sering merasa penat dengan aktivitas sehari-hari, maka alam bawah sadar Anda pun akan ikut terpengaruh. Karenanya, Anda disarankan untuk melakukan terapi atau relaksasi setiap akan tidur. Cobalah mempraktikkan gerakan yoga ringan di malam hari, atau cukup dengan bermeditasi selama beberapa menit.

– Cukupi kebutuhan waktu tidur

Salah satu alasan mengapa Anda bisa mengigau di malam hari adalah karena kurangnya waktu tidur yang didapat. Idealnya, total waktu tidur yang direkomendasikan adalah 6-8 jam. Bagaimana jika kurang? Maka, waktu bagi otak untuk beristirahat juga akan berkurang. Dampaknya, otak akan kelelahan sehingga cenderung mempersepsikan informasi ketika mata sudah terpejam.

– Hindari konsumsi alkohol

Jarang yang mengetahui bahwa senyawa yang terkandung di dalam alkohol ternyata dapat meningkatkan kemampuan otak dalam memproyeksikan informasi. Hasilnya, Anda akan mengigau di malam hari. Jadi, mulai dari sekarang, hindari kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol, ya!

– Konsultasikan pada dokter

Jika Anda masih sering mengigau; padahal semua cara sudah dicoba, maka segera konsultasikan kondisi ini dengan dokter. Alasannya tidak lain karena kebiasaan mengigau ditakutkan akan memicu gangguan tidur lainnya, seperti insomnia dan sleep apnea.

(Baca: Anda Sering Mendengkur? Waspadai Kematian Mendadak Saat Tidur!)

Nah, itu dia serba-serbi kebiasaan mengigau. Semoga bermanfaat!