Serba-serbi Hipoglikemia yang Harus Anda Ketahui

serba-serbi hipoglikemia
Pada dasarnya, hipoglikemia merupakan sebuah kondisi medis di mana kadar gula darah dalam tubuh jauh di bawah normal. Kenali serba-serbi hipoglikemia lewat penjelasan ini

GoDok- Serba-serbi hipoglikemia Pernahkah Anda mendengar kondisi medis bernama hipoglikemia? Jika ditelaah dari unsur namanya, maka Anda mungkin akan berasumsi bahwa kondisi ini berkaitan erat dengan kondisi gula darah dalam tubuh (glikemi). Benarkah seperti itu? Tepat sekali. Namun, apa yang membuat kondisi ini patut mendapatkan perhatian medis ekstra?

Yuk, simak penjelasan serba-serbi hipoglikemia berikut ini!

Apa itu hipoglikemia?

Serba-serbi hipoglikemia yang pertama akan dibahas yaitu mengenai pengertian dari hipoglikemia itu sendiri. Pada dasarnya, hipoglikemia merupakan sebuah kondisi medis di mana kadar gula darah dalam tubuh jauh di bawah normal. Penyebabnya pun sangatlah beragam, namun kebanyakan diakibatkan oleh terlalu tingginya kadar insulin dalam tubuh. Jika jumlah insulin terlalu banyak, maka kadar gula darah akan menurun secara otomatis.

Lantas, apa saja gejala yang harus diwaspadai dari hipoglikemia? Berikut poin lengkapnya:

  1. Banyak mengeluarkan keringat dingin
  2. Jantung yang berdebar-debar
  3. Lelah
  4. Wajah terlihat pucat
  5. Pusing
  6. Sulit berkonsentrasi
  7. Tubuh gemetar

Jika poin di atas termasuk ke dalam gejala ringan, maka berikut ini merupakan gejala hipoglikemia berat yang harus segera mendapatkan penanganan medis dari dokter:

  1. Mengalami gangguan penglihatan
  2. Kejang
  3. Hilang kesadaran

 (Baca: Kenali Batas Aman Konsumsi Gula Harian Anda!)

Apa saja faktor penyebab hipoglikemia?

Serba-serbi hipoglikemia yang akan dibahas selanjutnya mengenai penyebabnya. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, hipoglikemia dipicu oleh terlalu tingginya kadar insulin di dalam tubuh. Karenanya, tidak heran jika kondisi ini banyak diderita oleh mereka yang mengidap diabetes dan rutin mendapatkan suntikan insulin.

Selain pada penderita diabetes, hipoglikemia juga bisa mendera mereka yang sering berolahraga secara berlebihan, membatasi asupan makanan secara ekstrem, atau menderita penyakit yang mempengaruhi kinerja hormon tiroid.

Bagaimana cara cepat menangani hipoglikemia?

Jika Anda atau kerabat terbukti menunjukkan gejala hipoglikemia, maka segera berikan beberapa jenis bahan pangan ini sebagai langkah tanggap atasi hipoglikemia:

  1. 1/2 – 1 cangkir jus manis
  2. 1 sdm madu
  3. 6 buah permen
  4. 1 sdm gula
  5. 3 tablet glukosa, atau gel glukosa (dapat dibeli di apotek)

Jika gejala yang ditunjukkan termasuk ke dalam gejala hipoglikemia berat, maka Anda diwajibkan untuk segera berkonsultasi ke dokter atau rumah sakit terdekat. Mengapa? Sebab, hipoglikemia yang tidak segera mendapatkan penanganan dapat berakhir pada koma.

 (Baca: 5 Manfaat Madu; Si Manis yang Kaya Manfaat)

Langkah apa yang dapat dilakukan untuk mencegah hipoglikemia?

Terakhir mengenai Serba-serbi hipoglikemia yang akan dibahas yaitu mengenai pencegahannya. Mengingat hipoglikemia dapat berakibat fatal, maka tidak ada salahnya untuk mencegah timbulnya kondisi medis ini sedini mungkin. Lantas, langkah apa saja yang dapat dipraktikkan demi mencegah hipoglikemia? Berikut penjelasan lengkapnya:

  1. Bagi penderita diabetes, konsultasikan terlebih dahulu dosis serta takaran insulin yang dapat Anda gunakan. Ingat, selalu ikuti anjuran dokter, ya!
  2. Perhatikan jadwal makan Anda. Makanlah setidaknya 3 kali sehari dengan jeda yang teratur (selang 3-4 jam).
  3. Bagi Anda yang memiliki kecenderungan terkena hipoglikemia, ada baiknya untuk mengecek terlebih dahulu kadar gula darah sebelum dan sesudah berolahraga. Selain itu, hindari pula kebiasaan berolahraga secara ekstrem.
  4. Perhatikan asupan bahan pangan yang Anda konsumsi. Ada baiknya untuk memperbanyak asupan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral baik.

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai serba-serbi hipoglikemia yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!