Serba-Serbi Gondok; Risiko dan Bahayanya

serba-serbi gondok
Gondok adalah istilah umum untuk menyebut kondisi kelenjar tiroid yang membesar. Pembesaran ini mungkin hanya berupa benjolan setempat atau pembengkakan kedua lobus kelenjar tiroid

Gondok – Serba-serbi gondok – Gondok, yang dalam bahasa Inggris disebut juga goiter, sementara dalam bahasa Latin disebut  struma. merupakan penyakit yang seringkali disalahartikan sebagai gondongan. Padahal, dilansir dari Mayo Clinic, gondok adalah istilah umum untuk menyebut kondisi kelenjar tiroid yang membesar. Pembesaran ini mungkin hanya berupa benjolan setempat atau pembengkakan kedua lobus kelenjar tiroid. Penyebab bisa sangat beragam, mulai dari gangguan autoimun hingga penyebab yang paling umum, yakni kekurangan zat yodium (garam). Hati-hati! Meskipun jika ditangani dengan tepat penyakit ini bisa segera sembuh, namun jika dibiarkan bisa-bisa gondok menimbulkan kondisi lain yang lebih serius.  Nah, untuk lebih lengkapnya, mari simak penjelasan serba-serbi gondok berikut ini.

Seberapa dalam Anda mengenal penyakit gondok? Yuk, kenali lebih dalam lewat penjelasan serba-serbi gondok berikut:

Apa itu gondok?

Serba-serbi gondok yang akkan dibahas terlebih dahulu yaitu mengenai penjelasan dari penyakit gondok itu sendiri. Secara umum, penyakit gondok dibedakan menjadi dua jenis, yaitu gondok biasa dan gondok beracun (hipertiroid). Gondok biasa tidak akan menimbulkan gejala serius, tetapi jika tidak diobati, lama-kelamaan akan berkembang menjadi gondok beracun. Pada gondok biasa, kelenjar tiroid membesar sehingga menyebabkan leher membengkak. Jika pembengkakan menekan saluran pernapasan dan saluran pencernaan, menyebabkan sulit bernapas dan susah menelan. Dr. Suharko Soebardi, SpPD, juga menjelaskan, bahwa pembesaran kelenjar tiroid di leher juga bisa disebabkan oleh adanya tumor jinak akibat gangguan pada hormon tiroid. Benjolan ini juga bisa menjadi kanker dan harus diangkat.

Siapa yang berisiko terkena gondok?

Serba-serbi gondok yang kedua yaitu risiko apabila Anda terkena gondok. Meskipun dapat menyerang siapa saja, namun gangguan tiroid paling sering diderita oleh kaum hawa. Berat-ringannya penyakit ini biasanya ditentukan oleh ukuran pembesaran kelenjar tiroid dan gangguan produksi hormonnya.

Apa bahaya penyakit ini?

Mengenai serba-serbi gondok selanjutnya yang akan dibahas adalah bahaya dari penyakit ini. Yuk, simak apa bahayanya!

Tidak semua penyakit gondok perlu diobati, terutama jika ukurannya relatif kecil dan tidak membuat efek yang tidak diinginkan, seperti suara serak atau daging besar yang tampak pada leher. Namun, jika gondok tesebut berukuran besar dan mudah dilihat, maka pengobatan akan diperlukan dengan melihat penyebab jelasnya.

Gondok juga dapat menyebabkan berbagai komplikasi, seperti kehilangan atau kenaikan berat tubuh, rasa kesal dan perubahan suasana hati, dan kesulitan untuk tidur. Ditambah lagi, jika pembedahan dibutuhkan untuk mengobati penyakit tersebut, ada berbagai macam risiko lain yang dipengaruhi oleh tindakan tersebut.

Terakhir, apa bedanya gondok dan gondongan?

Terkahir tentang serba-serbi gondok yaitu mengenai perbedaannya dengan gondongan. Sejatinya, gondok dan gondongan, meski namanya hampir sama dan penampakannya mirip, yakni pembesaran kelenjar, namun ternyata keduanya sangat berbeda, lho. Gondongan tak memiliki hubungan dengan kelenjar tiroid sama sekali, penyakit ini muncul karena dipicu oleh virus dan menyebabkan pembengkakan dan nyeri pada kelenjar air ludah (parotis).

Jika Anda melihat ada gundukan di daerah leher di mana kelenjar tiroid berada, atau jika Anda mengalami gejala-gejala yang sudah disebutkan di atas, Anda perlu segera menghubungi dokter Anda. Namun, sebelum terkena, ada baiknya Anda mencegah terjadinya gondok dengan langkah-langkah berikut :

  1. Konsumsi garam beryodium guna mencegah gondok yang bersifat endemik
  2. Hindari mengonsumsi makanan yang dapat mengurangi hormon tiroksi, seperti kol, kacang tanah, kacang kedelai, stroberi, dan bayam
  3. Perbanyak minum air putih
  4. Berolahraga secara rutin

Nah, itu dia serba-serbi gondok yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Atasi permasalahan kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya jawab seputar penanganannya dengan Tim Dokter Go Dok. Download aplikasinya di sini.