Sempat Hits, Ketahui 17 Manfaat Petroleum Jelly

manfaat petroleum jelly

Go Dok- Manfaat petroleum jelly- Pernahkah Anda mendengar tentang petroleum jelly? Atau istilah ini masih asing di telinga Anda? Belakangan ini, petroleum jelly tengah naik daun setelah berbagai manfaat dan kegunaannya diangkat ke berbagai media. Hal ini bukannya tanpa alasan, karena memang manfaat petroleum jelly sejatinya sangat banyak. Penasaran tentang manfaat petroleum jelly? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Apa itu petroleum jelly?

Untuk mengetahui manfaat petroleum jelly, pertama-tama Anda harus mengenalnya terlebih dulu. Petroleum jelly, disebut juga petrolatum, merupakan suatu campuran antara minyak mineral (mineral oils) dan wax, yang membentuk suatu zat yang semisolid, berwujud seperti jelly. Produk ini ditemukan pertama kali di tahun 1859 oleh Robert Augustus Chesebrough, yang menyadari bahwa para pekerja tambang minyak menggunakan semacam jelly lengket untuk menyembuhkan luka-luka mereka. Manfaat petroleum jelly berasal dari bahan utamanya yang bisa menyelimuti kulit Anda dengan suatu pelindung tahan air.

Apa saja manfaat petroleum jelly?

1. Melembapkan wajah, bibir, dan tangan

Petroleum jelly dapat berfungsi sebagai lotion bagi kulit wajah dan tubuh Anda. Untuk itu, Anda dapat mengaplikasikan jelly tersebut pada kulit dan bibir sesaat setelah mandi. Hal ini menjaga kulit Anda agar tidak cepat kering.

2. Menyembuhkan luka ringan

Baik luka biasa maupun luka bakar ringan, keduanya bisa disembuhkan dengan petroleum jelly. Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa jelly ini efektif dalam menjaga kulit Anda tetap lembap selama masa penyembuhan. Anda cukup mengoleskannya pada permukaan kulit yang terluka, setelah memastikannya sudah bersih dan tidak terinfeksi.

3. Mencegah munculnya ruam popok

Manfaat petroleum jelly selanjutnya adalah mencegah ruam popok pada bayi. Setelah dioleskan, jelly ini akan membentuk suatu batas perlindungan yang melindungi kulit bayi dari eksposur lingkungan terus menerus, dan menjaga kelembapannya. Sebelum mengoleskannya, pastikan kulit bokong bayi Anda bersih dan kering, ya!

4. Menyehatkan tapak hewan peliharaan

Anda memelihara kucing, atau anjing? Gunakan petroleum jelly untuk membersihkan dan melembapkan tapak kaki mereka.  Hal ini akan menjaga bagian tersebut agar tidak kering dan pecah-pecah.

5. Membersihkan maskara

Membersihkan dan menghilangkan maskara adalah salah satu manfaat petroleum jelly. Bahan ini aman untuk diaplikasikan pada area sekitar mata, dan dapat Anda oleskan secara lembut dengan menggunakan kapas.

6. Mencegah noda kulit dari pewarna rambut dan kuku

Seringkali, setelah membersihkan pewarna rambut atau kuku, terdapat sedikit noda yang masih tertinggal. Untuk mencegahnya terjadi, oleskan petroleum jelly pada rambut dan kuku Anda saat menggunakan pewarna.

7. Menjaga keharuman parfum

Manfaat petroleum jelly lainnya adalah untuk menjaga keharuman parfum, agar tahan lebih lama dengan mengoleskan jelly ini di dasar semprotan parfum Anda.

8. Melumaskan benda yang terjepit

Petroleum jelly dapat pula digunakan sebagai pelumas, untuk meloloskan barang atau benda yang terjepit, seperti cincin terjebak di jari Anda. Untuk ini, Anda cukup mengoleskan petroleum jelly di sekitar benda tersebut dan menariknya lembut.

9. Mencegah rambut bercabang

Seringkali, paparan angin, sinar matahari, dan air kolam renang dapat membuat rambut Anda bercabang serta pecah-pecah. Untuk mencegah hal ini, oleskan petroleum jelly pada ujung-ujung rambut Anda sebelum beraktivitas.

10. Mencegah kulit gatal

Manfaat petroleum jelly lainnya adalah kandungan emollient di dalam jelly ini dapat digunakan untuk mencegah, mengatasi, serta meringankan rasa gatal yang seringkali menyerang kulit, baik akibat gigitan serangga maupun iritasi dan alergi.

11. Meringankan iritasi kulit

Sama seperti mencegah gatal, kandungan emollient di dalam petroleum jelly juga dapat meringankan iritasi ringan serta kemerahan pada kulit Anda dan melindunginya dari hal-hal tersebut.

12. Membersihkan make-up

Manfaat petroleum jelly yang selanjutnya adalah membersihkan make-up. Oleskan jelly ini pada kapas untuk membersihkannya, sekaligus menjaga kulit wajah Anda tetap lembap dan bersih.

13. Melembutkan dan menghaluskan kulit

Mengoleskan petroleum jelly pada kulit Anda juga dapat membantu sel-sel kulit mati lebih mudah lepas. Hasilnya, kulit Anda akan menyimpan lebih banyak cairan, tidak kering, dan terasa lebih lembut serta halus.

14. Melembapkan area mata

Seringkali, kulit di sekitar mata Anda lebih cepat kering dari area kulit wajah lainnya. Karenanya, oleskan tipis petroleum jelly di sekitar mata sebelum Anda memakai maskara, agar area ini tetap lembap dan sehat.

15. Mengatasi kulit terbakar

Terpapar radiasi sinar matahari di kota besar atau saat berlibur di pantai setiap harinya kerap membuat kulit Anda terbakar dan menjadi kemerahan. Hal ini tentu tidak sehat, dan untuk mengatasinya Anda dapat mengoleskan petroleum jelly secara rutin.

16. Mencegah corek atau garis-garis kulit

Seringkali, muncul pola garis-garis pada area kulit siku, mata kaki, dan lutut Anda. Nah, untuk mencegah datangnya garis-garis, Anda bisa mengoleskan petroleum jelly secara rutin pada area-area tersebut.

17. Sebagai peningkat volume bulu mata

Manfaat petroleum jelly lainnya adalah sebagai penebal bulu mata Anda. Tambahkan sedikit petroleum jelly pada ujung-ujung bulu mata Anda, untuk memanjangkan serta menebalkan secara alami tanpa menggunakan maskara.

Nah, itu dia manfaat petroleum jelly yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi