Selain Murah Meriah, Ini Dia 6 Manfaat Mangga

manfaat mangga
Mangga memiliki banyak manfaat sehat yang tak kalah dengan buah lainnya. Penasaran apa saja manfaat mangga? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

GoDokManfaat manggaMangga oh mangga. Tak ada rakyat Indonesia yang tak kenal dengan buah kuning segar yang satu ini. Rasanya yang manis lagi asam, membuat banyak orang ketagihan mengonsumsinya. Apalagi jika musim panen mangga telah matang, dan jalanan dipenuhi oleh penjajanya yang tak sungkan memberi harga miring pada pembeli. Hmmm… ditambah lagi harumnya yang menggoda, tentu membuat Anda tergoda untuk membelinya.

Tak hanya mangga yang ranum, mangga muda pun banyak peminatnya, terutama di kalangan para calon ibu yang tengah hamil tua maupun muda. Nah, ternyata bukan tanpa alasan buah mangga diminati oleh berbagai kalangan. Sebab, mangga memiliki banyak manfaat sehat yang tak kalah dengan buah lainnya. Penasaran apa saja manfaat sehatnya? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Manfaat mangga untuk kesehatan Anda

1. Mencegah diabetes

Nah, manfaat mangga yang pertama adalah mencegah diabetes. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mereka yang mengidap diabetes tipe 1 dan mengonsumsi panganan kaya serat memiliki kadar gula darah yang lebih rendah. Tak hanya itu, mereka yang menderita penyakit diabetes tipe 2 juga terlihat mengalami perbaikan dalam kadar lipid, insulin, dan gula darahnya.

2. Mengobati disentri

Tak hanya daging buahnya, ternyata daun mangga juga memiliki manfaat sehat dalam mengobati disentri. Untuk mendapatkan khasiat yang satu ini, Anda bisa mencampurkaan setengah sendok teh bubuk mangga ke dalam secangkir air hangat. Minum air tersebut secara rutin, 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Merawat kulit

Tak hanya mencegah diabetes, manfaat mangga ternyata baik untuk perawatan wajah. Mangga memiliki kandungan yang mampu membuat kulit tampak lebih cerah jika digunakan sebagai masker. Anda hanya cukup mengoleskan masker mangga pada wajah, setelah dicuci bersih. Diamkan selama 10 menit, sebelum kemudian dibilas bersih. Selain itu, buah mangga ternyata dapat pula mengatasi masalah jerawat di wajah Anda. Untuk penggunaannya, Anda cukup menambahkan sedikit susu dan madu ke dalam jus mangga dan menggunakan campuran tersebut sebagai scrub wajah. Mudah, bukan?

4. Mencegah kanker

Manfaat mangga yang selanjutnya adalah mencegah kanker prostat dan kanker payudara. Pasalnya, berdasarkan penelitian yang dilakukaan oleh Harvard School of Public Health’s Department of Nutrition, diketahui bahwa mangga yang kaya akan kandungan beta-karoten ternyata mampu membantu dalam mencegah kanker prostat. Tak hanya itu, dalam penelitian lain oleh Texas Agri Life Research, ditemukan bahwa ekstrak polifenol pada mangga bagus untuk melawan berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, usus, prostat, serta leukimia. Hebat, bukan?

5. Melancarkan pencernaan

Manfaat sehat buah mangga yang kelima adalah melancarkan pencernaan. Seperti buah-buah lainnya, buah mangga juga memiliki kadar serat yang cukup tinggi. Kadar serat inilah yang berperan dalam melancarkaan pencernaan, sehingga mencegah sembelit dan penyakit terkait pencernaan lainnya.

6. Menyehatkan rambut dan kulit kepala

Manfaat mangga yang terakhir adalah menyehatkan rambut dan kulit kepala Anda. Pasalnya, kandungan vitamin A yang tinggi di dalam mangga dibutuhkan oleh rambut untuk memproduksi sebum agar tidak menjadi kering. Tak hanya itu, kandungan vitamin A dan vitamin C pada mangga juga bagus untuk pertumbuhan jaringan kulit kepala dan struktur rambut Anda.

Itu tadi 6 manfaat mangga yang patut Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasinya Go Dok di sini.