Seks Sehat; Faktor Penentu Kualitas Hubungan Anda dan Pasangan

seks sehat

GoDokSeks sehat Seks; perkara yang tidak akan pernah berhenti dibahas -khususnya oleh Anda yang telah memiliki pasangan. Nah, dari sekian banyak pertanyaan seputar seks, mungkin Anda sering bertanya-tanya, ‘bagaimana sih cara menerapkan seks yang tidak hanya menyenangkan, tapi juga sehat?”. Penasaran?

Yuk, cari tahu 5 indikator seks sehat lewat penjelasan lengkap di bawah ini!

1. Good enough sex

Ternyata, salah satu indikator seks sehat adalah frekuensi yang tidak terlalu sering; namun juga tidak terlalu jarang. Singkatnya, And harus sering mengompromikan gairah seksual dengan pasangan agar tercapainya kuantitas seks yang cukup -atau good enough. Ingat! Berhubungan seks itu layaknya makan, lho! Ada kalanya Anda atau pasangan merasa ‘lapar’, tapi tidak jarang juga muncul perasaan enggan karena ‘kenyang’.

Dengan mengompromikan jadwal berhubungan seks bersama pasangan, Anda secara tidak langsung telah membina hubungan yang ideal untuk pemenuhan gairah dan ikatan emosional. Jadi, jangan jadi pasangan yang ‘egois’, ya!

2. Jangan lupa foreplay!

Ada kalanya karena gairah seksual yang menggebu, suami memaksakan penetrasi tanpa ‘pemanasan’ terlebih dahulu, Padahal, hal ini dapat membuat pasangan Anda merasa tidak nyaman, lho!

Faktanya, foreplay dimanfaatkan bukan untuk merangsang gairah seksual pasangan saja, tapi juga untuk meningkatkan produksi pelumas alami. Nah, pelumas inilah yang dapat menurunkan risiko cedera pada organ vital sekaligus meningkatkan kualitas seks bagi kedua belah pihak.

3. Konsentrasi

Konsentrasi; salah satu indikator seks sehat yang sering disepelekan. Karena usia pernikahan yang semakin bertambah, tidak jarang suami ataupun istri mulai menganggap seks sebagai sebuah kewajiban; bukan lagi sebagai kegiatan yang menyenangkan. Karenanya, tidak heran jika salah satu atau kedua belah pihak akan mulai kehilangan konsentrasi ketika cumbuan dimulai.

Padahal, konsentrasi yang baik saat berhubungan seks sangatlah penting untuk dipelihara, lho! Sebab dengan berkonsentrasi, Anda akan lebih mudah memahami keinginan pasangan sekaligus menigkatkan kualitas orgasme.

4. Jaga eye contact

Terdengar aneh dan mengada-ngada, namun eye contact terbukti dapat membuat kehidupan seks Anda lebih sehat dan bermakna. Ya, dengan menjaga eye contact, ikatan emosional Anda dan pasangan akan meningkat, Jika sudah begitu, seks bukan hanya bermanfaat untuk pemenuhan kebutuhan fisik saja, tapi sudah mulai berubah sebagai syarat tercukupinya kebutuhan mental.

5. Jangan malas mencoba posisi baru!

Indikator seks sehat yang terakhir adalah kesediaan Anda dan pasangan untuk mencoba posisi baru. Perlu diketahui bahwa salah satu keluhan yang paling sering dirasa oleh pasangan yang sudah lama menikah adalah keengganan salah satu pihak untuk mencoba posisi seks yang baru. Tidak mengherankan! Karena posisi seks yang itu-itu saja akan membuat kegiatan seks Anda berjalan secara monoton.

Untuk menghindarinya, ada baiknya Anda mengajak pasangan untuk mencari referensi posisi seks baru yang nyaman bagi kedua belah pihak. Banyak, lho, sumber referensi yang dapat dicoba; mulai dari buku hingga video. Ayo, bereksperimen!

Itu tadi 5 indikator seks sehat yang harus Anda dan pasangan ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Diskusikan permasalahan kesehatan seputar seks Anda dengan Tim Dokter Go Dok, langsung dari Smartphone, GRATIS! Download aplikasinya di sini.