Sebelum Terlambat; Yuk, Kenali Gejala Kanker Tenggorokan

gejala kanker tenggorokan

GoDok- Gejala kanker tenggorokanKanker; salah satu penyakit mematikan yang jadi momok bagi setiap orang. Dari sekian banyak jenis kanker yang Anda ketahui, kanker tenggorokan mungkin masih terdengar asing.

Kenali lebih dekat penyakit kanker tenggorokan dengan menyimak 7 gejala kanker tenggorokan berikut!

1. Suara yang berubah

Gejala kanker tenggorokan yang pertama adalah berubahnya suara menjadi serak dan tidak jelas. Memang, sebagian dari Anda mungkin akan menganggap hal ini sebagai sesuatu yang lazim; apalagi jika menimpa kaum pria yang sedang menginjak masa pubertas. Namun, waspadai perubahan suara yang terjadi di usia pra-pubertas, apalagi jika kondisinya bertambah parah seiring dengan berjalannya waktu! Karena perubahan ini bisa saja mengindikasikan adanya pertumbuhan sel abnormal di tenggorokan Anda.

2. Sakit pada tenggorokan & sulit menelan

Selain perubahan suara, gejala kanker tenggorokan bisa ditandai dengan nyeri pada tenggorokan disertai dengan kesulitan menelan. Karena hampir serupa dengan gejala flu, banyak yang menganggap remeh kondisi ini. Padahal, semakin lama dibiarkan, sel kanker akan semakin ganas dan menyebar ke anggota tubuh yang lain.

3. Telinga berdengung

Apa yang terlintas di benak Anda ketika telinga mulai berdengung? Mungkin, Anda akan mengira bahwa telinga telah kemasukan air. Padahal, kondisi ini juga bisa menjadi pertanda adanya pertumbuhan sel kanker di tenggorokan, lho! Karenanya, jika dengungan tidak kunjung mereda, ada baiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter demi mendapatkan penanganan medis yang tepat.

4. Benjolan di leher

Gejala kanker tenggorokan yang selanjutnya adalah munculnya benjolan di leher. Tidak seperti benjolan non-kanker, benjolan khas kanker tenggorokan akan terasa padat dan keras jika diraba. Jika kondisi ini dibiarkan terus berlanjut, maka besar risiko benjolan dapat menyebar ke bagian tubuh lain, seperti area bawah mata dan rahang.

5. Berat badan turun drastis

Seperti halnya jenis kanker lain, kanker tenggorokan juga kerapkali membuat penderitanya kehilangan berat badan dalam jumlah yang signifikan. Selain itu, penderita juga akan mengeluhkan sistem kekebalan tubuh yang menurun sehingga mudah sekali terinfeksi penyakit.

6. Batuk kronis

Tiba-tiba terserang batuk yang tidak kunjung sembuh? Jangan lengah! Karena batuk kronis merupakan gejala kanker tenggorokan yang perlu diwaspadai. Berbeda dengan batuk karena kondisi medis yang lain, batuk kronis akibat kanker tenggorokan tidak akan sembuh walaupun sudah ditangani dengan penggunaan obat-obatan. Karenanya, jangan tunda keputusan Anda untuk berkonsultasi ke dokter!

7. Nafas berbunyi

Gejala kanker tenggorokan yang terakhir adalah nafas yang berbunyi. Kondisi yang dikenal juga dengan istilah ‘mengi’ ini memang umum terjadi ketika Anda terserang flu. Namun, jika mengi tidak kunjung reda, maka bisa jadi hal ini merupakan gejala kanker tenggorokan yang harus mendapatkan penanganan medis segera.

Itu tadi 7 gejala kanker tenggorokan yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya jawab dengan Tim Dokter Go Dok seputar permasalahan kesehatan Anda.