Sebelum Terlambat, Yuk, Kenali 10 Gejala Kanker Lambung

Gejala kanker lambung

GoDok- Gejala Kanker Lambung- Rasanya, tubuh akan selalu bergidik setiap kali mendengar kata ‘kanker’. Bagaimana tidak! Selain dikenal mematikan, kanker juga tersohor sebagai penyakit yang belum ditemukan obatnya hingga kini. Nah, dari sekian banyak kanker yang siap mengintai Anda dan keluarga, kanker lambung merupakan jenis yang patut diwaspadai.

 Sebelum terlambat, yuk, kenali 10 gejala kanker lambung lewat penjelasan berikut ini!

1. Kesulitan menelan

Gejala kanker lambung yang pertama adalah kesulitan menelan. Kondisi medis yang juga dikenal dengan istilah ‘disfagia’ ini terjadi karena otot pada dinding esofagus melemah akibat terpapar sel kanker. Akibatnya, makanan akan sulit didorong ke lambung.

2. Mudah kenyang & sering sendawa

Selanjutnya, waspadai kondisi di mana perut mudah terasa kenyang; serta kebiasaan sendawa yang di luar batas normal (20-40 kali/jam)! Mengapa? Karena dua hal tadi bisa saja menjadi pertanda adanya pertumbuhan sel kanker dalam lambung Anda.

3. Terganggunya sistem pencernaan

Perkembangan jaringan tumor ganas pada lambung kerapkali membuat penderitanya mengeluhkan beberapa gangguan pada sistem pencernaan, seperti sembelit dan mulas. Karenanya, jangan tunda keputusan Anda untuk berkonsultasi ke dokter jika terbukti mengalami kondisi tadi, ya!

4. Perut sering terasa kembung

Karena saru dengan gejala masuk angin, banyak orang kemudian menganggap sepele keluhan perut yang sering terasa kembung. Padahal, hal ini bisa jadi pertanda kanker lambung, lho! Ya, pertumbuhan sel abnormal dalam lambung terbukti dapat menghambat proses pembuangan sisa-sisa makanan. Akibatnya, perut akan terasa kembung dan terlihat membuncit.

5. Mual dan muntah

Gejala kanker lambung yang selanjutnya adalah mual dan muntah. Berbeda dengan mual dan muntah karena penyakit lain, mual dan muntah akibat kanker lambung umumnya muncul dengan frekuensi yang sering dan intesitas yang padat.

6. Nyeri tulang dada dan perut

Seperti yang telah Anda ketahui, sel kanker dapat berkembang dan menginfeksi jaringan tubuh yang lain. Inilah yang turut terjadi pada kasus kanker lambung. Karena tidak mendapatkan penanganan dengan segera, sel kanker dapat menjalar ke organ lain di sekitar lambung -seperti dada. Karenanya, tidak heran jika penderita kanker lambung kemudian sering mengeluhkan nyeri pada perut dan tulang dada.

7. Dada terasa panas

Sensasi panas pada dada -atau dikenal juga dengan istilah ‘heartburn’– ternyata dapat menjadi salah satu gejala kanker lambung. Tidak mengherankan! Sebab keberadaan sel ganas pada lambung terbukti dapat merangsang kenaikan asam lambung ke tubuh bagian atas -termasuk dada dan tenggorokan.

8. Feses mengandung darah

Pada kasus kanker lambung stadium lanjut, penderita biasanya mengeluhkan feses yang mengandung bercak darah. Kok bisa? Ternyata, sel kanker dapat membuat jaringan lambung menjadi rapuh sehingga mudah berdarah. Lama-kelamaan, darah akan bercampur dengan enzim lambung dan keluar bersamaan dengan feses. Mengerikan!

9. Perut membengkak

Perut tiba-tiba membengkak layaknya ibu hamil? Hati-hati, karena kondisi ini merupakan pertanda kanker lambung stadium lanjut! Seyogyanya, pembengkakan dipicu oleh perkembangan sel kanker yang sudah menyebar ke rongga perut sehingga memicu penumpukan cairan.

10. Kulit & mata berwana kekuningan

Gejala kanker lambung yang terakhir adalah kulit serta mata yang perlahan terlihat menguning. Faktanya, hal ini diakibatkan oleh penyebaran sel kanker yang sudah sampai ke organ hati. Dampaknya, hati tidak dapat bekerja secara optimal dalam mengolah billirubin sehingga memicu penumpukan di dalam darah. Jika sudah begitu, maka jangan heran jika mata dan kulit perlahan terlihat menguning.

Itu tadi 10 gejala kanker lambung yang harus Anda waspadai. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.