Sebelum Terlambat, Ada Baiknya Anda Kenali 7 Penyebab Kanker Darah

Penyebab kanker darah

GoDok- Penyebab kanker darah- Kanker darah; mendengar namanya saja, Anda bisa dibuat bergidik. Bagaimana tidak! Selain dikenal sebagai penyakit yang sering merenggut nyawa penderitanya, hingga kini belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan kanker darah secara total. Mengerikan, bukan?

Yuk, hindari penyakit mematikan ini dengan menyimak 7 penyebab kanker darah berikut ini!

1. Kelainan genetika

Penyebab kanker darah yang pertama adalah kelainan genetika. Ya, studi terakhir mengungkapkan bahwa kelainan genetika pada seseorang -seperti yang ditemukan pada penderita down syndrome– terbukti meningkatkan risiko menderita kanker darah.

2. Kebiasaan merokok

Hayo, ngaku! Siapa di antara Anda yang gemar merokok? Ternyata, selain buruk bagi kesehatan jantung dan paru-paru, merokok juga terbukti meningkatkan risiko Anda terkena kanker darah -atau leukimia. Dari sekian banyak jenis kanker darah yang siap mengintai para perokok, kanker darah  mielogen akut merupakan jenis yang harus diwaspadai. Jadi, yakin masih mau merokok? Lebih baik pikir-pikir ulang!

3. Riwayat keluarga

Penyebab kanker darah yang selanjutnya adalah riwayat keluarga yang pernah atau tengah menderita penyakit serupa. Memang, terlahir di keluarga dengan riwayat kanker darah bukanlah sesuatu yang dapat Anda hindari. Namun, setidaknya dengan mengetahui bahwa hal ini merupakan faktor peningkat risiko, Anda bisa melakukan langkah-langkah pencegahan sejak dini. Jangan patah semangat!

4. Paparan radiasi atau bahan kimia tertentu

Jarang yang mengetahui bahwa kanker darah juga bisa dipicu oleh paparan radiasi atau bahan kimia tertentu. Untuk paparan radiasi, biasanya hal ini sering dialami oleh mereka yang bekerja di pusat pengembangan reaktor nuklir. Sedangkan untuk faktor terakhir -yaitu paparan bahan kimia tertentu-, biasanya hal ini dialami oleh mereka yang sering terkena benzena (senyawa kimia yang terkandung di dalam bensin).

5. Pengalaman menjalani pengobatan kanker

Kemoterapi -khususnya yang memanfaatkan radiasi sinar radiokatif- memang kerap dianggap sebagai alternatif pengobatan kanker yang layaknya pedang bermata dua. Di satu sisi, cara ini dianggap ampuh untuk membunuh sel kanker. Namun, di sisi lain kemoterapi terbukti dapat memengaruhi sel di tingkatan DNA. Inilah mengapa mereka yang pernah menjalani pengobatan serupa terbukti lebih rentan terkena kanker darah.

6. Jenis kelamin dan umur

Jenis kelamin dan umur -dua faktor peningkat risiko kanker darah yang sering terlewat. Faktanya, semakin bertambah usia Anda, maka semakin rentan pula Anda menderita penyakit mematikan ini.  Selain itu, banyak studi mengungkapkan bahwa pria lebih berisiko mengidap beberapa jenis kanker darah (CLL, CML, dan AML) dibanding wanita. Mengejutkan, bukan?

7. Rendahnya sistem imun

Terakhir, penyebab kanker darah yang harus diketahui adalah rendahnya sistem imun. Biasanya, hal ini terjadi pada mereka yang hendak menjalani operasi transplantasi organ. Untuk menekan kemungkinan adanya penolakan tubuh terhadap organ baru, pasien biasanya disarankan untuk mengonsumsi obat-obatan penekan sistem imun. Nah, salah satu bahaya dari prosedur ini adalah semakin rentannya tubuh terkena kanker darah.

Itu tadi 7 penyebab kanker darah yang patut Anda ketahui dan waspadai. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.