Sarapan untuk Penderita Diabetes Ini Patut Dicoba, Lho!

sarapan untuk penderita diabetes

Go Dok – Sarapan untuk penderita diabetes- Mengidap penyakit diabetes memang menyebalkan. Anda harus memilih makanan yang akan di konsumsi dan Anda pun harus mengatakan selamat tinggal pada makanan favorit, karena kandungan gulanya yang cenderung tinggi. Menu sarapan Anda terpaksa hambar agar diabetes Anda tidak bertambah parah. Tenang saja! Ada beberapa menu alternatif agar sarapan tetap menyenangkan tanpa mengkhawatirkan diabetes Anda.

Berikut menu sarapan untuk penderita diabetes dari Go Dok yang bisa Anda coba!

Kesalahan yang umum terjadi adalah pemahaman bahwa sarapan tidak dibutuhkan oleh penderita diabetes. Berdasarkan informasi yang dilansir oleh Rd.com, riset menunjukkan bahwa dengan meninggalkan sarapan, Anda justru meninggikan tingkat risiko terkena obesitas dan resisten terhadap insulin. Selain itu, ketika Anda menyempatkan untuk sarapan, Anda akan lebih tahan terhadap godaan makanan yang berlemak dan berkalori tinggi di siang hari nantinya.

Lantas, menu sarapan apa yang aman untuk penderita diabetes. Anda bisa mencoba menu sarapan seperti:

1. Produk susu rendah lemak

Sarapan untuk penderita diabetes yang pertama yaitu produk susu rendah lemak. Jika Anda terbiasa untuk minum susu atau memakan yogurt di pagi hari, Anda tetap bisa menikmatinya. Hanya saja, Anda bisa mengganti susu yang rendah lemak. Bahkan, Anda disarankan tidak membuang produk susu dari menu sarapan Anda.

Berdasarkan informasi dari Livestrong.com, susu rendah lemak, yogurt, dan keju rendah lemak  memiliki tingkat indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak memengaruhi kadar insulin pada tubuh Anda setelah makan. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan protein dan kalsium yang bermanfaat.

2. Sereal gandum utuh

Bagi Anda yang terbiasa beraktivitas berat sehari-harinya, Anda bisa mencoba semangkuk sereal dengan gandum utuh. Tapi, pastikan sereal tersebut juga rendah gula yang dicampur dengan susu rendah lemak atau oatmeal polos. Menu ini disarankan sebagai sarapan penderita diabetes karena sereal mengandung serat, vitamin, dan mineral, serta ramah bagi penderita diabetes. Jika Anda butuh pemanis, Anda bisa menambahkan potongan buah agar terbebas dari gula!

3. Buah utuh sebagai pengganti jus

Sarapan untuk penderita diabetes yang terbiasa mengonsumsi  jus buah, bisa Anda ganti dengan mengonsumsi buah utuh pada pagi hari. Mengapa demikian? Jus merupakan sumber dari konsentrasi karbohidrat dan kekurangan serat asli dari buah aslinya. Selain itu, buah utuh juga akan membantu Anda mengontrol rasa lapar dengan memberikan rasa puas dan kenyang. Tertarik?

4. Mengganti gula dengan kayu manis

Jangan khawatir, Anda tetap bisa menikmati secangkir kopi atau teh favorit Anda di pagi hari tanpa rasa bersalah, lho! Anda bisa mengganti gula pada campuran teh atau kopi dengan kayu manis. Gunakan setangkai kayu manis untuk mengaduk teh Anda, atau tambahkan setengah sendok teh bubuk kayu manis sebelum memanaskan kopi.

5. Omelet sayur

Sarapan untuk penderita diabetes yang terakhir dengan mengonsumsi omelet sayur. Pilihan sarapan omelet merupakan menu sarapan penderita diabetes yang tepat. Pada satu porsi omelet mengandung 6 gram protein menurut Egg Nutrition Center. Namun, jangan lupa untuk mengganti daging serta sos dengan sayuran-sayuran favorit Anda. Menggiurkan, bukan?

Hal utama dalam mengatur kandungan nutrisi dan gula bagi tubuh Anda adalah dengan mengetahui porsi karbohidrat yang tepat setiap Anda makan. Anda bisa mendatangi dokter untuk memeriksa keadaan tubuh Anda. Jika angka tersebut sudah didapatkan, Anda bisa mulai mengatur menu sarapan Anda.

Itu tadi menu sarapan untuk penderita diabetes yang bisa Anda terapkan di rumah. Selamat mencoba!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.