Sakit Maag? Ini Panduan Lengkap Puasa bagi Penderita Maag

Panduan lengkap puasa bagi penderita maag
Bagaimana dengan mereka yang menderita penyakit maag kambuhan? Bolehkah menjalani puasa? Adakah tips menjalani puasa bagi penderita maag?

GoDokPanduan Lengkap Puasa bagi Penderita MaagBagi Anda umat muslim, pasti sering mendengar ucapan bahwa bulan Ramadhan merupakan rahmat bagi alam dan semua umat. Karenanya, setipa orang berlomba-lomba untuk menjalani ibadah puasa dengan sungguh-sungguh. Lalu, bagaimana dengan mereka yang menderita penyakit maag kambuhan? Bolehkah menjalani puasa? Adakah tips menjalani puasa bagi penderita maag?

Tenang! Berikut Go Dok paparkan 8 panduan lengkap puasa bagi penderita maag:

1. Hindari makanan atau minuman yang tinggi kandungan gasnya

Bagi Anda penderita maag, sangat disarankan untuk menghindari beberapa jenis makanan dan minuman yang tinggi kandungan gasnya. Mengapa? Sebab, konsumsi bahan pangan tersebut dapat merangsang produksi berlebih asam lambung pemicu kambuhnya maag.

Berikut rincian lengkapnya:

  • Pisang ambon, kedondong, nangka, sawi, kol, dan makanan berlemak.
  • Minuman berkarbonasi.
2. Hindari beberapa jenis sumber karbohidrat yang memicu perut kembung

Apa saja jenis sumber kabohidrat yang memicu perut kembung? Salah satunya adalah jagung, ketan, singkong, talas, dan mi instan.

3. Jangan menunda buka! 

Panduan lengkap puasa bagi penderita maag yang satu ini sangat penting. Ketika adzan sudah berkumandang, segera tutup puasa Anda dengan meneguk air putih, lalu diiringi konsumsi buah atau kudapan ringan dalam porsi yang kecil. Setelah itu, Anda baru dapat mengonsumsi makanan utama yang berkalori tinggi. Tapi, ingat ya! HIndari makan dalam jumlah berlebih, sebab hal ini dapayt membuat lambung Anda kaget.

4. Pilih karbohidrat kompleks

Saat melaksanakan sahur, Anda yang memiliki penyakit maag diharapkan memperbnayak konsumsi bahan pangan dengan kandungan karbohidrat kompleks. Tujuannya tidak lain agar perut terasa kenyang lebih lama. Bahan pangan yang vdimaksud termasuk:

5. Hindari bahan pangan pengiritasi lambung

Tahukah Anda, bahwa beberapa bahan pangan ternyata dapat mengiritasi lambung? Hal ini tentunya sangat berbahaya bagi penderita maag sebab dapat membuat penyakit kemabli kambuh. Berikut daftar lengkap bahan pangan pengiritasi lambung yang perlu diketahui:

  • Makanan pedas, seperti rujak, rendang, dll.
  • Makanan yang mengandung cuka, seperti rujak bogor.
  • Makanan yang menggunakan merica berlebih
  • Makanan dengan bumbu berlebih
6. Hindari minuman berkafein

JIka Anda termasuk penderita maag yang menggemari kopi dan teh; maka, ada baiknya untuk menghindari terlebih dahulu 2 jenis minuman tersebut selama bulan Karena tentunya Anda tidak ingin puasa terhambat karena maag kambuh, bukan?

7. Hindari makanan pemicu naiknya asam lambung

Beberapa jenis makanan yang dimaksud adalah coklat, jeruk, lemon, dll.

8. Jangan tidur setelah sahur!

Meskipun tedengar asing, namun penderita maag sangat tidak disarankan untuk langsung tidur setelah makan sahur. Mengapa? Karena kebiasaan ini terbukri dapat memicu naiknya asam lambung ke atas. Inilah yang akan menyebabkan timbulnya sensasi panas di kerongkongan, bau mulut, perut kembung, hingga rasa mual dan ingin muntah.

Itu tadi 8 panduan lengkap puasa bagi penderita maag. Jadi, terbukti bahwa penderita maag masih bisa menjalankan puasa; asalkan ia cermat dalam memilih dan memilah makanan serta aktivitas yang dilakukan di bulan Ramadhan.

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.