Rutinitas untuk Menambah Tinggi Badan yang Wajib Anda Coba

rutinitas untuk menambah tinggi badan
Hati-hati! Obat peninggi badan bisa jadi membahayakan diri Anda. Karenanya, lebih baik jika Anda meninggikan badan dengan membiasakan 4 rutinitas berikut ini!

GoDok – Rutinitas untuk Menambah Tinggi Badan – Memiliki badan tinggi dan kaki panjang nan jenjang bak model, wanita mana yang tidak mau? Memang bukan rahasia lagi bahwa badan yang tinggi semampai dapat membuat Anda terlihat semakin menarik. Namun, sebagian besar perempuan Indonesia cenderung memiliki tinggi rata-rata sebatas 160 cm.  Berbeda halnya dengan model-model kenamaan asal negera Barat yang tingginya bahkan bisa menyaingi pebasket Indonesia. Karenanya, banyak perempuan yang ingin menambah tinggi badan dengan cara instan.

Nah, demi menambah tinggi badan, banyak yang kemudian memilih mengonsumsi obat-obatan yang dijual online. Padahal, tidak sedikit dari obat-obatan tersebut yang bahkan tidak berlabel legal. Awas! Jika tak hati-hati, peninggi badan tersebut bisa jadi membahayakan diri Anda. Karenanya, lebih baik jika Anda meninggikan badan dengan membiasakan rutinitas untuk menambah tinggi  badan berikut ini :

Rutinitas untuk menambah tinggi badan

1. Berolahraga

Rutinitas untuk menambah tinggi badan yang pertama dengan olahraga. Selain bagus untuk tubuh, olahraga juga bisa menambah tinggi badan. Bahkan, beberapa olahraga bisa menjadi cara terbaik untuk menambah tinggi badan Anda. Apa saja olahraga olahraga tersebut?

  • Berenang memang sejak lama dipercaya mampu menambah tinggi badan karena dapat meregangkan tulang belakang dan melepaskan hormon yang meningkatkan ukuran tulang.
  • Skipping atau lompat tali merupakan permainan yang sangat disukai oleh anak-anak. Anda juga sering melakukan permainan ini kan waktu kecil, bukan? Denganrutin melakukan skipping, Anda bisa meninggikan badan sekaligus membuatnya lebih sehat. Suplai darah akan meningkat dan tekanan pada tulang panjang pada tubuh tumbuh menjadi lebih tinggi. Hebat, bukan?

(Baca: Olahraga Ringan di Kantor dan Manfaatnya)

2. Melakukan peregangan

Peregangan dipercaya menjadi rutinitas untuk menambah tinggi badan Anda, lho! Berikut beberapa peregangan yang dapat Anda coba untuk meninggikan badan :

  • Leg strecth, dapat Anda lakukan dengan menempatkan kedua kaki di depan. Jangkau dan sentuh jari-jari Anda tanpa membungkuk. Tahan selama 10 detik dan ulangi lagi sebanyak 5 kali.
  • Sky strecth, dapat Anda lakukan dengan berdiri lurus dan meregangkan tangan setinggi mungkin sampai jari-jari kaki juga ikut menjinjit. Tahan posisi ini selama 10 detik dan ulangi lagi sebanyak 5 kali.
  • Vertical bend, dilakukan dengan berdiri dan meregangkan kaki sedikit, lalu perlahan membungkuk. Cobalah untuk menyentuh lantai tanpa menekuk lutut. Dengan begitu, tulang belakang akan menjadi fleksibel.
  • Side bend, dilakukan dengan berdiri secara vertikal dan menekuk tubuh ke samping sembari meregangkannya sejauh yang Anda Tahan posisi tersebut selama 15 detik, lalu ulangi pada bagian sisi lain tubuh.

(Baca: Langkah-langkah yang Harus Diperhatikan dalam Berolahraga)

3. Makanan yang sehat

Tak perlu diragukan lagi, bahwa makanan sehat memang sangat bagus untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang-tulang dalam tubuh. Karenanya, konsumsilah makanan dengan kandungan vitamin D yang berfungsi untuk menunjang pertumbuhan tulang. Kandungan ini bisa Anda dapatkan dari ikan, jamur, telur, dan juga tahu. Selain itu, konsumsilah pula makanan yang mengandung kalsium serta zat besi tinggi, seperti keju, sayuran hijau, sardin, telur, cokelat, asparagus, dan lainnya.

(Baca: Hanya Mengonsumi Sayur dan Buah, Sehatkah?)

4. Tidur yang cukup

Jarang yang tahu bahwa tidur merupakan salah satu rutinitas untuk menambah tinggi badan.  Kenapa tidur mampu meninggikan badan Anda? Sebab pertumbuhan badan dan jaringan terjadi ketika Anda sedang terlelap. Di saat inilah otak akan melepaskan hormon pertumbuhan dan merangsang peninggian berat badan.  Sebaliknya, jika Anda tidak tidur dengan nyenyak, hormon pertumbuhan akan diproduksi dalam jumlah yang rendah sehingga Anda hanya mendapatkan tinggi rata-rata. Sedih, bukan? Rata-rata, seorang remaja membutuhkan tidur sebanyak 8 hingga 11 jam ntuk menambah tinggi badan.

(Baca: Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur)

Nah, itu dia 4 rutinitas untuk menambah tinggi badan Anda.  Bagaimana? Tertarik untuk mencoba cara-cara di atas? Semoga bermanfaat!