Resep Smoothie Untuk Berbuka Puasa yang Harus Anda Coba

Resep smoothie untuk berbuka puasa

Go Dok – Resep Smoothie untuk Berbuka Puasa – Apakah Anda salah satu penggemar smoothies? Jika iya, tentunya akan menyenangkan bagi Anda jika menjadikan smoothies sebagai salah satu menu berbuka puasa di bulan Ramadhan ini.  Pasalnya, selain rasanya yang segar, smoothies juga menyimpan banyak nutrisi yang bergizi.

Bagi Anda yang belum tahu, smoothie adalah suatu minuman kental yang terbuat dari campuran buah atau sayuran mentah dengan bahan lain, seperti air, es, produk susu atau pemanis. Karena tinggal mencampur semua bahan dengan blender, smoothie cukup mudah untuk dibuat. Tak hanya untuk berbuka, Anda dapat pula menambahkan smoothie sebagai menu alternatif atau tambahan saat sahur. Sebab, minuman yang satu ini juga membantu mengenyangkan dan terjamin sehat untuk berpuasa.

Yuk simak resep smoothie untuk berbuka puasa yang harus Anda coba berikut ini!

1. Mix Fruits Smoothie

Nah, resep smoothie untuk berbuka puasa pertama adalah smoothie campuran dari beberapa buah yang takarannya dapat disesuaikan dengan selera Anda. Jangan lupa untuk tambahkan pisang sebagai sumber energi, ya!

Bahan-bahan :

  • 1 buah pisang yang dingin dan segar sudah dipotong-potong
  • 1 ½ gelas jus buah bebas apa saja tanpa gula
  • ½ buah dingin atau beku yang sudah dipotong-potong
  • 1 gelas yoghurt

Cara pembuatannya, Anda cukup mencampur seluruh bahan-bahan di atas menggunakan blender. Dan boleh tambahkan sedikit es, gula atau susu kacang kedelai. Tapi, untuk gula sedikit saja, ya!

2.  Avocado Detox Smoothie

Resep smoothie untuk berbuka puasa yang harus Anda coba selanjutnya adalah campuran alpukat. Harus Anda tahu, bahwa alpukat mengandung vitamin B, C dan K. Menurut sebuah studi, alpukat dapat membantu menjaga kesehatan kardiovaskular, mengurangi peradangan sendi, meningkatkan kesehatan mata, memperkuat tulang, dan membantu menurunkan berat badan. Hebat, bukan? Karenanya, akan lebih nikmat jika alpukat Anda nikmati dengan smoothies. Hmm, yummy!

Bahan-bahan :

  • 1 ½ gelas jus apel
  • 2 gelas bayam atau kubis yang sudah dipotong-potong
  • 1 apel yang belum dikupas dan sudah dipotong-potong
  • ½ alpukat yang sudah dipotong-potong

Untuk membuatnya, Anda cukup mencampur seluruh bahan-bahan di atas menggunakan blender. Lalu, tambahkan es batu dan sedikit air bila Anda ingin. Tapi, jangan tambahkan gula, ya! Agar manfaat dalam smoothies ini benar-benar bekerja sebagai penetral racun di dalam tubuh.

3. Triple Tower Smoothie

Triple tower smoothie merupakan sebuah versi baru dari resep smoothies untuk berbuka puasa lainnya, di mana 3 varian rasa yang berbeda ditumpuk menjadi satu. Bagaimana rasanya?  Yuk, dicoba!

Bahan-bahan :

  •  3 buah pisang
  • 200 gram mangga
  • 200 gram buah naga
  • 180 cc susu putih
  • 1 sdm matcha yang sudah dilarutkan air panas

Cara pembuatan :

  1. Campurkan 1 pisang dengan bubuk matcha yang sudah halus dan susu 60 cc. Taruh di dasar paling bawah gelas.
  2. Campurkan 1 pisang, 60 cc susu, dan mangga menggunakan blender. Taruh di atas smoothies matcha yang ada di dasar gelas.
  3. Campurkan 1 pisang dengan buah naga dan 60 cc susu dengan blender. Tuangkan di atas smoothie Ketika smoothie tersebut jangan diaduk atau di campurkan kembali. Biarkanlah menjadi 3 bagian bentuk berbeda dalam 1 gelas tersebut.

Dan, selesai! Anda bisa menikmatinya saat berbuka puasa dengan sebelumnya menaruh di kulkas agar lebih dingin dan segar.

4. Oatmeal and Banana Smoothie

Terakhir, resep smoothie untuk berbuka puasa yang harus Anda coba berikut ini sangat nikmat dan mengenyangkan, lho! Yuk, simak langkah pembuatannya berikut ini :

Bahan-bahan :

Cara pembuatannya, campurkan oatmeal, susu, pisang, madu dan es batu secukupnya dengan blender. Tuang ke gelas dan taburi bubuk kayu manis di atasnya.

Nah, beberapa contoh di atas bisa menjadi salah satu pilihan dalam resep smoothies untuk berbuka puasa yang harus Anda coba, lho! Selamat berpuasa!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari SmartphoneDownload aplikasinya di sini.