Rematik Atau Rheumatoid Arthritis, yang Harus Anda Ketahui

rematik atau rheumatoid arthritis
Rematik atau Rheumatoid Arthritis merupakan sebuah kondisi di mana sendi di beberapa bagian tubuh -seperti pergelangan tangan, tangan, kaki, dan lutut- mengalami peradangan kronis.

GoDok- Rematik atau rheumatoid arthritis- Mungkin, Anda kurang akrab dengan penyakit rheumatoid arthritis. Tapi, familiarkah Anda dengan penyakit rematik? Ternyata, dua nama penyakit tadi mengacu pada gangguan kesehatan yang sama. Daripada salah kaprah; yuk, kenali rematik lebih dalam melalui penjabaran lengkap berikut ini!

Apa itu Rematik atau Rheumatoid Arthritis?

Rematik atau Rheumatoid arthritis merupakan sebuah kondisi di mana sendi di beberapa bagian tubuh -seperti pergelangan tangan, tangan, kaki, dan lutut- mengalami peradangan kronis. Inilah alasannya mengapa penderita penyakit ini sering mengeluhkan rasa nyeri dan ngilu di bagian tubuh tersebut.

Apakah yang menjadi penyebab timbulnya penyakit rematik? Ternyata, kesalahan kerja sistem imunitas tubuhlah yang menjadi dalangnya. Alih-alih melawan infeksi pemicu penyakit, sistem imun malah menyerang sel sehat di persendian. Karenanya, tidak heran jika penyakit ini digolongkan ke dalam kelompok penyakit auto-imun.

Lebih lanjut, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan seseorang lebih rentan menderita rheumatoid arthritis, seperti:

  • Pengaruh hormon; tingginya kadar estrogen dalam tubuh wanita menyebabkan mereka lebih rentan terkenda penyakit ini daripada para pria
  • Genetika; meskipun memiliki persentase yang rendah, banyak penelitian yang mengemukakan bahwa genetika tetaplah berperan dalam menentukan tingkat risiko seseorang menderita rheumatoid arthritis.
  • Lingkungan; tenyata, semakin sering Anda terpapar asap rokok, maka semakin besar pula kemungkinan Anda menderita rheumatoid arthritis.
Gejala Rematik atau Rheumatoid Arthritis

Segera konsultasikan kesehatan Anda ke dokter atau rumah sakit terdekat jika terbukti mengalami beberapa gejala rematik atau rheumatoid arthritis berikut ini:

  1. Sendi yang terasa nyeri, ngilu, dan kaku. Gejala ini biasanya akan bertambah buruk bila Anda habis duduk terlalu lama, atau sedang berada di lingkungan dengan suhu dingin.
  2. Sendi mengalami peradangan dan pembengkakan. Dalam beberapa kasus, sendi bahkan terlihat memerah dan terasa hangat bila diraba.
  3. Gejala lain, seperti demam, penurunan berat badan, sering mengalami kesemutan, mudah lelah dan lemah, serta munculnya benjolan (nodul) di bawah kulit.
Tangani Rematik atau Rheumatoid Arthritis dengan Cara Ini!

Untuk menangani rematik atau rheumatoid arthritis, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter. Terkait obat, jenis yang paling sering diresepkan biasanya obat yang termasuk pada golongan analgesik, anti-inflamasi non-steroid, anti-rematik, dll.

Namun, tahukah Anda, bahwa terdapat beberapa cara jitu yang dapat dipraktikkan demi mempercepat proses penyembuhan? Berikut daftar lengkapnya:

  1. Menurunkan berat badan. Dengan cara ini, bobot yang ditekankan pada tulang dan sendi akan berkurang sehingga risiko kambuhnya rheumatoid arthritis semakin kecil.
  2. Olahraga teratur. Dengan rajin berolahraga, Anda secara tidak langsung telah memperkuat tulang dan persendian dalam tubuh. Tapi, ingat! Konsultasikan dahulu denagn dokter terkait jenis olahraga apa saja yang boleh dilakukan.
  3. Pijat, akupuntur, dan chiropatic. Tiga solusi tersebut dipercaya dapat meredakan gejala rheumatoid arthritis.

Itu tadi serba-serbi Rematik atau Rheumatoid Arthritis, yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.