Rahasia Umur Panjang yang Dapat Anda Coba

Rahasia umur panjang
Ingin berumur panjang? Coba terapkan rahasia umur panjang ala masyarakat Jepang, Eropa Selatan dan Spanyol Ini

GoDok – Rahasia umur panjang- Setiap tahun, semua orang tentu merayakan hari kelahiran dengan berbagai macam cara. Pada event seperti ini, doa yang sama biasanya disampaikan teman dan sanak keluarga kepada yang berulangtahun : “Semoga panjang umur!” Namun, pada kenyataannya, tidak banyak orang yang benar-benar dapat memenuhi ekspektasi doa tersebut.

Namun, beberapa negara membuktikan bahwa penduduknya tidak kesulitan untuk berumur panjang. Jepang, Eropa Selatan, dan Spanyol adalah beberapa di antaranya. Panjangnya usia rata-rata penduduk di wilayah tersebut diduga berhubungan dengan diet dan gaya hidup mereka.

Berikut adalah beberapa rahasia umur panjang yang dapat Anda terapkan:

1. Diet ala Jepang

Rahasia umur panjang masyarakat jepang adalah dengan diet, lho. John Beard, Direktur Aging and Life-course dari World Health Organization (WHO) mengatakan bahwa sebagian besar penyebab orang-orang Jepang rata-rata memiliki umur di atas 64 tahun adalah diet tradisional mereka. Diet yang dimaksud mencakup banyak makanan berbahan ikan segar dan sayuran, dikombinasikan dengan daging berlemak rendah. Selain itu, infrastruktur kota yang lebih hijau serta banyaknya kegiatan luar seperti berolahraga yang dilakukan penduduk Jepang juga salah satu kunci umur panjang mereka.

2. Diet ala Mediterania (Eropa Selatan)

Rahasia umur panjang di Eropa Selatan. Lebih dari setengah populasi penduduknya dapat diharapkan mencapai umur yang lebih panjang dari 80 tahun. Diet ala Mediterania berperan besar dalam hal ini. Diet tradisional yang dimaksud terdiri dari sedikit porsi minuman anggur, sayuran segar, minyak zaitun, dan daging berlemak rendah. Tentu saja, aktivitas fisik yang konsisten dilakukan juga berpengaruh besar. Orang-orang yang mengikuti diet ini, terbukti tetap sehat hingga hari tuanya baik secara fisik maupun mental.

(Baca: Diet Mediterania untuk Dapatkan Tubuh Ideal)

3. Mandi Matahari dan Makan Sedikit

Jiroemon Kimura, seorang Jepang yang hidup hingga umur 115 tahun, mengatakan bahwa salah satu rahasia umur panjang adalah mandi matahari. Biarkan sinar matahari pagi dan sore menyentuh kulit Anda setidaknya satu kali dalam sehari. Hal ini terbukti memiliki efek memperpanjang usia. Kimura juga mengatakan resep hidup panjangnya yang lain adalah dengan menerapkan hara hachi bu, sebuah ajaran Konfusius yang mengharuskan seseorang makan hanya sampai 80% kenyang, dan tidak hingga benar-benar kenyang. Konsep ini kurang lebih sama dengan ajaran tradisional Indonesia, di mana seseorang disarankan untuk “berhentilah makan sebelum kenyang”

4. Siesta (Tidur Siang)

Siapa sangka kalo tidur siang merupakan salah satu rahasia umur panjang. Tidur siang sebenarnya amat penting bagi kesehatan tubuh kita. Sebuah penelitian baru-baru ini, yang diikuti 24.000 peserta menunjukkan bahwa pelaku tidur siang rutin memiliki kemungkinan 37% lebih kecil untuk meninggal karena penyakit jantung daripada pelaku tidur siang yang sesekali saja. Para peneliti berpikir tidur siang mungkin membantu jantung Anda dengan menjaga hormon stres tetap rendah.

(Baca: Manfaat Tidur Setelah Makan Siang)

Nah, itu dia 4 rahasia umur panjang. Selain cara-cara khusus yang telah disebutkan di atas, beberapa hal umum juga harus dibiasakan dalam keseharian Anda untuk memperoleh umur panjang. Hal-hal umum tersebut antara lain adalah jauhi merokok, jangan terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol, dan berolahraga. Jangan takut untuk memulai hidup sehat dari sekarang. Umur panjang bisa diraih siapa saja yang tidak takut mendapatkannya.

Semoga bermanfaat!