Ragu Mengonsumsi Oatmeal? Kenali Dulu Manfaatnya Bagi Kesehatan!

www.go-dok.com

Oatmeal alias haver, merupakan makanan yang terbuat dari gandum dan digadang-gadang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan para pakar kesehatan berpendapat bahwa mengonsumsi oatmeal di pagi hari berkhasiat untuk menyehatkan jantung. Meskipun begitu, banyak yang masih menolak mengonsumsi oatmeal lantaran rasanya yang hambar dan kurang lezat. Duh, sayang sekali! Padahal, dalam satu porsi oatmeal mengandung banyak kebaikan karena kaya akan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh. Tidak percaya? Ini dia penjelasan lengkapnya:

1. Menjaga berat badan

Tahukah Anda, bahwa jika dikonsumsi secara teratur, oatmeal berkhasiat untuk menjaga berat badan agar tetap stabil? Hal ini dikarenakan kandungan serat dalam oatmeal dapat meningkatkan viskositas (pengentalan) isi perut Anda.  Hasilnya, tubuh yang membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna oatmeal akan mengirim sinyal kenyang yang lebih lama.

2. Mengurangi resiko hipertensi

Kandungan serat yang tinggi pada oatmeal ternyata tidak hanya baik bagi kesehatan jantung, namun juga terbukti mampu menurunkan resiko tekanan darah tinggi. Karenanya, konsumsi oatmeal secara teratur sangat dianjurkan bagi wanita yang telah mengalami menopause sebab mereka berisiko tinggi mengalami hipertensi.

3. Mengurangi resiko penyakit jantung

Penasaran kenapa oatmeal dipercaya dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung? Hal ini dikarenakan karena kandungan antioksidannya, yaitu Avenanthramide, mampu melawan radikal bebas yang menyerang kolesterol baik (HDL) sekaligus melindungi kolesterol jahat (LDL) dari proses oksidasi.

4. Mencegah penyempitan arteri

Tahukah Anda apa itu Ateroskleorosis? Istilah ini merujuk pada kondisi di mana terjadi penumpukan plak di sepanjang lorong pembuluh darah yang kemudian menyebabkan lorong arteri menyempit. Nah, selain menurunkan resiko penyakit jantung, kandungan avenanthramide dalam oatmeal juga efektif mencegah ateroskleorosis karena senyawa ini terbukti mampu menekan produksi molekul sehingga pengerasan dinding arteri pun dapat dicegah.

5. Mencegah komplikasidiabetes

Anda atau anggota keluarga menderita diabetes? Maka, oatmeal bisa menjadi menu santap harian yang ideal. Alasannya tidak lain karena kandungan magnesium di dalamnya mampu mengatur insulin dan menjaga kadar glukosa darah agar tetap ideal seingga risiko timbulnya komplikasi diabetespun dapat dicegah. Hebat, bukan?

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selain avenanthramide, oatmeal juga mengandung serat beta-gluten. Jenis serat ini berfungsi untuk meningkatkan sistem imun karena membantu sel-sel kekebalan tubuh yang mampu melawan radikal bebas dan menyerang HDL atau dikenal sebagai Kolesterol baik. Di samping itu, senyawa ini juga melindungi Kolesterol jahat (LDL) dari proses oksidasi, yang mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

7. Memperlancar sistem pencernaan

Terakhir, kandungan serat di dalam oatmeal juga terbukti memperlancar sistem metabolisme dan pencernaan tubuh Anda. Artinya, jika rutin mengonsumsi oatmeal, Anda dapat terbebas dari masalah konstipasi (sembelit) dan perut kembung.

Nah, bagi Anda yang masih ragu untuk mengonsumsi oatmeal karena kehambarannya, cobalah mencampur oatmeal dengan susu atau gula merah atau menambahkan beberapa topping lainnya agar terasa lebih lezat dan tidak membosankan. Selain itu, Anda juga dapat mencoba menambahkan buah-buahan seperti pisang dan stroberi untuk menambah rasa. Ayo, jaga kesehatan dengan konsumsi oatmeal mulai dari sekarang!

Comments are closed.