Hindari Radang Amandel dengan Kurangi 5 Jenis Makanan Ini!

radang amandel
Radang amandel selain ditimbulkan oleh bakteri dan virus juga dipicu oleh beberapa hal  salah satunya makanan untuk  Hindari radang amandel dengan kurangi 5 jenis makanan pemicunya 

GoDok – Anda tentunya sudah sangat familiar dengan penyakit radang amandel. Ya, kondisi kesehatan yang dikenal juga sebagai tonsilitis di dunia medis ini umumnya dipicu oleh meradangnya amandel, atau tonsil, akibat paparan bakteri ataupun virus.

Perlu diketahui bahwa amandel berfungsi untuk mencegah infeksi pada tubuh. Namun, ukuran serta fungsinya akan semakin menurun seiring dengan menanjaknya usia. Karenanya, tidak heran jka peradangan amandel lebih banyak menimpa anak-anak dibanding orang dewasa.

Ternyata, selain karena bakteri dan virus, radang amandel juga bisa dipicu oleh beberapa hal, lho! Salah satunya adalah karena konsumsi 5 jenis makanan berikut ini:

1. Makanan pedas

Jenis makanan pertama yang dapat memicu peradangan amandel adalah makanan yang terlampau pedas, seperti rujak dan petis. Alasannya tidak lain karena makanan bercita rasa pedas dapat merangsang produksi asam lambung. Jika sudah begitu, asam lambung akan perlahan naik hingga ke tenggorokan, sehingga mengiritasi tonsil. Karenanya, tidak heran jika kemudian tonsil atau amandel mengalami peradangan.

2. Makanan panas atau dingin

Kondisi iklim di sekitar memang seringkali membuat Anda menginginkan konsumsi makanan tertentu. Contoh, saat udara panas, semangkuk es campur akan terasa sangat menggoda. Begitupun saat musim hujan, secangkir wedang panas pasti banyak menjadi buruan.

Namun, bagi Anda yang memiliki riwayat radang amandel, ada baiknya untuk menghindari konsumsi makanan maupun minuman panas yang terlampau panas maupun dingin. Kenapa? Karena paparan suhu yang ekstrem ternyata dapat memicu peradangan pada amandel.

3. Gorengan

Menyukai gorengan, seperti bakwan dan tahu isi? Sah-saja, asalkan Anda selalu memperhatikan jumlah konsumsinya. Apalagi jika terbukti memiliki amandel yang rawan mengalami peradangan, maka ada baiknya untuk membatasi konsumsi makanan yang diproses dengan cara digoreng. Alasannya karena minyak pada gorengan terbukti dapat mengiritasi amandel sehingga memicu peradangan. Jika sudah begitu, Anda akan lebih rawan mengalami komplikasi dari peradangan amandel itu sendiri, seperti susah menelan hingga demam.

(Baca: Gorengan, Si Nikmat Sumber Penyakit)

4. Makanan asam

Tahukah Anda, bahwa makanan berasa masam ternyata dapat menyebabkan tenggorokan terasa gatal sehingga memicu peradangan pada amandel? Karena alasan inilah, umumnya dokter akan menyarankan Anda untuk menghindari konsumsi beberapa jenis bahan pangan, seperti mangga muda atau nanas, agar amandel tidak meradang.

5. Makanan asin & berpenyedap rasa

Bagi Anda yang sering mengalami peradangan amandel sejak masih kecil; tentu seiring mendapatkan teguran dari orangtua agar tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan yang asin dan berpenyedap rasa, seperti keripik dan snack. Ternyata, ini bukan cuma isapan jempol semata, lho!

Alasannya tidak lain karena kandungan MSG serta garam yang terlampau tinggi pada makanan tersebut dapat menyebabkan peradangan pada amandel. Terlebih lagi bagi anak-anak, risiko peradangan akan semakin besar karena pada rentang usia tersebutlah amandel sedang dalam masa aktifnya.

(Baca: Bahaya di Balik Nikmatnya Semangkuk Bakso)

Itu tadi 5 jenis makanan yang baiknya dihindari agar Anda terhindar dari radang amandel. Semoga bermanfaat!