Perawatan Saluran Akar; Solusi Perbaiki Gigi Berlubang

perawatan saluran akar

Go Dok- Perawatan saluran akar- Pernahkah Anda mengalami gigi berlubang dan disarankan untuk melalui perawatan saluran akar oleh dokter gigi Anda? Perawatan saluran akar atau seringkali disebut sebagai perawatan endodontik adalah perawatan yang dilakukan oleh dokter gigi Anda untuk menyelamatkan gigi berlubang atau bahkan telah terinfeksi. Saat dilakukan perawatan saluran akar pada gigi Anda, saraf dan pulpa gigi Anda akan dibuang, dibersihkan dan ditutup. Mungkin terdengar sedikit menyeramkan bagi Anda yang masih awam dengan perawatan ini, namun tindakan ini sangat berguna untuk menyelamatkan kesehatan gigi dan mulut Anda secara keseluruhan. Yuk, kita simak penjelasan di bawah ini agar dapat lebih memahami apa itu perawatan saluran akar!

Seperti Apakah Perawatan Saluran Akar Itu?

Seperti yang mungkin Anda telah ketahui, gigi terdiri dari 2 bagian, yaitu mahkota dan akar. Di dalam mahkota dan saluran akar gigi ada yang dinamakan pulpa -di mana jaringan saraf, pembuluh darah dan sel-sel lainnya berada. Dengan adanya pulpa, gigi tetap terjaga kesehatannya karena tetap teraliri darah dan memiliki saraf yang sehat.

Namun, karena banyak faktor, seperti kebersihan gigi dan mulut yang buruk, sering ditemukan gigi yang berlubang. Jika tidak segera dirawat oleh dokter gigi, lubang gigi dapat mencapai pulpa sehingga pulpa menjadi terbuka. Saat pulpa telah terbuka, bakteri-bakteri dari luar gigi dapat masuk ke dalam pulpa dan pada akhirnya akan merusak pulpa dan menyebabkan infeksi pada gigi. Jika tidak segera ditangani, infeksi akan menyebar ke sekililingnya. Kerusakan pada pulpa ini akan membuat gigi sensitif terhadap suhu panas dan dingin sehingga kesulitan untuk makan dan minum. Bahkan sebagian orang akan merasakan rasa sakit yang berdenyut dan terus menerus.

Perawatan saluran akar, atau biasa disebut sebagai perawatan endodontik (berasal dari Bahasa latin yang berarti “di dalam gigi”), dapat mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman yang disebabkan oleh rusaknya pulpa di dalam gigi, sekaligus menghentikan penyebaran infeksi ke daerah sekeliling gigi yang rusak. Apa saja, sih, yang dilakukan saat perawatan tersebut? Berikut adalah tahap-tahapnya:

  1. Pembersihan saluran akar. Sebelum tahap pertama ini, dokter gigi Anda akan melakukan foto x-rayatau foto rontgen untuk mendapatkan gambaran saluran akar gigi Anda dan memberi penilaian terhadap kerusakan yang terjadi serta pendekatan apa yang harus dilakukan. Pada tahap ini, dokter gigi akan membersihkan seluruh bagian saluran akar, termasuk membuang pulpa yang telah rusak dan terinfeksi. Hal ini dilakukan agar gigi Anda terbebas dari bakteri-bakteri dan infeksi yang akan merusak gigi Anda lebih jauh. Dokter gigi akan membuat lubang di atas masing-masing saluran gigi Anda (pada umumnya gigi mempunyai 1-3 saluran akar), lalu memasukan file atau jarum kecil untuk membersihkan saluran akar. Anda tidak perlu khawatir, Anda tidak akan merasakan sakit karena dokter gigi akan memberikan gigi Anda anestesi terlebih dahulu.
  2. Pengisian saluran akar. Setelah dibersihkan dan dikosongkan, saluran akar akan diisi dan ditutup menggunakan suatu bahan kedokteran gigi agar bakteri tidak dapat masuk lagi ke dalam saluran akar. Praktis, setelah tahap 1 & 2 ini, Anda tidak akan merasakan sakit lagi karena jaringan saraf telah dibuang dan infeksi telah hilang.
  3. Menambal atau memasang mahkota buatan. Setelah melalui tahap awal perawatan saluran akar, gigi akan menjadi lebih ringkih karena isi dari saluran akar sudah tidak ada. Gigi Hanya akan mendapatkan sokongan fisik dari tulang dan otot sekitar gigi dan tentunya hal ini tidak cukup, maka itu diperlukan tambalan atau mahkota buatan agar gigi dapat terlindung lebih baik. Dokter gigi Anda akan menentukan apakah tambalan atau mahkota buatan yang lebih tepat untuk keadaan gigi Anda.

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Punya permasalah seputar kesehatan gigi? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk chat dengan dokter spesialis gigi. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

RY/PJ/MA

Referensi