Penyebab Varises pada Kaki; Cari Tahu di Sini!

penyebab varises pada kaki

Go Dok – Penyebab varises pada kaki – Anda sebal melihat guratan urat yang muncul di permukaan kulit Anda? Sangat mengganggu bukan? Apalagi jika Anda termasuk orang yang mementingkan estetika dari penampilan Anda. Kepercayaan diri Anda menjadi terganggu. Anda pun sulit untuk menggunakan pakaian yang terbuka. Apakah Anda tahu penyebab guratan urat, yang disebut varises itu?

Ketahui apakah penyebab varises pada kaki tersebut berikut ini!

Guratan urat tersebut disebut dengan varises. Varises tersebut merupakan pembuluh darah yang tampak dari permukaan kulit. Pembuluh darah tersebut membengkak dan membesar. Varises biasanya muncul di bagian kaki dengan menampakkan warna biru atau ungu gelap. Ketika mengalami varises, biasanya gejala yang dirasakan adalah rasa sakit dan tidak nyaman pada bagian kaki tersebut, kaki dan pergelangan yang membengkak, rasa terbakar, keram otot, bahkan kulit yang kering dan gatal.

Varises tersebut muncul dan semakin parah ketika katup di dalam pembuluh darah tidak dapat bekerja secara benar. Pembuluh darah yang sehat biasanya dapat mengalirkan darah secara lancar hingga ke jantung. Darah pun ditahan agar tidak berputar balik mengalir ke arah sebaliknya. Ketika katup tersebut melemah atau rusak, darah dapat mengalir ke arah yang berlawanan dan berkumpul di dalam pembuluh darah, bukan mengalir ke jantung. Hal tersebut menyebabkan pembengkakan dan pelebaran.

Apa yang menyebabkan pembengkakan pembuluh darah itu sendiri? Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan, seperti:

1. Kehamilan

Kehamilan menjadi salah satu penyebab varises pada kaki. Menurut Mayoclinic.org, kehamilan dapat meningkatkan volume darah di dalam tubuh, namun aliran darah dari kaki ke panggul justru menurun. Pergantian sirkulasi tersebut dimaksudkan untuk mendukung perkembangan janin, namun dapat menyebabkan pelebaran dan pembengkakan pembuluh darah tersebut.

2. Menopause

Salah satu penyebab varises pada kaki adalah pergantian hormon, terutama yang banyak terjadi pada wanita, yaitu pramenstruasi dan menopause. Perubahan hormone pada wanita dapat menyebabkan dinding pembuluh darah merileks.

3. Lanjut usia

Risiko varises sendiri akan semakin berkembang ketika Anda semakin tua. Semakin bertambah usia seseorang, maka kemampuan katup pada pembuluh darah pun akan semakin menurun dan memengaruhi aliran darah. Karena pelemahan katup tersebutlah aliran darah menjadi tidak lancar dan mengumpul di satu titik yang menyebabkan pembengkakan pembuluh darah.

4. Berdiri dalam jangka waktu yang lama

Anda sering berada di satu posisi yang sama dalam jangka waktu yang panjang? Anda bisa jadi terserang varises karena salah satu penyebab munculnya varises adalah posisi duduk atau berdiri dalam jangka waktu yang lama. Ketika Anda berada di satu posisi dalam waktu yang lama, darah tidak mengalir secara baik sehingga menyebabkan pembengkakan pada pembuluh darah.

5. Obesitas

Salah satu penyebab varises pada kaki Anda adalah adanya tekanan pada kaki. Salah satu sumber tekanan tersebut bisa berasal dari berat badan Anda sendiri. Varises akan lebih memungkinkan muncul ketika Anda memiliki berat badan berlebih, atau obesitas.

6. Keturunan dari keluarga

Coba Anda lakukan riset kecil-kecilan pada keluarga Anda, apakah ada anggota keluarga yang memiliki riwayat varises? Jika jawabannya iya, bisa jadi penyebab varises pada kaki Anda adalah karena adanya sejarah dan keturunan dari keluarga terdahulu Anda yang mengidap varises juga.

Anda jengah dengan adanya varises?  Anda bisa mencegah munculnya varises atau memperparah varises tersebut dengan beberapa cara. Misalnya, mengubah gaya hidup yang lebih sehat untuk menurunkan berat badan agar tidak memberikan tekanan berlebih, serta memakan makanan yang sehat untuk memperlancar aliran darah Anda. Jangan lupa untuk rutin berolahraga untuk meningkatkan aliran darah. Anda juga bisa mengangkat kaki Anda ketika beristirahat atau tidur untuk mencegah penyebab varises pada kaki Anda.

Itu tadi pemaparan apa saja penyebab varises pada kaki Anda. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.