Penyebab Vagina Gatal Saat Menstruasi

Penyebab Vagina Gatal Saat Menstruasi

Go Dok Penyebab vagina gatal saat menstruasiKetika sedang menstruasi, pernahkah Anda merasakan gatal-gatal di area selangkangan? Tentu hal ini akan membuat siklus haid menjadi sangat tidak nyaman bagi Anda. Ditambah lagi, ketika diperiksa, ternyata timbul bintik-bintik -seperti pola kulit saat kedinginan atau seperti jerawat- di area kulit selangkangan. Kondisi ini seringkali membuat Anda bertanya-tanya, berbahayakah gatal dan bintil di area vagina ketika menstruasi?

Yuk, simak informasi seputar penyebab vagina gatal saat mensturasi lewat penjelasan di bawah ini!

Apa yang menyebabkan kondisi tersebut?

Sejatinya, vagina yang terasa gatal dan timbulnya bintil-bintil di area tersebut bisa jadi disebabkan oleh infeksi jamur Candida albicans. Jamur yang satu ini biasanya memang lebih rentan datang ketika Anda tengah menstruasi. Salah satu alasan penyebab vagina gatal saat menstruasi yang Anda rasakan adalah, karena kebersihan vagina seringkali tidak terjaga dan menjadi lebih kotor pada siklus tersebut. Tak hanya itu, menurut dr. Liva Wijaya, seorang spesialis kandungan, ketika datang bulan, pH di area vagina akan meningkat, cairan mukus serviks juga akan berkurang, dan ketidakstabilan flora (mikroorganisme) baik pada vagina mungkin saja terjadi. Selain itu, dapat bila terjadi aliran balik darah ke peritoneum. Faktor-faktor tersebutlah yang membuat vagina Anda menjadi rentan terhadap infeksi.

Meskipun ini adalah infeksi ringan dan dapat ditangani dengan cepat jika diobati secara benar, Anda tentu harus tetap waspada. Biasanya, infeksi jamur Candida albicans, atau biasanya juga disebut ragi jamur, dicirikan dengan :

  • Vagina yang terasa perih saat buang air kecil dan berhubungan seksual
  • Vagina terasa gatal
  • Labia (bibir vagina) membengkak, hal ini menunjukkan bahwa infeksi sudah semakin parah
  • Vagina mengeluarkan cairan putih kental, layaknya bubur.
Lalu, bagaimana infeksi jamur ini bisa terjadi?

Tentu saja ada beberapa faktor yang menyebabkan seorang wanita menjadi rentan terkena infeksi jamur yang satu ini, di antaranya adalah :

1. Kelembapan area vagina

Seminggu sebelum menstruasi, Anda tentu akan mengalami keluarnya keputihan dalam jumlah lumayan. Setelah itu, datanglah menstruasi yang artinya keluar darah dari vagina Anda selama kurang lebih seminggu berikutnya. Tentu selama waktu-waktu ini, vagina akan selalu menjadi lembap, dan jarang sekali kering, terutama jika Anda termasuk salah satu yang jarang mengganti pembalut. Hal ini menjadi salah satu penyebab vagina gatal saat menstruasi karena vagina lebih rentan menjadi tempat berkembangbiaknya jamur.

2. Salah pilih celana dalam atau pembalut

Penyebab vagina gatal saat menstruasi selain karena jarang mengganti pembalut, infeksi jamur dapat pula terjadi karena Anda salah memilih celana dalam dan bahan pembalut yang sesuai. Tentu Anda tahu, bahwa ketika haid kondisi vagina akan menjadi lebih lembap dari biasanya. Nah, jika Anda memilih pembalut atau celana dalam yang berbahan sintesis, hal ini bisa menyebabkan iritasi akibat kurangnya saluran udara. Pembalut yang mengandung pewangi juga akan lebih rentan mengalami iritasi dan membuat jamur tumbuh subur di area kemaluan.

3. Perubahan pH vagina

Sebelum menstruasi, kadar hormon estrogen Anda akan menurun cukup drastis, dan menyebabkan perubahan kadar pH di area kewanitaan. Nah, hal ini kemudian akan menyebabkan ketidakseimbangan flora (mikroorganisme) atau bakteri baik di vagina Anda. Berkurangnya bakteri baik menyebabkab bakteri jahat dan jamur lebih mudah menginfeksi vagina Anda.

Nah, itu tadi penyebab vagina gatal saat menstruasi. Sejatinya, Anda dapat mengatasi hal ini dengan memilih pembalut dan celana dalam yang sesuai, sering mengganti pembalut, dan selalu menjaga kebersihan vagina dengan sabun pembersih area kewanitaan. Ingat, jangan abaikan kesehatan vagina Anda hanya karena malas!

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.