Penyebab Telat Haid yang Harus Diketahui Setiap Wanita

Penyebab telat haid

GoDok- Penyebab Telat  Haid- Ladies, apa yang pertama kali terbersit dalam benak Anda ketika menyadari bahwa siklus haid tidak kunjung datang? Mungkin, Anda akan langsung beraumsi bahwa hal ini disebabkan oleh kehamilan. Padahal, telat haid dapat dipicu oleh beberapa faktor, lho! Penasaran?

Yuk, simak penjelasan mengenai 8 penyebab telat haid berikut ini!

1. Masalah psikologis

Penyebab telat haid yang pertama adalah karena adanya masalah psikologis. Ya, banyak ahli mengungkapkan bahwa stres dan depresi terbukti dapat memengaruhi kondisi hormon dan siklus haid Anda. Solusinya, cobalah beberapa alternatif pelepas stres -seperti meditasi dan yoga- agar siklus haid kembali normal seperti sedia kala.

2. Diet ketat

Selain stres dan depresi, penyebab telat haid juga bisa dipicu oleh diet ketat. Faktanya, kebiasaan makan dalam porsi yang sangat minim terbukti dapat menghambat produksi hormon estrogen. Hal ini jugalah yang sering terjadi pada mayoritas penderita gangguan makan bulimia dan anoreksia. Banyak kasus mengungkapkan bahwa mereka sering mengeluhkan siklus haid yang kacau, bahkan tidak kunjung datang. Mengerikan!

3. PCOS

Seperti yang telah Anda ketahui, PCOS (Polycystic Ovary Syndrome) mengacu pada kondisi medis di mana fungsi ovaroim seorang wanita mengalami gangguan. Selain ditandai dengan meningkatkanya kadar hormon androgen dalam tubuh, penderita PCOS juga kerapkali mengeluhkan siklus menstruasi yang tidak teratur. Biasanya, haid hanya datang beberapa kali saja dalam setahun, namun dengan jumlah darah yang lebih banyak dibanding kondisi normal.

4. Usia

Selanjutnya, penyebab telat haid yaitu bertambahnya usia. Mendeketai usia menopause (41-45 tahun), siklus haid seorang wanita akan menjadi tidak beraturan. Tidak usah khawatir, kondisi ini lumrah terjadi, kok!

5. Olahraga berlebihan

Penyebab telat haid yang selanjutnya adalah kebiasaan berolahraga secara berlebihan. Biasanya, kondisi ini menimpa atlit wanita. Waspada! Jika kebiasaan berolahraga Anda tidak segera diubah, maka hal ini ditakutkan akan memicu amenorrhea -gangguan dalam sistem reproduksi yang membuat seorang wanita tidak mengalami menstruasi secara rutin.

6. Penggunaan alat kontrasepsi

Faktanya, penggunaan alat kontrasepsi hormonal juga bisa membuat siklus haid Anda tidak kunjung datang, lho! Karenanya, selalu konsultasikan terlebih dahulu pilihan alat kontrasepsi yang Anda pakai dengan dokter, ya!

7. Gangguan tiroid

Haid tidak kunjung datang? Hal ini bisa jadi dipicu oleh terganggunya kelenjar tiroid dalam tubuh Anda. Selain tidak teraturnya siklus haid, gangguan pada kelenjar tiroid juga umum dicirikan oleh beberapa gejala, seperti tubuh yang mudah lemah & lesu, kenaikan berat badan, rambut rontok, serta sering merasa kedinginan. Segera konsultasikan kondisi kesehatan Anda jika terbukti mengalami gejala-gejala tadi, ya!

8. Kebiasaan merokok dan minum miras

Penyebab telat haid yang terakhir adalah kebiasaan merokok dan minum miras. Hal ini sejalan dengan pernyataan para ahli yang tergabung dalam National Institute on Alcohol Abuse and Alcoholism (NIAAA). Mereka mengungkapkan bahwa kebiasaan merokok dan minum miras secara berlebih membuat seoran wanita lebih rentan terkena gangguan ovulasi.

Itu tadi 8 penyebab telat haid yang harus diketahui setiap wanita. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.