Penyebab Tekanan Darah Rendah yang Jarang Diketahui

penyebab tekanan darah rendah

Go DokPenyebab tekanan darah rendahSebagian besar dari Anda tentu pernah mengalami hipotensi, alias tekanan darah rendah.   Jika kondisi ini menyerang, maka gejala-gejala yang mungkin timbul antara lain adalah pusing, kepala terasa melayang, pandangan mata kunang-kunang, badan terasa lemas dan lemah, nyeri pada dada, timbul rasa mual, dan bahkan pingsan. Hal-hal tersebut sejatinya terjadi saat tekanan darah Anda kurang dari 90/60 mmHg  atau kurang dari tekana normalnya. Setelah menyimak gejalanya, tentu Anda bertanya-tanya, apa saja sih penyebab dari kondisi yang satu ini?

Mari simak penjelasan lengkap penyebab tekanan darah rendah berikut ini : 

1. Kekurangan darah dan kekurangan sel darah merah

Kekurangan darah dalam jumlah yang banyak seperti pendarahan atau luka parah dapat menjadi faktor yang signifikan dari penyebab tekanan darah rendah. Selain itu, jika kekurangan sel darah merah (hemoglobin) -biasa disebut anemia-, tubuh Anda juga bisa menurun tekanan darahnya. Kekurangan sel darah merah tersebut disebabkan kurangnya asupan vitamin B-12 bagi tubuh Anda. Karenanya, penting bagi Anda untuk selalu memperhatikan asupan nutrisi yang perlu dan tidak untuk masuk ke dalam tubuh.

2. Dehidrasi

Penyebab tekanan darah rendah yang kedua adalah kekurangan cairan tubuh, alias dehidrasi. Lho, kok bisa? Usut punya usut, ketika Anda dehidrasi, akan muncul gejala berupa pusing, lemas dan kelelahan yang seirngkali dikaitkan dengan kasus hipotensi. Kekurangan cairan ini bisa berasal dari olahraga yang terlalu berat, keringat berlebihan, muntah atau bahkan diare.

3. Kehamilan

Tahukah Anda bahwa kehamilan juga bisa menjadi salah satu penyebab tekanan darah rendah? Pasalnya, saat hamil sistem peredaran darah Anda akan berkembang dengan cepat, dan tekanan darah cenderung menurun. Namun, Anda tak perlu terlalu panik, sebab ini merupakan  hal yang normal pada 24 minggu pertama kehamilan. Jadi tenang saja, sebab tekanan darah akan kembali normal setelah Anda melewati masa kehamilan.

4. Kondisi jantung

Ada beberapa kondisi pada jantung yang harus Anda waspadai karena dapat menjadi penyebab tekanan darah rendah. Kondisi-kondisi ini antara lain adalah gagal jantung, serangan jantung, masalah pada katup jantung, dan ketidaksamaan irama detak jantung. Mengapa bisa menyebabkan hipotensi? Sebab, jika Anda mengalami kondisi-kondisi tersebut, jantung akan sulit untuk memompa darah ke seluruh tubuh sesuai kebutuhan yang seharusnya.

5. Gangguan neurologis

Penyebab tekanan darah rendah yang selanjutnya adalah gangguan neurologis. Gangguan ini umumnya terjadi ketika Anda terjangkit penyakit Parkinson yang menyerang sistem saraf. Apa hubungannya? Usut punya usut, tekanan darah rendah sendiri umumnya terjadi jika bagian sistem syaraf otonom terganggu. Pasalnya, selain mengontrol fungsi tubuh ketika berkeringat dan mencerna makanan, syaraf ini juga berfungsi untuk melebarkan dan mengecilkan pembuluh darah. Karenanya, jika terjadi gangguan pada sistem syaraf otonom, pembuluh darah bisa tetap dalam kondisi melebar dan tidak mengecil kembali. Hal inilah yang menyebabkan turunnya tekanan darah.

6. Syok anafilaktik atau reaksi alergi

Penyebab tekanan darah rendah yang terakhir adalah syok anafilaktik. Syok anafilaktik itu sendiri umumnya terjadi karena munculnya reaksi alergi terhadap suatu makanan, obat, serangga atau lateks tertentu. Saat terjadi reaksi alergi, tubuh otomatis akan memproduksi zat kimia atau histamine yang menyebabkan melebarnya pembuluh darah, dan mengakibatkan turunnya tekanan darah secara signifikan. Tak hanya itu, anafilaksis juga dapat menyebabkan masalah pernapasan, gatal-gatal, dan tenggorokan yang bengkak. Berbahaya, bukan?

Nah, setelah  mengetahui beberapa faktor yang penyebab tekanan darah rendah, waspadai dan jagalah diri Anda dengan menjalankan pola hidup yang sehat mulai sekarang.Yuk, sayangi diri Anda!

 Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.