Penyebab Panu; Hindari dari Sekarang sebelum Terlambat!

penyebab panu

Go Dok- Penyebab panu- Siapa sih yang tidak akan merasa malu jika terbukti memiliki kulit yang terkena panu? Duh, rasanya dunia akan hancur seketika! Lantas, apa sih penyebab panu? Panu yang muncul karena adanya infeksi jamur Pityrosporum ovale atau Malassezia Furfur ini ternyata bisa dipicu oleh beberapa kebiasaan sehari-hari yang tidak Anda sadari, lho! Penasaran kebiasaan apa saja yang dimaksud?

Simak penjelasan lengkap mengenai 4 penyebab panu berikut ini!

1. Jarang ganti baju

Penyebab panu yang pertama adalah kebiasaan Anda yang jarang ganti baju. Memang, hal ini terlihat biasa, apalagi bagi Anda yang sering pulang kantor malam-malam. Rasanya, badan sudah terlalu lelah untuk melakukan aktivitas lain, termasuk mengganti baju.

Padahal, dalam baju yang Anda kenakan seharian, terkandung banyak debu, kotoran, partikel keringat, dan sel-sel kulit mati. Inilah mengapa baju kotor merupakan tempat ideal bagi jamur pemicu panu untuk berkembang biak, sebelum akhirnya menginfeksi kulit Anda.

2. Malas mandi

Ayo, ngaku! Siapa di antara Anda yang malas mandi, malah bisa tidak ‘menyentuh air’ selama beberapa hari secara berturut-turut?

Selain memicu bau badan, malas mandi juga membuat kulit Anda rentan terkena panu, lho! Bagaimana tidak! Setelah beraktivitas seharian, kulit akan tertutupi oleh debu dan partikel halus yang berasal dari lingkungan di sekitar Anda. Belum lagi dengan sel kulit mati yang dapat menumpuk dan menyumpat pori-pori jika tidak dibersihkan. Nah, kombinasi keduanya lah yang membuat jamur pemicu panu berkembang biak di permukaan kulit. Yakin masih enggan mandi? Mending pikir ulang deh!

3. Sering mengenakan baju dan celana yang terlalu ketat

Penyebab panu yang selanjutnya adalah kebiasaan Anda dalam memilih dan mengenakan pakaian yang terlampau ketat. Lho, kok bisa?

Ternyata, baju dan celana yang terlalu ketat -seperti jeans, tank top, dan pakaian yang terbuat dari latex- akan membuat keringat susah menguap. Hasilnya kulit akan bertambah lembap. Kondisi inilah yang menjadi syarat ideal bagi jamur untuk tumbuh subur di permukaan kulit. Solusinya, mulai sekarang pilihlah baju dan celana yang longgar serta terbuat dari bahan yang tidak ‘panas’, seperti katun. Mudah, bukan?

4. Menggunakan lotion yang tinggi kandungan minyak

Terakhir, penyebab panu yang harus Anda waspadai adalah kebiasaan menggunakan lotion yang tinggi kandungan lemaknya.

Memang, menggunakan lotion merupakan hal yang baik dilakukan; terlebih lagi jika Anda termasuk individu yang sering beraktivitas di luar ruangan. Namun, tidak semua lotion baik bagi kulit Anda, lho! Faktanya, lotion yang kandungan minyaknya terlalu tinggi malah akan membuat kulit Anda lebih lembap. Selain itu, minyak dalam lotion juga akan membuat debu dan kotoran menempel di permukaan kulit. Inilah yang di kemudian hari dapat memicu timbulnya panu.

Solusinya, sebelum membeli lotion ada baiknya untuk melihat komposisinya terlebih dahulu. Dengan cara begitu, Anda dapat melihat persentase minyak yang digunakan dalam produk yang dipilih. Mudah, bukan?

Itu tadi 4 penyebab panu yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.