Penyebab Miom yang Jarang Diketahui Wanita, Apa Saja?

Penyebab miom

GoDok- Penyebab miom- Miom -istilah yang mengacu pada pertumbuhan sel tumor non kanker di area sekitar rahim. Walaupun tidak bersifat ganas, miom tetap saja jadi momok tersendiri bagi wanita. Bagaimana tidak! Miom seringkali menjadi dalang tidak teraturnya siklus menstruasi hingga kemandulan. Mengerikan!

Yuk, jaga diri Anda sejak dini dengan mengenali 7 penyebab miom berikut ini!

1. Genetika

Penyebab miom yang pertama adalah faktor genetika. Ya, studi terakhir mengungkapkan bahwa wanita yang terlahir dari keluarga dengan riwayat penyakiit serupa berisiko 2.5x lebih besar terkena miom. Karenanya, bagi Anda wanita dengan kondisi serupa, disarankan untuk rajin memeriksakan kesehatan organ reproduksi -setidaknya 6 bulan sekali- untuk meminimalisir kemungkinan miom berkembang tanpa sepengetahuan.

2. Kondisi hormonal

Tahukah Anda, bahwa ketidakseimbangan hormon dalam tubuh juga bisa memicu pertumbuhan miom? Ya, tingginya kadar hormon estrogen dan progesteron terbukti dapat merangsang penebalan dinding dalam rahim yang abnormal. Kondisi inilah yang kemudian dapat meningkatkan risiko pertumbuhan miom. Mengerikan, bukan?

3. Infeksi jamur dan bakteri

Selanjutnya, miom juga bisa diakibatkan oleh infeksi jamur atau bakteri. Ya, ketika bakteri atau jamur masuk ke saluran reproduksi wanita, maka agen asing ini dapat menginfeksi dan menyebabkan peradangan. Inilah yang kemudian memicu pertumbuhan sel rahim abnormal cikal bakal miom.

4. Stres

Sering mengalami stres akibat beban pekerjaan yang menumpuk? Hati-hati, jika tidak segera ditangani hal ini bisa menjadi dalang tumbuhnya miom! Lho, kok bisa? Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa stres berlebih terbukti dapat membuat kadar hormon dalam tubuh Anda kacau balau.

Tidak ingin hal terjadi, bukan? Karenanya, rajinlah mempraktikkan kegiatan yang dapat merelaksasi pikiran, seperti jalan-jalan, melakukan hobi, atau mencoba yoga setiap hari.

5. Obesitas

Penyebab miom yang selanjutnya adalah berat badan berlebih -atau dikenal juga dengan istilah obesitas. Mungkin, Anda mengira bahwa obesitas hanya memicu penyakit kardiovaskular saja. Padahal, kondisi ini juga terbukti dapat memicu peningkatan kadar estrogen dalam tubuh yang notabene merupakan dalang utama timbulnya miom.

6. Gaya hidup tidak sehat

Ini dia faktor pemicu timbulnya miom yang sering disepelekan; praktik gaya hidup yang tidak sehat. Beberapa kebiasaan, seperti merokok, rajin mengonsumsi alkohol, hingga jarang berolahraga nyatanya turut berkontribusi dalam meningkatkan risiko Anda terkena miom.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, mulai ubah gaya hidup sehari-hari Anda dengan menghentikan kebiasaan buruk di atas! Karena bukankah mencegah itu lebih baik daripada mengobati?

7. Pola makan yang tidak seimbang

Penyebab miom yang terakhir adalah pola makan yang tidak seimbang. Berikut penjabaran lengkapnya:

  • Terlalu banyak mengonsumsi junk food-seperti pizza, pasta, dll- yang notabene tinggi kandungan kolesterol dan lemak jenuhnya.
  • Menyenangi makanan yang tinggi kandungan garamnya.
  • Terlalu banyak mengonsumsi kafein, seperti teh, kopi, dan beberapa macam soda.
  • Sering makan daging merah.
  • Minim asupan bahan pangan yang kaya akan vitamin D, semisal telur, jamur, susu kedelai, udang, tiram, dll.

Itu tadi 7 penyebab miom yang jarang diketahui wanita. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Atasi permasalahan kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya jawab seputar penanganannya dengan Tim Dokter Go Dok. Download aplikasi Go Dok di sini.