Temukan Rahasia Ilmiah dari Penyebab Mata Kedutan

penyebab mata kedutan

Penyebab mata kedutan – Mata kedutan adalah hal yang wajar dan umum terjadi. Kondisi ini memiliki istilah yang dikenal dengan “myokymia” dalam kamus kedokteran. Kedutan tersebut biasanya terjadi pada kelopak bawah mata, namun kadang juga bisa terjadi pada kelopak atas.

Go Dok- Pernahkah Anda suatu ketika mengalami bagian mata yang berkedut-kedut atau berdenyut tanpa sebab? Anda tentu penasaran mengapa hal tersebut bisa terjadi. Pada masyarakat Indonesia yang masih kuat dengan budaya kepercayaan, kedutan bahkan kerap kali dihubungkan dengan mitos-mitos tertentu, seperti akan menerima rezeki atau marabahaya. Ternyata, ada rahasia ilmiah di balik mata yang kedutan tersebut.

Anda penasaran ada rahasia apa di balik penyebab mata kedutan? Simak pemaparan dari Go Dok berikut!

Menurut Allaboutvision.com, mata kedutan adalah hal yang wajar dan umum terjadi. Kondisi ini memiliki istilah yang dikenal denan “myokymia” dalam kamus kedokteran. Kedutan tersebut biasanya terjadi pada kelopak bawah mata, namun kadang juga bisa terjadi pada kelopak atas. Kondisi ini memang hanya terjadi sekejap. Namun, pada beberapa kasus ternyata kedutan tersebut bisa terjadi hingga beberapa minggu bahkan bulan.

Penyebab mata kedutan sebenarnya belum diketahui secara spesifik. Tapi, gerakan berkedutnya itu sendiri dipastikan sebagai kontraksi otot yang beriak atau kejang otot dalam skala kecil, tidak seperti kejang otot pada kaki dan tangan. Meski demikian, kejang tersebut bukanlah sebuah kondisi serius yang merujuk pada masalah kesehatan. Beberapa hasil penelitian, penyebab mata kedutan karena beberapa hal, seperti:

1. Stres

Ketika Anda sedang merasa tertekan atau stres, tubuh akan bereaksi dengan cara yang beragam. Kedutan tersebut merupakan salah satu responsnya, terlebih lagi ketika stres tersebut disebabkan oleh masalah pengeihatan. Anda bisa menangani hal ini dengan hal-hal yang dapat meringankan beban pikiran, seperti yoga, latihan pernapasan, menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat yang menyenangkan, atau apapun yang biasa Anda lakukan untuk mengurangi stres.

2. Kelelahan

Coba Anda telaah lagi, apakah akhir-akhir ini aktivitas Anda padat? Jika iya, bisa jadi penyebab mata kedutan karena Anda kelelahan. Kelelahan ini juga bisa karena kurangnya tidur Anda, atau tidur yang tidak berkualitas. Anda bisa coba mengatur kembali pola tidur dan kualitas tidur Anda untuk mendapatkan tubuh yang kembali bugar.

3. Ketegangan mata

Kondisi ini biasanya dapat disebabkan karena kondisi mata yang kurang sehat. Anda bisa jadi membutuhkan kacamata atau mengganti kacamata baru Anda, siapa tahu lensa nya sudah tidak cocok dengan kondisi mata Anda sekarang.

Ketegangan mata ini biasanya disebabkan oleh penggunaan laptop atau gadget Anda yang terlalu lama. Anda tentu tahu bahwa menatap layar terlalu lama tidak baik bagi pengelihatan. Jika Anda mengalami mata kedutan, bisa jadi Anda harus mengurangi penggunaan gadget.

Selain itu, Anda bisa mengikuti aturan “20-20-20” ketika menggunakan gadget. Setiap 20 menit saat menggunakan gadget, coba alihkan pandangan dan fokuskan mata ke benda yang jauh (setidaknya berjarak 20 kaki atau 6 meter) dari posisi Anda berada untuk sekitar 20 detik atau lebih lama. Hal ini dapat mengurangi tingkat ketegangan otot mata yang dapat menyebabkan mata kedutan.

4. Kafein

Anda ingat-ingat, berapa gelas kafein yang sudah Anda tenggak hari ini? Konsumsi kafein yang berlebihan bisa menjadi penyebab mata kedutan, lho. Anda bisa mulai mengontrol konsumsi kopi, teh, cokelat, atau minuman ringan yang mengandung kafein untuk mengurangi

5. Mata kering

Kondisi mata yang kering banyak terjadi pada manusia berusia 50 tahun ke atas. Namun, tidak menutup kemungkinan, mata kering juga dapat menyerang mereka yang berusia di bawah 50. Hal tersebut dikarenakan penggunaan gadget yang berlebihan pada generasi muda.

Kondisi mata kering juga bisa disebabkan oleh orang-orang yang mengonsumsi obat-obatan seperti antihistamine atau antidepresan, para pengguna lensa kontak, atau konsumsi kafein dan alkohol yang berlebihan. Jika Anda merasa mata kedutan Anda disebabkan mata kering, sebaiknya Anda segera ke dokter untuk pemeriksaan dan tindakan lebih lanjut.

6. Alergi

Para penderita alergi biasanya meraskan gatal, bengkak, dan mata yang berair. Ketika mata dikucek, biasanya mata mengeluarkan histamin pada jaringan kelopak mata dan air mata. Hal ini kemudian disimpulkan bahwa histamin tersebut yang menyebabkan mata Anda berkedut. Untuk para penderita alergi, Anda bisa meminta resep obat tetes mata antihistamin atau bentuk tablet untuk menangani mata kedutan yang menggangu.

Itu tadi penyebab mata kedutan yang ditinjau dari sisi ilmiah. Semoga bisa memuaskan rasa penasaran Anda, ya!

Baca juga:

Kini Anda bisa tanya dokter gratis lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.