Penyebab Kista Ganglion; Yuk, Ketahui di Sini!

penyebab kista ganglion

Go Dok- Penyebab kista ganglion- Sebagian besar dari Anda tentu masih merasa asing dengan istilah kista ganglion. Penyakit yang menyerang kulit ini memang belum populer di Indonesia, karena memang angka kejadiannya tidak setinggi penyakit-penyakit kulit lainnya. Namun, hanya karena jarang ditemui, bukan berarti Anda tidak berisiko terkena penyakit ini, lho. Karenanya, yuk kenali penyebab kista ganglion muncul di tubuh Anda lewat penjelasan berikut ini!

Apa itu kista ganglion?

Untuk memahami penyebab kista ganglion, sebelumnya Anda harus memahami definisi penyakit ini terlebih dulu. Kista ganglion merupakan sebuah benjolan atau gumpalan non-kanker yang berisi cairan dan biasanya terbentuk di area tangan atau pergelangan tangan Anda. Meski begitu, beberapa kista ganglion dapat pula terbentuk di area kaki atau pergelangan kaki. Cairan yang terdapat di dalam benjolan ini adalah suatu cairan pelumas kental seperti jelly, mirip dengan yang ditemukan pada daerah persendian atau lapisan tendon Anda.

Umumnya, kista ganglion tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, saat benjolan ini menekan syaraf Anda, bisa saja muncul rasa sakit atau nyeri. Selain itu, kista ganglion dapat pula membatasi pergerakan Anda di kedua organ gerak (tangan dan kaki), tergantung di mana benjolan ini muncul. Jika kista ganglion muncul di tubuh Anda, dokter harus melakukan diagnosa untuk memutuskan penanganan yang sesuai. Kadang, kondisi ini tidak membutuhkan penanganan apapun. Namun, banyak pula yang harus melakukan operasi untuk pengangkatannya.

Lalu, apa penyebab kista ganglion?

Sejatinya, penyebab kista ganglion belum diketahui secara pasti. Benjolan ini tumbuh dari persendian atau lapison tendon, dan tampaknya muncul saat jaringan yang mengelilingi suatu area persendian menonjol keluar dari tempatnya.  Salah satu teori penyebab kista ganglion mengindikasikan bahwa suatu trauma atau kecelakaanlah yang menyebabkan lapisan pada sendi rusak sehingga terbentuk suatu kista kecil yang menyatu ke dalam gumpalan yang lebih besar di dalam tubuh Anda.

Teori lain yang lebih mungkin terjadi melibatkan adanya cacat di dalam persendian atau lapisan tendon yang menyebabkan jaringan sendi menonjol keluar tempatnya. Namun, tentu saja teori- teori ini belum bisa dipastikan secara luas.

Apa saja faktor risikonya?

Faktor risiko merupakan hal-hal yang dapat memperbesar risiko Anda terkena penyebab kista ganglion. Berikut adalah faktor-faktor yang dimaksud :

  • Osteoartritis, di mana orang yang mengidap penyakit arthritis di bagian persendian tulang jari-jari yang terletak dekat dengan kuku memiliki risiko lebih besar untuk terkena kista ganglion. Kista ganglion pada penderita arthritis biasanya muncul di area sekitar persendian tulang jari tersebut.
  • Cedera pada sendi atau lapisan tendon, di mana area persendian atau lapisan tendon yang sedang atau pernah terluka memiliki kesempatan lebih besar bagi kista ganglion untuk muncul.
  • Umur dan jenis kelamin, meskipun penyebab kista ganglion dapat muncul pada siapa saja, namun penyakit ini lebih umum ditemukan pada wanita yang berumur di antara 20 hingga 40 tahun. Kenyataannya, kista ganglion sangat jarang ditemukan pada kanak-kanak yang berusia di bawah 10 tahun.

Nah, itu dia faktor risiko dan penyebab kista ganglion yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi