Penyebab Kanker Usus, Apa Saja? Cari Tahu di Sini!

Penyebab kanker usus

GoDok- Penyebab Kanker Usus- Kanker usus; jenis kanker yang ternyata siap mengintai Anda dan keluarga kapan saja. Yuk, jaga kesehatan dengan kenali 6 penyebab kanker usus berikut ini!

 1. Faktor genetika

Penyebab kanker usus yang pertama adalah faktor genetika. Hal ini sejalan dengan hasil studi yang menyimpulkan bahwa setidaknya 25% kasus kanker usus -terutama kanker usus besar- berkaitan erat dengan mutasi gen yang diwariskan dalam keluarga. Karenanya, bagi Anda yang terbukti berasal dari keluarga dengan penyakit serupa disarankan untuk rutin memeriksakan kesehatan diri ke dokter atau rumah sakit terdekat.

2. Penyakit tertentu

Selanjutnya, kanker usus juga bisa dipicu oleh riwayat penyakit tertentu, seperti:

Sebuah studi yang terangkum dalam jurnal Gastroenterology menyimpulkan bahwa ketergantungan insulin pada penderita diabetes ternyata memicu komplikasi medis lain, salah satunya adalah kanker usus. Fakta ini jugalah yang membuat pasien DM berisiko 40% lebih besar terkena kanker usus dibanding orang kebanyakan.

Seperti yang telah Anda ketahui, penyakit crohn mengacu pada radang kronis yang banyaknya menyerang usus kecil dan pangkal usus besar. Jika tidak mendapatkan penanganan segera, kondisi ini ternyata dapat meningkatkan risiko pasien terkena kanker usus.

3. Kurang berolahraga

Anda termasuk individu yang lebih memilih nonton tv dibanding lari-lari kecil di taman? Jika iya, maka berhati-hatilah dengan risiko terkena kanker usus! Ya, para ahli mengemukakan bahwa kecenderungan malas berolahraga ternyata dapat membuat seseorang lebih rentan terkena kanker usus.

Tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan? Karenanya, ada baiknya untuk mengatur jadwal berolahraga, setidaknya 2 kali dalam seminggu. Tidak usah memilih olahraga yang berat! Cukup dengan bersepeda atau lari-lari kecil di sore hari, Anda secara tidak langsung telah melindungi usus dari risiko terkena kanker. Mau?

4. Usia

Penyebab kanker usus yang selanjutnya adalah bertambahnya usia. Ya, statistik mengungkapkan bahwa 81% kasus kanker usus terjadi pada individu yang berusia >45 tahun. Karena pertambahan usia merupakan proses alami yang tidak dapat dihindari, maka Anda dianjurkan untuk menjaga kesehatan sedini mungkin.

5. Gaya hidup tidak sehat

Jarang yang mengetahui bahwa kanker usus banyak menimpa mereka yang menerapkan gaya hidup tidak sehat. Sebut saja terbiasa merokok, mengonsumsi alkohol, atau tidak memerhatikan berat badan ideal. Eits, fakta ini sejalan denganhasil studi yang dipublikasikan di jurnal The American Cancer Society, lho!

6. Konsumsi daging merah berlebih

Penyebab kanker usus yang terakhir adalah konsumsi daging berlebih. Mungkin terdengar aneh dan mengada-ngada, namun para ahli percaya bahwa ada setidaknya 2 faktor yang mendalanginya. Berikut faktor yang dimaksud:

  • Paparan suhu tinggi pada saat proses memasak daging ternyata memicu pembentukan senyawa kimia penyebab kanker
  • Lemak dan kolesterol yang terkandung di dalam daging ternyata dapat mengubah susunan sel normal dalm tubuh menjadi sel sitem cikal bakal tumor.

Itu tadi 6 penyebab kanker usus yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.