Penyebab Kanker Tenggorokan yang Jarang Diketahui Banyak Orang

penyebab kanker tenggorokan

GoDok- Penyebab kanker tenggorokan- Ayo, mengaku! Anda pasti akan langsung dibuat bergidik setiap kali mendegar kata ‘kanker’. Terlebih lagi kini telah banyak ditemukan berbagai jenis kanker -salah satunya adalah kanker tenggorokan. Tidak ingin penyakit mengerikan ini menimpa Anda atau keluarga, bukan?

Yuk, kenali dan waspadai 7 penyebab kanker tenggorokan berikut ini!

1. Kebiasaan merokok

Penyebab kanker tenggorokan yang pertama adalah kebiasaan merokok. Mungkin sebelumnya Anda mengira bahwa kebiasaan merokok hanya memicu kanker paru-paru saja. Salah besar! Karena faktanya, zat berbahaya yang terkandung di dalam rokok turut meningkatkan risiko berkembangnya  sel abnormal di tenggorokan.

Selain menimpa perokok aktif, kenker tenggorokan juga sangat mungkin diderita oleh perokok pasif -mereka yang sering terpapar asap rokok secara tidak langsung. Mengerikan, bukan? Karenanya, tidak berlebihan rasanya jika mulai dari sekarang Anda menghentikan kebiasaan merokok sekaligus menghindari tempat yang sering terpapar asapnya.

2. Konsumsi miras

Selanjutnya, kanker tenggorokan juga bisa dipicu oleh kebiasaan mengonsumsi miras. Faktanya, alkohol yang terkandung di dalam miras dapat mengganggu kesehatan jaringan tenggorokan. Akibatnya, bagian tubuh ini lebih berisiko terkena kanker.

3. Paparan bahan industri

Penyebab kanker tenggorokan yang selanjutnya adalah paparan beberapa bahan industri, seperti asbes dan serat sintesis. Jika asbes banyak digunakan sebagai bahan dasar komponen bangunan, maka serat sintesis dapat Anda temukan pada beberapa jenis kain, seperti nilon dan polyester.

4. Infeksi HPV

Seperti yang telah Anda ketahui, HPV (Human Papilloma Virus) merupakan jenis penyakit yang menular lewat interaksi sesksual. Nyatanya, selain memicu kanker tenggorokan, infeksi HPV juga bisa saja menjadi dalang beberapa penyakit menyeramkan lainnya, seperti kutil kelamin dan kanker serviks.

5. Refluks lambung kronis

Refluks lambung (dikenal juga dengan istilah GERD –Gastroesophageal Reflux Disease) merupakan kondisi medis yang dipicu oleh melemahnya otot esophageal sphincter. Akibatnya, asam lambung naik ke atas melewati tenggorokan.

Jika refluks lambung tidak segera ditangani, maka jaringan tenggorokan akan semakin lemah sebab sering terpapar asam lambung. Jika sudah begitu, maka risiko Anda menderita kanker tenggorokan akan semakin besar.

6. Kondisi gigi yang buruk

Jarang yang mengetahui bahwa kondisi gigi yang tidak terawat turut meningkatkan risiko Anda terkena kanker tenggorokan, lho! Tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan? Karenanya, jangan sungkan untuk merutinkan jadwal konsultasi dengan dokter gigi, minimal 6 bulan sekali.

7. Kekurangan vitamin A

Penyebab kanker tenggorokan yang terakhir adalah kondisi tubuh yang kekurangan vitamin A. Dengan semakin berkembangnya jaman, selera makan banyak orang mulai bergeser ke makanan cepat saji. Padahal, selain tinggi kandungan lemaknya, makanan jenis ini juga ‘miskin’ vitamin. Karenanya, tidak heran jika kemudian banyak penyakit bermunculan akibat kebiasaan tidak sehat ini -termasuk kanker tenggorokan yang mematikan.

Itu tadi 7 penyebab kanker tenggorokan yang harus Anda kenali dan waspadai. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.