Penyebab Haid Tidak Teratur yang Jarang Diketahui Wanita

penyebab haid tidak teratur

GoDok- Penyebab haid tidak teratur- Dari sekian banyak permasalahan medis yang dialami wanita, perkara haid tidak teratur kerapkali mendapatkan perhatian tersendiri. Bagaimana tidak! Banyak di antara kita yang menghubungkan haid tidak teratur dengan ketidaksuburan organ reproduksi. Padahal nyatanya, terdapat beberapa faktor yang bisa memicu kondisi tersebut.

Berikut faktor yang menjadi penyebab haid tidak teratur yang harus para wanita ketahui:

1. Penggunaan alat kontrasepsi

Penyebab haid tidak teratur yang pertama adalah karena penggunaan beberapa jenis alat kontrasepsi, seperti IUD atau pil KB. Tidak ingin hal tersebut terjadi? Karenanya, Anda dianjurkan untuk mengonsultasikan terlebih dahulu pilihan alat kontraspesi Anda dengan dokter kandungan terdekat.

2. Olahraga berlebihan

Jarang yang mengetahui bahwa ketidakteraturan haid juga bisa dipicu oleh kebiasaan berolahraga secara berlebihan. Hal inilah yang biasanya dialami oleh para atlet wanita atau mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Mengejutkan, bukan?

3. Stres

Menurut dr. Alyssa Dweck –seorang spesialis kandungan berkebangsaan AS-, stres berlebihan terbukti dapat memengaruhi kerja salah satu bagian otak, yaitu hypothalamus. Hal inilah yang ditenggarai sebagai penyebab tidak teraturnya siklus haid –karena hypothalamus erat kaitannya dengan produksi hormon reproduksi wanita. Karenanya ladies, hindari stres berlebih , ya!

4. Konsumsi alkohol

Anda termasuk wanita yang gemar mengonsumsi minuman beralkohol? Jika ya, maka jangan kaget jika siklus haid menjadi tidak teratur. Faktanya, konsumsi alkohol terbukti secara medis dapat memengaruhi jumlah hormon estrogen dalam tubuh. Nah, hormon inilah yang bertanggung jawab atas ovulasi dan siklus haid Anda.

Ssst, selain menyebabkan haid tidak teratur, konsumsi alkohol secara berlebih juga dapat memperparah gejala PMS Anda, lho!

5. Berat badan turun drastis

Penyebab haid tidak teratur yang selanjutnya adalah berat badan yang turun secara drastis. Biasanya, hal ini menimpa wanita yang menderita gangguan makan, seperti bulimia atau anoreksia. Anda mengalami hal serupa? Maka, segera konsultasikan hal ini ke dokter. Sebab, jika tidak ditangani dengan segera, kondisi ini akan membahayakan fungsi sistem reproduksi Anda.

6. Obesitas

Tahukah Anda, bahwa kelebihan berat badan –atau dikenal juga dengan istilah ‘obesitas’- dapat turut menganggu siklus haid? Nyatanya, obesitas dapat mengganggu keseimbangan hormon estrogen dalam tubuh. Inilah yang memicu terganggunya siklus haid.

Solusinya, mulailah terapkan pola hidup sehat demi mengembalikan bobot tubuh ke angka normal.

7. PCOS

PCOS, atau sindrom ovaroium polikistik, merupakan kondisi medis yang memicu terganggunya fungsi dan kerja sistem reproduksi wanita. Selain ditandai dengan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh serta tumbuhnya kista pada rahim, PCOS juga sering membuat haid penderitanya menjadi tidak beraturan.

8. Gangguan kelenjar tiroid

Penyebab haid tidak teratur yang terakhir adalah adanya gangguan pada kelenjar tiroid. Kondisi yang memicu hipertiroidisme atau hipotiroidisme ini nyatanya dapat membuat keseimbangan hormon dalam tubuh wanita menjadi kacau balau. Karenanya, jangan heran jika kemudian siklus haid menjadi tidak teratur.

Itu tadi 8 penyebab haid tidak teratur yang harus wanita ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Atasi permasalahan kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya jawab seputar penanganannya dengan Tim Dokter Go Dok. Download aplikasi Go Dok di sini.