Penyebab Gusi Hitam; Faktor Genetik dan Gaya Hidup

penyebab gusi hitam

Penyebab gusi hitam bisa disebabkan oleh faktor genetik seseorang di mana pigmentasi bagian tubuhnya, termasuk gusi, lebih gelap daripada orang lain. Selain itu, gaya hidup -kebiasaan merokok – dan penyakit gigi dan mulut bisa menjadi penyebabnya.

Go Dok- Saat teman terdekat Anda membicarakan mengenai gigi dan gusi yang sehat, mungkin yang terbayang di benak Anda adalah gigi-gigi yang sangat putih dan gusi yang berwarna merah muda. Namun pada beberapa orang, seringkali ditemukan warna gusi yang berbeda, salah satunya adalah hitam. Beberapa penyebab gusi hitam adalah sebab yang alami, namun terdapat beberapa sebab yang dapat membahayakan kesehatan gigi dan mulut Anda dan patut mendapatkan perhatian.

Berikut penyebab gusi hitam dari  berbagai faktor:

Genetik

Penyebab gusi hitam bisa dipengaruhi oleh faktor genetik. Di mana pigmentasi bagian tubuhnya, termasuk gusi, lebih gelap daripada orang lain. Hal ini adalah hal yang normal seperti halnya kulit seseorang bisa jadi lebih gelap dari orang lain secara alamiah.Penyebab gusi hitam lainnya karena tingginya kadar melanin atau pigmen gelap dalam tubuh seseorang sehingga menyebabkan warna kulit, bahkan gusinya, menjadi lebih gelap dibandingkan orang lain.

Rokok dan Obat-obatan

Kebiasaan merokok dan konsumsi beberapa jenis obat-obatan dapat menjadi penyebab gusi hitam. Perubahan warna gusi menjadi lebih gelap pada perokok disebut sebagai smoker’s melanosis. Smoker’s melanosis terjadi akibat peningkatan jumlah melanin dalam tubuh seorang perokok. Namun, smoker’s melanosis dapat hilang dalam 3 tahun terhitung sejak seseorang berhenti menjadi perokok.

Beberapa obat seperti minocycline dan tricyclic anti-depressant juga dapat menyebabkan gusi berwarna hitam. Bahkan beberapa jenis restorasi atau tambalan gigi seperti mahkota yang terbuat dari metal dapat menyebabkan gusi berwarna hitam. Jika Anda menemukan gusi anda berwarna hitam setelah mengkonsumsi obat-obat di atas, segeralah menghubungi dokter dan dokter gigi Anda untuk konsultasi lebih lanjut.

Penyakit Gigi dan Mulut

Beberapa penyakit gigi dan mulut dapat  menjadi penyebab gusi hitam. Penyakit yang paling sering menyebabkan gusi berwarna hitam adalah acute necrotizing periodontal disease atau sering disebut sebagai black gums disease. Diskolorasi gusi menjadi hitam yang disebabkan oleh penyakit ini terjadi karena adanya nekrosis, atau matinya jaringan-jaringan gusi pada mulut. Terjadinya nekrosis mengakibatkan jaringan berubah warna menjadi hitam. Penyakit ini merupakan penyakit yang serius, di mana penderitanya akan merasakan gejala seperti gusi berdarah, rasa sakit yang berat dan bau mulut tidak sedap. Jika Anda merasa memiliki gejala-gejala tersebut, Anda disarankan untuk segera ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut berupa pemberian antibiotik atau pembuangan jaringan yang mati, karena jika tidak segera ditangani, penyakit ini akan bertambah parah dan menyebar ke tulang dan tulang rawan di sekitar gigi.

Penyakit lainnya yang dapat menjadi penyebab gusi berwarna hitam adalah acute necrotizing ulcerative gingivitis. Penyakit ini membuat orang yang menderitanya memiliki gusi yang berwarna perak gelap. Penyakit ini sering ditemukan pada masa Perang Dunia I di mana tentara-tentara tidak memiliki waktu untuk menjaga kebersihan mulut mereka karena berperang. Namun penyakit ini telah jarang ditemukan saat ini.

Jika Anda memiliki gusi berwarna hitam dan mengganggu, baik dalam kenyamanan sehari-hari ataupun penampilan, Anda dapat segera berkonsultasi dengan dokter gigi Anda agar dapat segera ditentukan penyebab dan perawatan yang tepat untuk kondisi tersebut. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

NA/PJ/MA

Referensi