Penyebab Gusi Bernanah

penyebab gusi bernanah
  Penyebab Gusi Bernanah – salah satunya yaitu karena menumpuknya karang gigi dan gigi gangren

GoDokPenyebab Gusi Bernanah – Gusi, yang dikenal pula dengan istilah gingiva, merupakan suatu bagian dari rongga mulut yang berfungsi sebagai jaringan pendukung gigi geligi. Dalam menjalankan tugasnya, gusi mengikat gigi-geligi pada posisinya dalam lengkung rahang sehingga tanpanya gigi tidak akan dapat melekat erat pada tulang rahang.

Jika gusi terserang penyakit, tentu fungsinya akan menurun dan gigi akan mudah terpapar langsung oleh iritan yang berasal dari rongga mulut, seperti air es atau makanan berkuah panas. Lalu, seperti apa sih ciri-ciri gusi yang sehat? Nah, perlu Anda ketahui bahwa gusi sehat selalu berwarna merah muda (pink) cerah, memiliki konsistensi kenyal dan tekstur yang kuat. Secara normal, gusi akan  menutupi sekitar sepertiga bagian permukaan bagian atas gigi (mahkota gigi).

Menilik fungsi gusi sebagai garis depan pertahanan gigi, makan hampir dipastikan gusi akan rentan terkena penyakit. Biasanya, penyakit yang datang akan menyebabkan gusi infeksi sehingga mudah berdarah. Gawatnya, jika infeksi ini berkelanjutan, bisa-bisa gusi Anda tidak hanya berdarah, melainkan juga bernanah. Seram, bukan? Untuk menghindari terjadinya hal ini, maka ada baiknya Anda memahami hal-hal apa saja yang dapat membuat gusi infeksi. Berikut adalah faktor penyebab gusi bernanah :

1. Pemakaian tusuk gigi yang tidak bersih

Perlu Anda tahu, bahwa yang dimaksud tusuk gigi di sini bisa terbuat dari bahan bambu atau dalam bentuk pensil dan pulpen. Tusuk gigi yang tidak bersih saat digunakan untuk membersihkan sisa-sisa makanan pada sela-sela gigi dan gusi dapat melukai gusi hingga menyebabkan infeksi. Jika dibiarkan saja, luka ini dapat membuat gusi bernanah.

2. Karang gigi yang menumpuk

Tahukah Anda bahwa karang gigi sejatinya merupakan sisa-sisa makanan yang menumpuk dan kemudian membusuk serta mengeras? Karenanya, tidak diragukan lagi  karang gigi yang menempel juga banyak mengandung bakteri. Hati-hati! Jika karang gigi dibiarkan saja, lama-lama si bakteri ini bisa menyebabkan infeksi pada gusi, bahkan hingga gusi bernanah.

(Baca: Hati-Hati! Ini Dia Bahaya Karang Gigi!)

3. Gigi tiruan lepasan yang tidak pas

Jarang yang merasa bahwa gigi tiruan lepasan yang tidak menempel sempurna pada gigi akan membuat gusi sering tergesek. Gesekan yang mengenai gusi berpotensi besar membuat bagian ini luka akibat iritasi. Apabila luka pada gusi ini terkena infeksi dari bakteri rongga mulut atau baterai dari gigi tiruan yang kotor, hal ini dapat membuat gusi bernanah. Tentunya Anda tak ingin hal ini terjadi, bukan? Karenanya, bagi Anda yang memakai gigi tiruan, jangan lupa perhatikan pemakaiannya ya!

(Baca: Serba-Serbi Gigi Tiruan)

4. Gigi gangren

Gigi gangren, biasanya disebut pula gigi mati, merupakan penyebab utama gusi bernanah. Bagaimana bisa? Pada gigi yang sudah gangren, syaraf gigi sudah lebih dulu terkena infeksi dan membentuk nanah di area bawah akar gigi. Kumpulan nanah yang terletak di bawah kemudian akan mencari jalan keluar, dan jaringan terdekat dan  paling lunak dari akar gigi adalah gusi. Jadilah nanah-nanah ini kemudian berkumpul pada bagian lunak tersebut, sehingga menyebabkan gusi berdarah.

(Baca: Gusi Anda Berdarah? Mungkin Saja Ini Penyebabnya)

Nah, setelah mengetahui penyebab gusi bernanah , yuk sama-sama hindari hal-hal tersebut demi gusi yang sehat tanpa nanah! Semoga bermanfaat!