Penyebab Gonore yang Harus Diwaspadai Sejak Dini

penyebab gonore

Go Dok- Penyebab gonore- Mendengar kata ‘gonore’ pasti akan membuat Anda bergidik ngeri. Ya, penyakit yang juga dikenal luas oleh masyarakat Indonesia sebagai kencing nanah ini adalah salah satu penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus. Lalu, apa  penyebab gonore?

Simak poin lengkap penyebab gonore di bawah ini:

1. Oral seks yang tidak aman

Penyebab gonore yang pertama adalah oral seks yang tidak aman. Dr. Tedoroa WI –ahli dari WHO- menyatakan bahwa kebiasaan mengoral kelamin pasangan tanpa adaya perlindungan kondom ternyata dapat membuat bakteri penyebab gonore masuk dan menginfeksi bagian belakang tenggorokan.

Karena kondisi ini umumnya akan memicu sakit tenggorokan, maka pasien biasanya akan langsung meminum antibiotik. Namun, perlu diperhatikan bahwa bakteri gonore ternyata dapat mengembangkan kekebalan terhadap antibiotik ini. Mengerikan!

2. Anal seks

Selanjutnya, gonore juga dapat dipicu oleh anal seks yang tidak sehat. Maksud istilah ‘tidak sehat’ adalah ketika Anda memutuskan untuk melakukan anal seks dengan pasangan tanpa menggunakan kondom. Perlu diketahui bahwa bakteri Neisseria gonorrhoea selain menginfeksi uretra, leher rahim, dan tenggorokan; bakteri ini juga dapat menginfeksi rektum atau dubur.

Nah, ketika Anda melakukan anal seks tanpa mengetahui riwayat penyakit seksual pasangan, maka bakteri yang menginfeksi dubur akan dengan mudah menginfeksi tubuh Anda karena tidak adanya perlindungan. Inilah mengapa Anda diharuskan untuk selalu menggunakan kondom dan tidak bergonta-ganti pasangan.

3. Penggunaan mainan seks yang terkontaminasi

Penyebab gonore yang selanjutnya adalah penggunaan mainan seks yang terkontaminasi. Mainan seks, seperti dildo atau vibrator, memang seringkali digunakan oleh pasangan untuk membuat hubungan seks lebih bergairah dan tidak monoton. Tapi, jika mainan seks yang digunakan ternyata terkontaminasi bakteri gonore, maka kegiatan seks yang harusnya menyenangkan malah akan berbuah petaka.

Untuk menghindari hal ini, maka pastikan bahwa Anda selalu membersihkan mainan seks setiap kali habis digunakan. Ada baiknya, gunakan pula cairan antiseptik untuk membunuh kuman dan bakteri yang ada di permukaannya. Selain itu, hindari pula meminjam atau meminjamkan mainan seks kepada orang lain. Karena Anda tidak pernah tahu dengan pasti riwayat penyakit seksual yang dideritanya.

4. Enggan menggunakan kondom

Penyebab gonore yang terakhir adalah kebiasaan Anda dan pasangan yang enggan menggunakan kondom. Ingat! Selain berfungsi untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan, kondom juga bermanfaat untuk melindungi Anda dari infeksi penyakit seksual, seperti gonore. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?

Itu tadi beberapa penyebab gonore yang harus Anda waspadai. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Ingin tips sehat seputar seks? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk konsultasikan seputar tipsnya dengan dokter Go Dok, GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.