Penyebab Gigi Ngilu yang Harus Anda Ketahui

penyebab gigi ngilu

Go Dok- Penyebab gigi ngilu- “Lebih baik sakit hati daripada sakit gigi”  Bisa jadi Anda termasuk orang yang setuju dengan kalimat tersebut jika Anda pernah mengalami sakit gigi. Gigi Anda terasa ngilu sampai Anda tidak sanggup menahannya. Terlebih lagi ketika Anda mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas atau dingin. Rasa ngilu seakan menyengat saraf Anda. Keadaan ini juga sering disebut dengan keadaan gigi yang sensitif. Namun, tahukah Anda apa penyebab gigi ngilu tersebut?

Ketahui apa saja yang bisa menjadi penyebab gigi ngilu Anda!

1. Gigi berlubang

Penyebab gigi ngilu yang pertama adalah gigi berlubang. Tahukah Anda bahwa pada gigi terdapat banyak sekali saraf? Saraf-saraf tersebut sudah semestinya berada di tempat yang tertutup dan terlindung. Namun, jika Anda kurang rajin membersihkan gigi, sisa makanan yang menumpuk dapat mengikis gigi Anda sehingga menyebabkan lubang. Lubang tersebut akan semakin dalam jika tidak segera ditangani dan menyebabkan saraf menjadi lebih terbuka dan mudah merasa ngilu.

2. Gigi retak

Gigi yang retak bisa jadi disebabkan oleh adanya trauma atau kecelakaan yang menyebabkan gigi menjadi terbuka. Bisa jadi Anda dulu pernah mengalami benturan yang menyebabkan keretakan pada gigi dan membuat lapisan

3. Kurang berhati-hati saat menggosok gigi

Penyebab gigi ngilu lainnya karena Anda kurang berhati-hati saat menggosok gigi. Kebanyakan gigi ngilu disebabkan oleh lubang pada gigi yang tidak dibersihkan secara benar. Penumpukan sisa makanan bisa jadi tidak terangkat karena cara Anda membersihkan gigi yang tidak benar. Anda harus menggosok gigi setidaknya dua kali sehari setiap sehabis makan. Jangan menggosok gigi terlalu kencang agar tidak menyebabkan luka pada gusi. Hindari juga pemakaian pasta gigi yang mengandung pemutih, karena dapat merusak lapisan enamel pada gigi dan membuat gigi semakin sensitif.

4. Peradangan gusi

Gigi ngilu dapat disebabkan oleh adanya peradangan pada gusi. Apakah yang menyebabkan peradangan gusi itu sendiri? Peradangan gusi bisa disebabkan oleh plak dari penumpukan makanan. Lapisan terdalam pada gusi dan tulang menghilang dari gigi dan menyisakan sebuah lubang antara gigi dan gusi yang dapat menjadi tempat penumpukan kotoran dan menyebabkan infeksi. Kondisi ini disebut juga dengan periodontitis.

5. Sinusitis

Rasa ngilu pada gigi ternyata tidak hanya disebabkan oleh gigi itu sendiri. Ternyata, sinusitis juga bisa menjadi salah satu faktor rasa ngilu yang menyengat pada gigi Anda, lho! Bagaimana bisa? Akar gigi geraham atas manusia terletak sangat dekat dengan rongga maksilaris sinus. Pada penderita sinusitis, peradangan pada rongga sinus tersebut menyebabkan gigi geraham menjadi lebih sensitif dan merasa ngilu.

6. Gigi geraham ketiga yang tumbuh

Penyebab gigi ngilu yang terakhir karena tumbuhnya gigi geraham ketiga. Tumbuhnya gigi geraham belakang merupakan sebuah proses alami yang terjadi pada manusia. Biasanya, mulut manusia sudah tidak menyisakan tempat untuk geraham tersebut. Sehingga geraham tersebut harus mendesak gigi lain yang menyebabkan gigi ngilu. Rasa ngilu yang timbul akibat tumbuhnya gigi geraham juga wajar untuk dialami. Pasalnya, gigi geraham tersebut perlu merobek gusi untuk bisa menembus dan tumbuh. Rasa ngilu tersebut akan hilang timbul dan terkadang menyebabkan pipi membengkak.

Rasa ngilu pada gigi memang sangat mengganggu. Tidak jarang, rasa ngilu yang begitu hebat dapat menyebabkan pusing, hingga demam. Anda boleh saja mengonsumsi obat pereda rasa sakit seperti paracetamol untuk mengurangi rasa tidak nyaman. Namun, jangan memberikan aspirin kepada anak di bawah 16 tahun. Jika rasa sakit tidak kunjung mereda, Anda sebaiknya mendatangi dokter gigi untuk tindakan yang lebih tepat.

Itu tadi penyebab gigi ngilu pada manusia. Semoga beramanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.