Penyebab Feses Berdarah Saat Buang Air Besar

penyebab feses berdarah

GoDok- Penyebab feses berdarah- Ketika tengah BAB alias buang air besar, pernahkah Anda mendapati feses yang dikeluarkan juga disertai darah? Jika pernah, tentu hal ini menjadi sesuatu yang membawa horor tersendiri untuk Anda. BIasanya, kondisi ini dianggap remeh oleh beberapa orang, dan hanya dianggap angin lalu. Jangan lengah! Meskipun kebanyakan BAB berdarah hanyalah penyakit atau kondisi ringan, namun tak jarang hal ini disebabkan pula kondisi medis tertentu yang berbahaya.

Apa sajakah penyebab feses berdarah saat BAB? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

1. Ambeien

Penyebab feses berdarah yang pertama adalah penyakit ambeien, yang sering dikenal juga dengan nama wasir. Kondisi ini diakibatkan oleh adanya pembengkakan pada pembuluh darah (vena) di area rektum, dubur, dan anus. Nah, pembengakan inilah yang kemudian membuat feses Anda keluar diiringi darah, baik dengan rasa sakit maupun tidak. Lebih parahnya, kadang darah pun masih juga menetes meskipun feses sudah selesai keluar. Menyeramkan, bukan?

  2. Kolitis

Penyebab feses berdarah selanjutnya adalah kolitis, alias infeksi pada saluran pencernaan. Hasilnya, saluran pencernaan -paling umum adalah usus besar- akan mengalami peradangan hingga menyebabkannya mudah berdarah. Darah inilah yang kemudian turut keluar bersama feses lewat dubur.

3. Ulkus peptikum

Selanjutnya, penyebab feses berdarah adalah ulkus peptikum, yang merupakan suatu kondisi di mana lapisan dalam perut atau bagian atas usus kecil terluka lebar, sehingga kemudian menimbulkan pendarahan. Nah, penyebab lukanya perut dan usus kecil ini biasanya disebabkan terlalu banyaknya Anda mengonsumsi obat anti-peradangan, seperti aspirin dan ibuprofen. Jadi, selalu perhatikan riwayat pemakaian obat Anda juga, ya!

4. Polip

Bagi Anda yang belum tahu, polip merupakan suatu kondisi di mana terdapat suatu pertumbuhan yang tidak normal di saluran pencernaan Anda. Meskipun sifatnya jinak, namun polip bisa menyebabkan pendarahan atau mengeluarkan darah pada saluran pencernaan yang ditumbuhinya. Hal inilah yang kemudian menyebabkan feses Anda keluar diiringi darah.

  5. Infeksi bakteri

Percaya atau tidak, ternyata infeksi bakteri bisa jadi merupakan salah satu penyebab feses berdarah saat BAB. Pasalnya, infeksi karena beberapa bakteri tertentu dapat menyebabkan beberapa peradangan di saluran pencernaan Anda. Helicobacter pylorii disebut-sebut sebagai salah satu bakteri yang ikut andil dalam menginfeksi saluran pencernaan. Karenanya, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter jika mengalaminya, ya!

6. Kanker

Meskipun tidak umum, namun keluarnya darah bersama feses dapat pula disebabkan oleh letak  tumor yang berada di dalam saluran pencernaan Anda, layaknya usus besar, usus kecil, maupun lambung. Meski begitu, kanker cukup sulit didiagnosis berdasarkan hal ini karena BAB berdarah pada penderita kanker biasanya sulit dilihat tanpa alat bantu, dan pendarahannya pun amat minim.

7. Anal fissure

Penyebab feses berdarah saat buang air besar yang terakhir adalah fissura ani, alias anal fissure, yaitu kondisi di mana lapisan anus bagian dalam robek, sehingga feses membawa darah dari robekan ini. Biasanya, hal ini akan disertai oleh rasa panas terbakar dan nyeri ketika Anda buang air besar. Darah yang dikeluarkan pun akan berwarna merah terang. Biasanya, pendarahan karena kondisi ini tergolong cepat berhenti dan bisa sembuh sendiri setelah beberapa minggu.

Nah, itu  7 penyebab feses berdarah yang penting untuk diketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari SmartphoneDownload aplikasinya di sini.