Penyebab Disfungsi Ereksi yang Harus Diketahui Pria

penyebab disfungsi ereksi
Yuk, kenali apa penyebab disfungsi ereksi yang membuat Anda tidak percaya diri ketika bercinta! Berikut Go Dok paparkan penyebab disfungsi ereksi:

GoDok – Selain ejakulasi dini, disfungsi ereksi adalah musuh besar kedua bagi kaum lelaki. Sebab, kondisi ini dapat menyebabkan pria merasa tidak lagi percaya diri dengan kejantanannya. Lebih jauh lagi, banyak pria yang juga ditinggalkan pasangan hidup karena tidak dapat mempertahankan ereksinya. Lalu, sebenarnya apa sih penyebab disfungsi ereksi pada pria? Berikut penjelasan lengkapnya:

Apa itu disfungsi ereksi?

Sebelum memahami disfungsi ereksi, Anda terlebih dulu harus memahami proses terjadinya ereksi. Kondisi ini terjadi ketika Anda -para lelaki- melihat, mendengar, menyentuh, mencium, memikirkan, atau mengalami sesuatu yang membuat Anda terangsang secara seksual. Setelah indra-indra Anda bekerja, otak akan mengirimkan sinyal pada otot halus di penis Anda agar merasa santai sehingga darah terkumpul di organ ini. Hal inilah yang kemudian memungkinkan penis untuk tetap tegang selama berlangsungnya hubungan seksual. Nah, disfungsi ereksi sendiri terjadi ketika otot halus di penis kembali pada keadaan semula. Sehingga hasilnya,  Anda akan gagal dalam  mempertahankan kondisi ereksi tersebut selama berhubungan seksual.

(Baca: Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Ejakulasi Dini)

Penyebab disfungsi ereksi

Ereksi yang terjadi dipengaruhi oleh proses vascular yang dikendalikan oleh sistem saraf. Sistem saraf tidak bisa melakukan proses vascular –hal ini dapat disebabkan karena berbagai hal- sehingga menganggu sinyal yang diperlukan oleh saraf untuk mengirim isyarat kepada otak, otot, hormon, dan peredaran darah.  Dahulu, disfungsi ereksi identik dengan pria yang telah berusia lanjut. Ini disebabkan karena pria berusia lanjut memiliki banyak kondisi yang bisa menghalangi aliran darah ke penis seperti aterosklerosis atau diabetes. Disfungsi ereksi tidak hanya terjadi pada pria berusia lanjut namun kini banyak pria yang berusia muda mengalami disfungsi ereksi.

(Baca: Benarkah Ukuran Mr P Mempengaruhi Kemesraan di Ranjang?)

Lalu, bagaimana bisa kondisi ini terjadi pada pria muda?

Sebuah hasil studi yang diterbitkan pada tahun 2013 oleh Journal of Sexual Medicine mengungkapkan bahwa sebanyak 26% dari keseluruhan kasus disfungsi ereksi dialami oleh pria di bawah usia 40 tahun. Dan hampir setengah dari total 26% kasus tersebut dialami oleh pria muda dengan tingkat yang lebih parah. Teryata, sebagian besar disfungsi ereksi yang dialami oleh pria muda disebabkan oleh dua hal, yaitu :

  1. Obesitas

Jarang yang tahu bahwa seorang pria 2½ kali lebih mungkin mengalami disfungsi ereksi dibandingkan pria dengan berat badan normal. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Sexual Medicine, ditemukan fakta bahwa 42,4% pria dengan disfungsi ereksi  mengalami kelebihan berat badan, dengan 12,1% di antaranya mengalami obesitas.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Giovanni Corona, MD, dari University of Florence menemukan bahwa tingkat obesitas berhubungan dengan penurunan tingkat testosteron. Selain itu, obesitas akan menyebabkan terjandinya penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah sehingga menghambat aliran darah ke organ-organ termasuk penis.

(Baca: Ayo Kenali Bahaya Obat Kuat Bagi Kesehatan!)

2. Kondisi psikologis

Pria usia muda memiliki keyakinan bahwa kinerja seksual dan ereksi kuat adalah hal yang paling menentukan dan penting dalam memuaskan pasangan. Sehingga ketika mereka tidak mampu mempertahankan ereksi, akan muncul rasa malu yang memicu terjadinya disfungsi ereksi di waktu selanjutnya. Perasaan cemas dan takut ini lama-kelamaan akan berubah menjadi rasa stres sehingga inilah yang menjadi penyebab terjadinya disfungsi ereksi di usia muda. Kondisi psikologis yang buruk akan menyebabkan produksi hormon testosteron -yang memengrahui kualitas dan kuantitas sperma- mengalami penurunan.

(Baca: Para Pria, Ini Dia Makanan Peningkat Stamina di Ranjang!)

Jadi, bagi para pria, mari hindari disfungsi ereksi dengan mempertahankan berat badan yang ideal dan menjaga pikiran agar tidak stres berkepanjangan. Semoga bermanfaat!