Penyebab Biduran; Apa Saja? Cari Tahu di Sini

penyebab biduran

GoDok- Penyebab biduran- Biduran –atau dikenal luas dengan istilah ‘kaligata’- merupakan kondisi medis yang ditandai dengan munculnya bulir-bulir yang terasa gatal dan terlihat kemerahan di salah satu atau beberapa bagian tubuh. Ternyata, biduran dapat dipicu oleh beberapa faktor.

Berikut Go Dok paparkan 9 penyebab biduran yang harus Anda ketahui:

1. Makanan

Penyebab biduran yang pertama adalah makanan. Dalam beberapa kasus, biduran dapat muncul karena seseorang intoleran terhadap asupan beberapa jenis makanan, seperti udang, kacang, dan telur. Namun, dalam kasus lain, biduran muncul karena seseorang mengonsumsi makanan yang mengandung zat pewarna atau pengawet buatan. Inilah yang kemudian memicu reaksi alergi sehingga timbullah biduran.

2. Serangga

Ternyata, gigitan serangga –seperti nyamuk- dapat memicu timbulnya biduran. Hal ini dikarenakan ketika nyamuk menggigit permukaan kulit, racun dan beberapa jenis bakteri dapat masuk ke dalam tubuh. Jika sudah begitu, tubuh akan menunjukkan reaksi alergi seperti gatal dan kemerahan khas penyakit biduran.

3. Obat-obatan

Jarang yang mengetahui bahwa biduran juga bisa dipicu oleh penggunaan beberapa jenis obat-obatan, seperti anti-inflamasi, anti-nyeri, obat pengatur tekanan darah, dan sebagainya. Karenanya, untuk menghindari risiko ini, Anda disarankan untuk menjalani tes alergi terhadap senyawa yang terkandung di dalam obat-obatan tadi.

4. Alergi

Seperti yang telah diketahui, udara di sekitar Anda kerapkali membawa partikel-partikel asing, seperti serbuk sari, bulu hewan, dan debu halus. Jika sampai terhirup, partikel ini dapat memicu reaksi alergi khas biduran, yaitu timbulnya bulir kemerahan yang terasa gatal.

5. Faktor lingkungan

Penyebab biduran yang selanjutnya adalah faktor lingkungan. Ya, dalam beberapa kasus, biduran dapat dipicu oleh suhu udara sekitar yang terlalu panas atau terlalu dingin. Tenang! Umumnya, biduran yang diakibatkan oleh cuaca akan hilang dengan sendirinya.

6. Stres

Ketika Anda mengalami stres atau depresi, produksi hormon tertentu akan mengalami gangguan. Inilah yang menyebabkan keseimbangan hormonal terganggu sehingga tubuh tidak dapat melawan infeksi secara maksimal. Hasilnya, Anda akan lebih rentan terkena biduran. Untuk menanganinya, cobalah tenangkan kembali pikiran Anda dengan mencoba berbagai metode relaksasi, seperti yoga dan meditasi.

7. Infeksi

Tahukah Anda, bahwa infeksi juga bisa memicu timbulnya biduran pada kulit tubuh? Ya, infeksi yang dimaksud bisa berupa infeksi ringan -seperti infeksi virus influenza- atau infeksi berat -seperti infeksi virus HIV atau penyaki mematikan lainnya.

8. Penyakit autoimun

Umumnya, pada penderita HIV atau lupus, sistem imun yang seharusnya bertugas melindungi tubuh dari infeksi virus dan bakteri pemicu penyakit malah akan menyerang kesehatan tubuh itu sendiri. Akibatnya, muncullah berbagai keluhan medis; salah satunya adalah biduran.

9. Penyakit tertentu

Penyebab biduran yang terakhir adalah karena adanya penyakit tertentu, seperti rheumatoid arthritis. Selain mengeluhkan sakit dan nyeri pada persendian tubuh, penderita rheumatoid arthritis juga rentan mengalami biduran di beberapa bagian tubuh, seperti kaki dan tangan.

Itu tadi 9 penyebab biduran yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Merasa kesehatan Anda terganggung? Segera chat dokter untuk tanya jawab seputar permasalahan kesehatan Anda, langsung dari Smartphone. GRATIS! Download aplikasinya di sini.