Penyebab Bibir Kering; Waspadai No.8!

Penyebab bibir kering

GoDok- Penyebab bibir kering- Banyak di antara Anda yang mengira bahwa bibir kering merupakan hal yang lumrah terjadi sehingga tidak memerlukan perhatian dan perawatan ekstra. Padahal jika dibiarkan terus belanjut, bibir kering tidak hanya dapat merusak penampilan; namun juga memicu keluhan lainnya, seperti kulit bibir yang mengelupas, retak, bahkan hingga berdarah. Tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

Yuk kenali 8 penyebab bibir kering berikut ini!

1. Kebanyakan konsumsi vitamin A

Penyebab bibir kering yang pertama adalah karena asupan vitamin A berlebih. Ya, jika dikonsumsi berlebih, vitamin A –terutama yang berasal dari asupan suplemen tambahan- ternyata dapat membuat bibir kering dan pecah-pecah. Karenanya, selalu konsultasikan dahulu keputusan Anda untuk mengonsumsi suplemen dengan dokter, ya!

2. Penggunaan pasta gigi & kosmetik yang tidak tepat

Jarang yang mengetahui bahwa bibir kering juga dapat dipicu oleh penggunaan kosmteik dan pasta gigi yang tidak tepat. Untuk kosmetik, penggunaan lipstik berbahan dasar senyawa iritan ternyata dapat menghilangkan kelembapan alami bibir. Sedangkan pasta gigi, jenis yang mengandung senyawa SLS (Sodium lauryl sulfate) terbukti dapat membuat bibir kering dan pecah-pecah. Jadi, teliti sebelum memilih produk!

3. Bibir tidak dilindungi

Mungkin sebelumnya Anda mengira bahwa kulit wajah saja yang perlu dilindungi ketika beraktivitas di bawah paparan sinar matahari. Padahal, bibir juga harus sama-sama ‘dibentengi’, lho! Caranya, oleskan sunscreen atau produk pelembab bibir yang mengandung SPF. Langkah ini ditujukan untuk menjaga kelembapan bibir sekaligus meminimalisir risiko cuaca panas. Mudah, bukan?

4. Dehidrasi

Penyebab bibir kering yang selanjutnya adalah dehidrasi. Ya, karena kurangnya asupan air minum, kerja dan fungsi kelenjar minyak di bibir Anda akan terhambat. Akibatnya, kulit bibir akan terlihat kering dan kisut. Waspadai pula gejala dehidrasi yang lain, seperti pusing, kelelahan, haus, dan warna urin yang gelap.

5. Kebiasaan menjilat bibir

Nah, ini dia kebiasaan buruk yang harus segera dihentikan jika ingin terhindar dari bibir kering; menjilat bibir! Mungkin Anda mengira bahwa air liur dapat membuat bibir kembali lembap. Salah! Faktanya, air liur justru akan memperparah kondisi bibir; karena ketika menguap, air liur akan mengikat kelembapan alami bibir dan membuatnya tambah kering. Mengejutkan, bukan?

6. Kurang asupan vitamin B dan C

Selanjutnya, penyebab bibir kering karena kurangnya asupan vitamin B dan C. Karenanya, perbanyaklah konsumsi bahan pangan tertentu, seperti tomat, semangka, bayam, gandum, kubis, kacang-kacangan, susu, dll.

7. Akibat konsumsi obat-obatan

Bingung kenapa bibir terus-terusan terlihat kering? Maka, perhatikan kembali konsumsi obat-obatan Anda. Karena nyatanya, konsumsi rutin beberapa jenis obat-obatan –seperti lithium, obat oral untuk kemoterapi, retinoid, dan obat anti jerawat (isotretinoin atau accutane)- dapat turut memicu bibir kering dan pecah-pecah.

8. Riwayat penyakit tertentu

Penyebab bibir kering yang terakhir adalah riwayat penyakit terentu, semisal psoriasis, gangguan kelenjar tiroid, kawasaki, radang usus, angular cheilitis (peradangan pada bibir akibat infeksi jamur dan bakteri), actinic cheilitis (peradangan pada bibir akibat paparan berlebih sinar matahari), serta  HIV.

Itu tadi 8 penyebab bibir kering yang harus Anda ketahui dan waspadai. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Punya permasalah seputar kesehatan gigi dan mulut? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk chat dengan dokter spesialis gigi. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.